Matamaya

Self Giveaway vs. Sponsor Giveaway, Lebih Baik yang Mana?

Self Giveaway vs. Sponsor Giveaway, Lebih Baik yang Mana?
20 February 2024
Self Giveaway vs. Sponsor Giveaway, Lebih Baik yang Mana? - strategi sosial media marketing - Matamaya

Dalam dunia marketing, diketahui bahwa terdapat 2 jenis giveaway, yaitu self giveaway dan sponsor giveaway. Kedua jenis giveaway ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi Anda yang sedang merencanakan giveaway, mari pelajari lebih dalam mengenai jenis-jenisnya.

 

Perbedaan antara Self Giveaway dan Sponsor Giveaway

Perbedaan utama antara self giveaway dan sponsor giveaway terletak pada keterlibatan pihak lain di dalamnya. Self giveaway sepenuhnya bergantung pada sumber daya internal, sementara sponsor giveaway melibatkan pihak eksternal untuk mendukung atau menyediakan hadiah.

  • Self Giveaway
    Self giveaway adalah jenis giveaway di mana suatu brand membuat dan mengelola giveaway secara independen tanpa adanya bantuan dari pihak luar. Dalam self giveaway, semua hadiah, aturan, promosi, dan pelaksanaannya sepenuhnya ditangani oleh pihak yang mengadakan giveaway. Umumnya jenis giveaway ini dilakukan oleh brand yang sudah cukup terkenal dan memiliki audiens yang besar. 

    Contohnya, seperti yang dilakukan oleh brand Serena Biscuits. Brand biskuit ini terlihat mengadakan self giveaway karena poster giveaway diposting sendiri melalui akun Instagram mereka dan jalannya pelaksanaan giveaway juga dikelola secara internal.
  • Sponsor Giveaway
    Sponsor giveaway adalah jenis giveaway di mana suatu brand bekerja sama dengan pihak eksternal untuk menjalankan giveaway. Pihak brand nantinya bertugas menyediakan dana untuk hadiah giveaway. 

    Sementara itu, pihak eksternal  (biasa disebut host) bertugas untuk menentukan syarat dan ketentuan, memantau jalannya giveaway, hingga mengumumkan pemenangnya.  Besaran dana yang harus diberikan oleh para brand sponsor bisa bervariasi tergantung kebijakan host. 

    Anda bisa melihat contoh di bawah ini untuk memahami lebih lanjut mengenai sponsor giveaway. Pada contoh ini, akun @pusatgiveaway.id bertugas sebagai host, sedangkan brand-brand yang di-tag oleh @pusatgiveaway.id di postingannya bertugas sebagai sponsor giveaway Instagram.

    Jumlah hadiah sebesar Rp1.500.000 tersebut merupakan total hadiah yang sudah dikumpulkan @pusatgiveaway.id dari berbagai brand sponsor. Oleh karena itu, partisipan giveaway diminta untuk mengikuti akun brand-brand sponsor sebagai syaratnya.
    Sponsor Giveaway - Matamaya


Kelebihan dan Kekurangan Self Giveaway

Kelebihan Melakukan Self Giveaway

  • Kontrol penuh dalam self giveaway
    Pihak yang mengadakan memiliki kendali penuh atas aturan, hadiah, dan promosi yang akan dilakukan.

  • Keterlibatan yang lebih personal
    Dikarenakan tidak melibatkan pihak eksternal, self giveaway dapat memberikan keterlibatan yang lebih personal antara penyelenggara dengan peserta giveaway.

  • Tidak ada ketentuan biaya
    Biaya yang perlu dikeluarkan untuk self giveaway juga tidak ada ketentuan. Brand bebas untuk memberikan hadiah semampunya.

Kekurangan Melakukan Self Giveaway

  • Keterbatasan jangkauan
    Tanpa dukungan dari pihak eksternal, self giveaway mungkin memiliki keterbatasan dalam mencapai audiens yang lebih luas, terlebih bagi brand yang awareness-nya masih belum luas.

  • Kurangnya kredibilitas
    Bagi brand yang belum begitu dikenal luas, mungkin self giveaway kurang efektif karena partisipan masih asing dengan nama brand-nya.

  • Membutuhkan waktu dan usaha lebih banyak
    Dikarenakan segala hal ditangani sendiri, self giveaway dapat memakan waktu dan usaha yang lebih besar dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Sponsor Giveaway

Kelebihan Menjadi Sponsor Giveaway

  • Jangkauan yang lebih luas
    Dengan adanya dukungan dari host, giveaway dapat mencapai audiens yang lebih luas karena biasanya akun host memiliki followers yang banyak.

  • Meningkatkan kredibilitas
    Bagi brand kecil, kehadiran host dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas giveaway di mata peserta, yang mungkin kurang terpenuhi dalam self giveaway.

  • Dukungan finansial dari brand lain
    Banyaknya  sponsor giveaways yang terlibat dapat memberikan dukungan finansial untuk menyediakan hadiah yang lebih bernilai sehingga mengurangi biaya hadiah yang harus dikeluarkan suatu brand.

Kekurangan Menjadi Sponsor Giveaway

  • Kurangnya kontrol
    Dalam sponsor giveaway, brand mungkin harus mengorbankan sebagian kontrol atas aturan dan promosi kepada sponsor.

  • Interaksi yang kurang personal
    Dikarenakan melibatkan pihak eksternal, sponsor giveaway mungkin kurang memberikan keterlibatan personal antara penyelenggara dengan peserta giveaway.

  • Risiko reputasi
    Jika giveaway yang dijalankan oleh host terjadi masalah seperti penundaan pengumuman pemenang atau ketidakjelasan dalam aturan, hal ini dapat mengakibatkan reputasi brand sponsor menjadi buruk.

Tips Menentukan Jenis Giveaway untuk Strategi Marketing Anda

Menentukan Jenis Giveaway - Matamaya

  1. Sesuaikan dengan tujuan
    Pertimbangkan apakah tujuan promosi Anda lebih cocok dengan self giveaway yang memberikan keterlibatan personal atau menjadi sponsor giveaway yang dapat mencapai audiens yang lebih luas.

  2. Perhatikan anggaran
    Perhatikan anggaran yang Anda miliki untuk giveaway, apakah lebih cocok self giveaway dengan biaya sebebasnya atau menjadi sponsor giveaway dengan biaya yang sudah ditetapkan.

  3. Pertimbangkan jangkauan yang didapatkan
    Jika Anda menginginkan jangkauan yang luas, menjadi sponsor giveaway mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda menginginkan kontrol penuh dan menyukai interaksi langsung dengan audiens, self giveaway bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

 

Rekomendasi Tools untuk Mengetahui Efektivitas Giveaway

Dengan mempertimbangkan perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing jenis giveaway, Anda dapat menentukan mana yang lebih sesuai untuk strategi promosi Anda. Ketika sudah menjalankannya, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah senantiasa membandingkan performa submisi dan partisipan harian dengan KPI yang telah Anda tetapkan. 

Bandingkan pula performa media sosial dari sebelum dan setelah melakukan self giveaway ataupun sponsor giveaway, sehingga kedepannya Anda bisa menentukan jenis giveaway yang efektif bagi brand Anda. Tanpa perlu memantaunya secara manual, sekarang Anda bisa dengan mudah memantau performa giveaway lewat Activity analytic dari Matamaya. 

Yuk, daftar sekarang untuk menikmati berbagai kemudahannya!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.