Matamaya

Social Media Monitoring Indonesia Terbaik 2021

Social Media Monitoring Indonesia Terbaik 2021
02 February 2022

Pesatnya ekspansi media sosial di seluruh dunia dalam dekade terakhir menjadikan aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan aplikasi serupa menjadi pilihan banyak orang untuk berkomunikasi satu sama lain serta mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka kepada publik. Aplikasi media sosial juga telah membangun komunitas dan basis data informasi yang besar, meliputi lokasi, id email, nomor ponsel semua penggunanya serta tautan yang dikirim antarpengguna. Informasi ini seringkali menjadi sumber data yang sangat penting bagi bisnis online, sehingga aktivitas monitoring media sosial menjadi persyaratan wajib untuk memantau efektivitas pemasaran dan penjualan produk/ layanan bisnis. Social media monitoring melibatkan banyak elemen untuk digabungkan secara efektif agar dapat mencapai kemampuan tersebut guna memberikan hasil yang diperlukan.

Source: prdaily.com

 

Definisi Social Media Monitoring

Secara aplikatif, social media monitoring adalah proses pemantauan pada social media platforms terkait kata kunci yang telah ditentukan. Dalam bisnis, social media monitoring dapat dikaitkan dengan brand, produk/ layanan, industri, kompetitor, kampanye pemasaran, hashtag, dan apa pun yang terkait dengan bisnis.

 

Monitoring Media Sosial untuk Bisnis

Source: nobsseo.com

Bagaimana bisnis dapat mengetahui jika pelanggan dan prospek membicarakan brand mereka di media sosial? Jika mereka menandai profil media sosial sebuah brand di postingan mereka, brand tersebut dapat memeriksa notifikasi secara langsung dengan mudah, namun jika tidak, brand harus mencari di setiap platform media sosial setiap kali membutuhkan informasi tersebut.

Bisnis melakukan monitoring media sosial untuk mengumpulkan informasi terkait tren industri saat ini agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan prospek. Social media monitoring mencakup pemantauan kata kunci dari platforms dan web lain, seperti situs berita, forum diskusi, blog, dan sumber lain yang tersedia untuk umum. Prosesnya dilakukan dengan menggunakan social media monitoring tools yang beroperasi sebagai SaaS atau perangkat lunak sebagai tools.

Sebagai sebuah proses pemantauan percakapan media sosial yang relevan dengan brand bisnis, bisnis terlibat dalam monitoring media sosial karena beberapa alasan, diantaranya untuk terhubung dengan pelanggan, memberikan dukungan pelanggan, mengukur jangkauan (reach) media sosial, atau untuk memahami tren media sosial. Semua hal itu tidak hanya dilakukan untuk mengetahui tren industri dan memantau kinerja kampanye pemasaran, tetapi juga digunakan untuk membantu dalam pengembangan produk, riset pasar, manejemen krisis, product reviews, dan masih banyak lagi. Untuk dapat mencapai manfaat tersebut, bisnis menggunakan social media monitoring tools untuk mengumpulkan mentions dan melacak setiap kata yang diinginkan dari berbagai macam fitur yang tersedia.

 

Social Media Monitoring Tools Indonesia

Social media monitoring tool adalah alat yang dapat memantau apa yang dikatakan audiens tentang brand, produk/ layanan, kompetitor, dan pasar secara umum, yang mana merupakan kunci untuk dapat meningkatkan strategi pemasaran bisnis saat ini. Setelah memiliki keseluruhan data tersebut, bisnis dapat melakukan analisis dengan menggunakan semua insights untuk mengenal pelanggan mereka lebih baik. Saat mencari social media monitoring tools Indonesia, sebaiknya bisnis mencoba beberapa diantaranya dan kemudian memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Namun, bisnis perlu memahami sebelumnya bahwa social media monitoring tools bukan alternatif untuk Enterprise-level tools yang mana dapat membawa monitoring media sosial ke tingkat yang baru, menawarkan berbagai layanan, fungsionalitas, dan analisis mendalam yang jauh lebih tinggi. Itu semua tergantung pada kebutuhan dan level bisnis masing-masing.

Bisnis dapat memulai dari daftar social media monitoring Indonesia terbaik yang telah kami rangkum. Sebagian besar dari social media monitoring tools Indonesia menawarkan demo gratis untuk kurun waktu tertentu. Untuk dapat menemukan tools yang tepat, bisnis dapat mencoba beberapa pilihan tools diantaranya dan memilih salah satu yang memenuhi ekspektasi bisnis. Pilihannya tergantung pada kebutuhan dan setiap tools memiliki perbedaan dalam beberapa hal, seperti interface, kegunaan, atau fitur. Dalam menentukan pilihan, mempertimbangkan harga juga merupakan faktor penting lainnya. Pada umunya, biaya social media monitoring Indonesia berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Matamaya

 

 

Matamaya merupakan salah satu tool social media monitoring Indonesia terbaik yang tersedia karena memiliki cakupan jaringan sosial yang cukup luas, meliputi Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan platform media sosial lainnya. Dibandingkan dengan alat media monitoring Indonesia yang lain, Matamaya terkenal dengan fungsi manajemen media sosialnya dan dapat memberikan laporan dengan design yang dapat dicustomized serta fasilitas manajemen tim yang sangat baik yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis yang memiliki admin media sosial lebih dari satu orang. Bisnis juga dapat memantau pencarian tertentu seperti mentions brand, produk/ layanan, atau kata kunci relevan yang diminati secara real time.

Monitoring tool ini tidak hanya dapat melacak percakapan platform social media in Indonesia yang populer, melainkan juga melakukan influencer analytics dan social media listening yang meliputi proses tracking percakapan frase, tagline, atau kata-kata yang berhubungan dengan brand atau produk/ layanan bisnis.

Secara khusus, social media monitoring yang disediakan oleh Matamaya memiliki keunggulan yang beragam, diantaranya untuk mengetahui hal-hal berikut:

  • Dimana gap dalam strategi pemasaran media sosial?
  • Platform mana yang harus diinvestasikan?
  • Bagaimana kinerja marketing dan content strategies pesaing?
  • Jenis konten apa yang paling menarik audiens dan kapan waktu terbaik untuk mempostingnya?
  • Apakah basis audiens tumbuh pada tingkat yang dapat diterima/ di atas rata-rata berdasarkan industri/ pesaing?

 

Indonesia Indicator

Indonesia Indicator merupakan alat monitoring media Indonesia yang menawarkan fitur cukup lengkap. Tidak hanya melakukan monitoring, Indonesia Indicator juga melakukan analisis data dan kajian strategi untuk membantu klien memahami isu-isu terbaru guna mendukung pengambilan keputusan. Jika bisnis sedang dihadapi pada suatu krisis atau mengkampanyekan gerakan tertentu, tool ini merupakan pilihan yang tepat diantara pilihan tools lainnya. Indonesia Indicator juga dapat memberikan laporan kepada klien tidak hanya berisikan data monitoring, tetapi juga prediksi kondisi di masa mendatang.

 

Rockad

 

Rockad merupakan pilihan terbaik jika bisnis membutuhkan media monitoring khusus artikel populer dan berita. Tool ini dapat memantau social media in Indonesia yang populer berdasarkan kata kunci yang dipilih oleh klien, termasuk yang muncul pada running text untuk pantauan televisi. Rockad dapat memberikan notifikasi kepada klien melalui email dan pesan singkat, namun biasanya jika ditemukan hasil pantauan yang bernada negatif, hasil tersebut akan dikirimkan via pesan singkat agar klien bisa mengambil tindakan dengan lebih cepat.

 

DigiCampaign

 

Layanan social media monitoring tools Indonesia terakhir yang dapat kami rekomendasikan adalah DigiCampaign. Tool ini memiliki fitur laporan hasil pantauan yang tersaji dalam dashboard yang mudah dipahami oleh seluruh pengguna. Sama seperti Matamaya, DigiCampaign dapat memfilter data metrik apa saja yang ingin ditampilkan pada dashboard. Selain melakukan monitoring media sosial, tool ini juga dapat memantau televisi dan situs berita online secara real time.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.