Matamaya

Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness

Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness
04 March 2022
Strategi Marketing Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness - strategi sosial media marketing - Matamaya

Penggunaan sosial media saat ini tidak hanya terbatas untuk menghubungkan antar individu, tetapi juga dapat menjadi tempat berbicara, mencari informasi, melakukan kegiatan jual-beli barang atau jasa, sampai mencari hiburan. Para pengguna sosial media juga sangat beragam, mulai dari remaja hingga kelompok usia tua. Menurut riset dari Cuponation di tahun 2019, Indonesia menempati posisi keempat pengguna media sosial Instagram terbesar. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia dapat kamu manfaatkan dalam strategi marketing sosial media untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu jual. Penggunaan Instagram juga dapat membantumu mengurangi pengeluaran untuk promosi dan memperluas jangkauan pasar. Seperti yang sudah kita ketahui, Instagram mempunyai dua mode pemakaian, yaitu pribadi dan bisnis. Dari segi fitur, kedua mode pemakaian tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Tetapi dengan menggunakan mode bisnis, kamu dapat memperoleh insights berharga untuk menganalisis strategi konten dan pemasaran akun bisnismu.

Salah satu fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam kegiatan strategi marketing sosial media adalah Instagram Analytics

Cara mengakses Instagram analytics di desktop cukup mudah, yaitu:

  1. Sebelumnya kamu perlu menggunakan akun bisnis di Instagram-mu. Pertama kali kamu harus membuka pengaturan profil Instagram, lalu mengklik opsi switch to business profile (beralih ke akun bisnis).
  2. Setelah itu, kamu dapat masuk ke profil Instagram dan mengklik ikon grafik statistik yang ada di bagian atas profil Instagram.
  3. Muncul beberapa tab di Instagram Insights, pertama adalah tab activity. Di bagian interactions, kamu dapat melihat jumlah aktivitas yang diperoleh akun Instagram-mu, seperti jumlah kunjungan, jumlah klik email, dan data-data aktivitas lainnya.
  4. Di bagian discovery, kamu bisa melihat data jumlah jangkauan konten yang sudah dibagikan di akun Instagram, seperti reach dan impression. Reach menampilkan jumlah akun Instagram yang bisa dijangkau oleh akun Instagram-mu. Kemudian, impressions menampilkan jumlah tayangan yang didapatkan oleh semua konten Instagram-mu.
  5. Di bagian tab content, tab ini akan menampilkan data-data seputar konten akun Instagram.
  6. Di kolom feed posts, kamu bisa melihat konten-konten yang sudah diunggah di feed Instagram. Kamu juga bisa tahu berapa banyak akun yang berhasil dijangkau dengan konten-konten tersebut.
  7. Di kolom stories, kamu bisa mengetahui jumlah akun yang melihat story dan jumlah tayangan yang didapat dari konten story. Kamu juga dapat  mengetahui data lain seperti exits (jumlah orang yang meninggalkan story), replies (jumlah balasan yang didapat), dan people insights (orang-orang yang melihat story).
  8. Di bagian promotion, kamu bisa mengakses iklan yang kamu lakukan di Instagram.
  9. Terakhir, di bagian tab audience, kamu dapat mengakses data seputar pengikut atau audiens kamu, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, jam, dan hari mereka aktif.

Untuk dapat mengukur keberhasilan strategi marketing sosial media yang sudah kamu lakukan, terdapat tujuh metrik Instagram analytics yang penting dan mendasar yang dapat kamu jadikan sebagai tolak ukur atau benchmark. Metrik-metrik di bawah ini dapat kamu peroleh dari in-app Instagram analytics, yaitu:

  1. Engagement: metrik ini berguna untuk memberi tahu tentang relevansi konten yang kamu buat dengan pengikut. Semakin tinggi metrik engagement, maka konten kamu sangat relevan. Jika kamu memiliki banyak follower namun tingkat keterlibatannya sangat rendah, maka dapat dikatakan konten yang telah kamu buat tersebut tidak relevan dengan para pengikutmu.
  2. Reach: metrik ini bertujuan memberikan informasi tentang jumlah pengguna yang melihat kontenmu. 
  3. Pertambahan follower: metrik ini berguna untuk memberitahu apakah kamu sudah memiliki strategi marketing yang tepat untuk Instagram. Metrik pertambahan follower dan banyaknya follower ini pada akhirnya akan memengaruhi metrik Instagram lainnya seperti, reach, view hingga metrik engagement.
  4. Waktu terbaik untuk memposting.
  5. Performance hashtag atau tagar: penggunaan tagar adalah cara yang tepat dan efisien untuk menarik audiens tertentu.
  6. Rasio klik per tayang: angka ini mengukur keefektifan iklan untuk mendapatkan perhatian audiens yang ditargetkan. 
  7. Konversi atau penjualan: angka ini biasanya merupakan tujuan akhir kampanye. Selain mencerminkan rate penjualan yang kamu peroleh pada periode waktu tertentu, ini juga mencerminkan apakah halaman arahan (landing page) Instagram kamu selaras dengan iklan yang mengarahkan audiensmu ke sana.

Untuk membantu strategi marketing sosial media melalui Instagram, kamu bisa menggunakan bantuan Instagram analytics tools. Instagram analytics tools dapat membantu mengatasi keterbatasan metrics Instagram Insights yang merupakan aplikasi in-app Instagram itu sendiri. Instagram analytics tool dapat membantumu menilai konten dan profil Instagram sehingga kamu tahu apa yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan dari kampanye pemasaran akun Instagram-mu. Dengan bantuan Instagram analytics tools, kamu bisa menyesuikan konten-konten yang akan kamu bagikan dengan tepat agar Instagram kamu memiliki performance yang baik. Kamu bisa membuat strategi marketing untuk membangun brand awareness produk kamu. Kamu bisa menargetkan audience-mu dengan menganalisa peningkatan jumlah followers, mengamati impression pada setiap  post dan story yang kamu buat, dan melacak jangkauan karena kamu perlu tahu berapa banyak orang yang aware dengan produk-mu. Selain itu, Instagram analytics tools juga dapat menganalisa profil siapa saja termasuk profil kompetitor bisnismu.

Salah satu Instagram analytics tools yang dapat membantu meningkatkan brand awareness adalah Matamaya. Matamaya membantu kamu untuk mendapatkan insights mengenai pelanggan dan memantau performance akun Instagram. Kamu bisa mengembangkan strategi sosial media dengan data-data faktual dan real time dengan bantuan Matamaya Instagram Analytics. Matamaya juga menyediakan fitur Instagram analytics followers dan Instagram analytics influencer yang dapat memungkinkanmu memahami lebih dalam tentang follower dan influencer yang kamu butuhkan untuk pemasaran brand. Manfaat penggunaan Matamaya adalah untuk menentukan target pengunjung, efisiensi waktu dan tenaga, serta memantau kinerja pemasaran setiap harinya dengan analisa data tepat dan lengkap. 

Cara melihat Instagram analytics yang disediakan Matamaya sangat mudah. Fitur utama yang disediakan oleh Matamaya untuk mendukung Instagram analytics terbagi ke dalam 8 tabs, yakni:

  1. Tab overview menampilkan metrik-metrik utama yang meliputi total dan pertumbuhan follower, total dan pertumbuhan post, total dan pertumbuhan engagement, rata-rata dan pertumbuhan rata-rata engagement dalam periode waktu tertentu. 
  2. Tab fans (followers) menampilkan total dan pertumbuhan follower harian dan bulanan.
  3. Tab reach meliputi total dan pertumbuhan reach, serta total dan pertumbuhan impressions pada basis harian dan bulanan.Tab engagement meliputi metrik total dan p
  4. ertumbuhan posts, engagement, most engaging users, engagement rate per post, dan video views.Tab content menampilkan metrik total dan pertumbuhan post pada
  5. periode waktu tertentu, total dan pertumbuhan engagement, serta pertumbuhan rata-rata engagement. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar, baik yang organik maupun berbayar.Tab benchmark digunakan untuk mengetahui perkembangan kompetitor bisnis dengan
  6. menampilkan insight performance akun Instagram vs kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.Tab wordcloud
  7. digunakan untuk mengetahui percakapan dominan yang dilakukan oleh brand dan feedback paling banyak yang diberikan oleh followers di halaman Instagram.Tab
  8. demografi meliputi metrik yang menjelaskan demografi follower meliputi usia yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, perbandingan jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis follower berasal.
Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.