Melakukan strategi pemasaran bisnis di TikTok akan menjadi keputusan terbaik yang dapat kamu lakukan jika target pemasaran bisnismu adalah generasi milenial dan Generasi Z. Pasalnya di tahun 2020, berdasarkan Upfluence data, TikTok merupakan platform kedua terbanyak yang didownload secara global dan memiliki engagement jauh lebih baik dibandingkan platform video lainnya, seperti YouTube dan Instagram. Menurut Influencer Marketing Hub, micro influencer dapat memperoleh engagement rate 18% di TikTok, dimana 6 kali lebih tinggi dibandingkan di Instagram.
Dengan lebih dari 1 milyar akun aktif, setiap pengguna TikTok berpotensi untuk dapat berinteraksi dengan banyak pengguna lainnya, tapi tentunya tidak setiap pengguna dapat melakukan itu. Kamu membutuhkan TikTok analytics untuk menelusuri metrik yang tepat. Sebagai salah satu langkah awal yang dilakukan sebelum menerapkan strategi pemasaran, memastikan pencapaian goal tentuk sangat perlu dilakukan. Upaya ini membutuhkan TikTok analytics untuk membantu merumuskan taktik yang benar-benar bekerja untuk pemasaran bisnismu.
TikTok analytics adalah fitur dalam aplikasi (in-app) yang memungkinkan kamu melacak metrik dari konten yang kamu buat seperti viewers, follower, dan data penting lainnya yang dapat memengaruhi popularitas profil bisnismu. Fitur TikTok analytics ini sederhananya akan membantu kamu memperoleh informasi tentang performa keseluruhan dari strategi yang kamu jalankan dan kamu dapat jadikan data tersebut sebagai referensi untuk mengoptimalkan kinerja strategimu.
source :Tiktok Newsroom
Untuk memahami TikTok analytics lebih lanjut, kamu dapat memulai dengan memahami fitur-fitur yang disediakan di dalamnya. Fitur TikTok analytics dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni Overview, Content, dan Follower Analytics.
Meskipun TikTok memiliki in-app analytics yang dapat membantu kamu sebagai creator memantau kinerja konten dan pemasaran bisnis tanpa harus log in ke platform lain, kamu tetap membutuhkan TikTok Analytics Tools berbeda untuk membantu menginterpretasi, menyajikan dan mengeksplor lebih jauh data insights yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan bantuan TikTok Analytics Tools dari platform lain, kamu dapat membandingkan hasil kinerja strategi konten yang diperoleh dari in-app analytics guna memperoleh informasi yang lebih akurat. Manfaat lainnya adalah kamu dapat membandingkan kinerja strategi yang kamu jalankan di TikTok dengan platform media sosial lain dan mengetahui efektivitasnya terhadap target audience bisnismu.
Matamaya merupakan social media management platform Indonesia yang menawarkan dua fitur utama, yaitu social media monitoring dan social media analytics. Platform ini masih tergolong baru (diluncurkan pada 2020), dan sudah memberdayakan lebih dari puluhan brand ternama di Indonesia. Didukung oleh Artificial Intelligence, Matamaya memiliki target pasar yang luas, mulai dari influencers, publishers, brand marketers, dan perusahaan swasta. Melalui Matamaya, kamu dapat membandingkan dan mengevaluasi efisiensi konten berbagai media sosial bisnismu hanya dalam satu layar.
Matamaya menyediakan TikTok Analytics yang memudahkanmu untuk melacak, menganalisa, dan mengoptimalkan akun TikTok bisnismu. Dengan key features yang lengkap, kamu dapat menjadikan platform ini referensi pertamamu untuk melakukan analisis strategi bisnis karena menyajikan laporan detail yang mudah dibaca. Dibandingkan platform analytics tools yang berasal dari luar, tentunya Matamaya lebih memahami situasi dan kebutuhan pasar di dalam negeri. Fitur-fitur TikTok analytics yang dimiliki Matamaya meliputi analsis terkait creator, channel, dan content.
Matamaya menyuguhkan analisis terkait creator, dimana fitur ini dapat kamu gunakan untuk mencari akun pengguna TikTok dan melihat statistik profil dan postingan terakhir mereka. Dengan memasukkan nama pengguna dalam kanal creator analytics, kamu dapat menemukan berbagai macam informasi seperti tingkat keterlibatan pada aplikasi, jumlah video yang diunggah, total penggemar, total reactions yang diterima serta riwayat likes dan followers guna memperoleh pemahaman tentang aktivitas dan pendekatan yang digunakan mereka dalam membuat konten TikTok. Jika kamu ingin menemukan influencers yang tepat untuk membantu strategi pemasaran bisnismu, kamu dapat menggunakan fitur ini dan memanfaatkan fitur Influencer Analytics yang disediakan terpisah oleh Matamaya.
Matamaya menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk membantu kamu melihat rangkuman data secara keseluruhan mengenai pertumbuhan follower, video dan profile views, likes, comments, shares dan hal-hal lainnya dari strategi konten dan pemasaran yang kamu jalankan pada kurun waktu tertentu. Angka-angka yang muncul di analytics ini bagus untuk melihat apakah konten atau profil bisnismu mengalami lonjakan traffic dalam kurun waktu tertentu. Kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk melihat dari video mana traffic berasal dan menjadikan informasi tersebut untuk mebangun strategi di masa mendatang.
Source: niemenlab.com
Jika ingin memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang bagaimana hasil kinerja strategi konten bisnis yang telah kamu buat, kamu dapat menggunakan TikTok analytics yang disediakan oleh Matamaya untuk memperoleh data-data dan analisis yang diperluas untuk setiap video yang kamu post. Matamaya memiliki content pillars dimana dari sinilah kamu akan menemukan berbagai charts yang berisikan informasi seperti jumlah penayangan, likes, comments, shares, waktu tonton rata-rata, persentase viewers yang menonton seluruh video bisnismu, jenis sumber traffic yang menjelaskan darimana viewers kamu menemukan video, profil, feedback, serta darimana viewers kamu menontonnya. Selain itu, kamu juga mengetahui kapan waktu terbaik untuk mempost konten sesuai preferensi waktu target audience serta menemukan pendekatan apa yang dapat menarik perhatian mereka agar engagement video kamu meningkat.