Matamaya

Social Media Listening Tools untuk Mendukung Pemasaran Bisnis

Social Media Listening Tools untuk Mendukung Pemasaran Bisnis
08 December 2021

Social media listening adalah cara yang bagus untuk mengawasi apa yang konsumen dan prospek katakan tentang bisnismu, baik mengenai produk/ layanan, konten, dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak menggunakan social media listening tool sekarang ini, brand kamu mungkin tidak akan memahami perkembangan pasar, apa yang target audiens-mu butuhkan, sehinga ini berdampak pada penghasilan yang diperoleh brand-mu. Hal ini karena social media listening merupakan bagian penting dari pemasaran digital dan pemasaran sosial media guna mengetahui di mana posisi brand kamu pada saat ini.

Brand identity - Matamaya

Apakah orang-orang sadar bahwa brand yang kamu jual ada? Apa yang dilakukan pesaing bisnismu? Mengapa orang sangat menyukai brand kamu atau pesaing? Inilah sekiranya beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan jawaban tersebut adalah melalui social media listening.

Untuk lebih jauh mengetahui manfaat atau urgensi menggunakan social media listening, kamu bisa menyimak poin-poin penting yang telah kami rangkum di bawah ini:

Mengapa social media listening penting?

Social media listening atau social listening dapat kamu gunakan untuk menentukan lebih mudah langkah strategis dalam berbisnis. Selain berkaitan dengan bisnis, sebenarnya social listening sudah lumrah digunakan oleh lembaga pemerintahan dan perusahaan di bidang marketing dan perusahaan yang bergerak di bidang customer focused.

Dengan memahami social media listening kamu bisa memantau perkembangan kompetitor dalam menjalankan bisnisnya, strategi marketing yang diterapkan oleh pesaing, melihat respon dan persepsi pelanggan terhadap brand pesaing, dan kegiatan lainnya. Informasi yang kamu peroleh dapat kamu manfaatkan untuk mengembangan strategi marketing bisnis.

Selain itu, social media listening dapat membantu kamu menempatkan konsumen di pusat digital marketing strategy-mu. Baik dengan menanggapinya secara langsung atau tidak langsung di sosial media, ini nantinya menjadi masukan untuk memperbarui konten yang berkaitan dengan topik yang sedang tren atau kekhawatiran yang sedang berlangsung.

Mendengarkan media sosial tidak hanya membantu kamu meningkatkan pengalaman konsumen, tetapi pelanggan juga menyukai ketika suatu brand merespons. Menurut penelitian MarketingCharts, konsumen “menyukai” apabila brand menanggapi mereka. Mayoritas konsumen menyukai ketika brand bergabung dalam percakapan dan lebih dari itu, audiens lebih memilih membeli dari brand yang responsive terhadap konsumennya.

Social media listening dapat memberikan bisnis kamu peluang baru, seperti yang dilakukan McDonald's dengan layanan produk sarapannya. McDonal’s menggunakan social listening untuk mengungkap peluang dan pertumbuhan bisnis. Ia merilis produk sarapan karena menemukan banyak followers mereka di sosial media berbicara tentang sulitnya menemukan restaurant yang available saat jam pagi, dan sebagainya.

Tanpa social listening, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kesempatan ini ada. Tetapi sekarang setelah kamu melakukannya, kamu dapat menindaklanjutinya dengan memasukkan informasi ke dalam strategi marketing bisnismu.

Social media monitoring tools di Indonesia

Banyak ahli yang mengatakan bahwa social listening merupakan pekerjaan yang sangat padat karya. Oleh karena itu, selama decade terakhir pengembang terus mencoba mengembangkan tool untuk membantu hal tersebut. Berikut adalah beberapa opsi terbaik:

1. Matamaya.id

Matamaya.id - Matamaya

Matamaya.id adalah social media listening and monitoring yang recommended di Indonesia. Kamu bisa memantau kegiatan sosial media di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan TikTok. Selain sebagai social media listening and monitoring, Matamaya.id juga dapat digunakan untuk influencer analytics. Kamu dapat memanfaatkan fitur influencer analytics untuk menemukan influencer yang tepat untuk berkolaborasi dengan bisnismu dan melihat statistik mereka sebelum memutuskan kerjasama influencer marketing.

Kelebihan dari Matamaya.id, mereka tidak memiliki banyak lonceng dan peluit seperti kebanyakan platform lain. Kamu dapat menetapkan waktu untuk monitoring, baik dibatasi oleh waktu (time limited) atau yang sedang berlangsung (ongoing).

Menggunakan teknologi berbasis AI, Matamaya.id dapat mencari di seluruh web untuk kata kunci target bisnismu. Ada integrasi untuk team productivity tools, yang memfasilitasi respons layanan konsumen.

Selain itu, Matamaya,id dapat mengukur engagement, jangkauan, impressions, tagar, sentimen sosial, bahkan diskusi audiens untuk membantu mengidentifikasi konten yang mereka sukai sebagai masukan untuk marketing strategy yang akan kamu lakukan berikutnya. Seluruh informasi termasuk data yang kamu butuhkan akan disajikan dalam tampilan visual dan grafis yang mudah dibaca serta dapat dengan mudah diunduh dalam format XLS atau format PPT.

2. Hootsuite

Hootsuite - Matamaya

Hootsuite adalah salah satu social media monitoring tools yang paling populer karena fiturnya yang lengkap. Dengan Hootsuite, kamu bisa memantau kegiatan di sosial media platform seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+, Foursquare, dan WordPress.

Fitur menguntungkan dari Hootsuite adalah laporan mingguan yang dibuat khusus untukmu dan kemampuannya untuk digunakan lebih dari satu pengguna, sehingga kamu bisa dengan mudah mendelegasikan tugas menggunakan tool ini.

3. Brandwatch

Brandwatch - Matamaya

Jika yang kamu inginkan hanyalah social media listening tool, maka Brandwatch mungkin berlebihan. Hal ini karena Brandwatch adalah platform untuk riset pasar dan intelijen konsumen, bukan hanya sekedar sebuah platform yang dikembangkan untuk tujuan social listening.

Keuntungan dari Brandwatch adalah ia memiliki beberapa integrasi yang tersedia. Sejak Brandwatch membeli beberapa perusahaan lain, mereka memiliki cakupan kerja yang luas di seluruh web sehingga kemampuannya untuk melakukan riset sangat tidak diragukan. Tidak hanya bisa untuk meriset tentang brand, tetapi juga orang dan topik. Secara keseluruhan, cara yang bagus untuk melakukan riset pasar dan perencanaan strategis.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.