Matamaya

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Giveaway di Instagram. Wajib Tahu!

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Giveaway di Instagram. Wajib Tahu!
29 December 2023
Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Giveaway di Instagram. Wajib Tahu! - strategi sosial media marketing - Matamaya

Giveaway di Instagram seringkali digunakan sebagai strategi untuk mempercepat pertumbuhan sebuah akun Instagram bisnis. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk melakukannya.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini bisa saja muncul ketika Anda pertama kali ingin mencobanya atau saat ingin mencari insight lain terkait giveaway. Apa saja pertanyaan tersebut? Simak artikel ini sampai habis, ya!

 

Kapan Harus Melakukan Giveaway?

Sebenarnya tidak ada ketentuan waktu khusus untuk mengadakan giveaway campaign. Poin yang perlu diperhatikan adalah giveaway yang dilakukan harus sesuai dengan tujuan Anda dan sudah mempertimbangkan dari segi sumberdaya. Hal ini karena Anda perlu mengeluarkan biaya serta dedikasi waktu untuk memantau performanya secara berkala di Activity analytic.

Jika Anda mencari rekomendasi waktu untuk giveaway, berikut beberapa momen yang seringkali dimanfaatkan brand untuk mengadakan giveaway:

  • Peluncuran produk baru
    Mengadakan giveaway bersamaan dengan peluncuran produk baru adalah langkah yang bisa dicoba untuk membangun antusiasme dan buzz seputar produk Anda sebelum produk tersebut tersedia secara massal.

  • Hari-hari spesial
    Momen liburan, ulang tahun perusahaan, atau perayaan khusus yang relevan dengan bisnis Anda dapat dijadikan momen yang tepat untuk giveaway. Selain bisa membuat brand Anda lebih terhubung dengan audiens, giveaway di hari spesial bisa memberikan kesan positif terhadap brand Anda.

  • Mencapai jumlah followers tertentu
    Seringkali akun brand memberikan giveaway ketika berhasil mendapatkan jumlah followers yang mereka harapkan. Hal ini bisa Anda terapkan pula sebagai bentuk apresiasi dan mempertahankan loyalitas pengikut.

  • Kolaborasi atau kerjasama dengan brand lain
    Keuntungan dari melakukan giveaway ketika berkolaborasi dengan brand lain adalah dapat memperluas jangkauan secara signifikan karena melibatkan audiens dari kedua merek. Sebagai contoh, giveaway campaign yang diadakan oleh Allo Bank dan METRO merupakan representasi yang tepat. 

    Allo Bank berperan sebagai penyedia jasa pembayaran, sementara Metro dikenal sebagai pusat belanja. Keduanya memiliki audiens yang relevan satu sama lain sehingga engagement antara kedua akun berpotensi meningkat ketika berkolaborasi.
    Giveaway di Instagram - Matamaya


Seberapa Sering Giveaway Harus Dilakukan?

Seberapa sering Anda harus mengadakan giveaway tergantung pada strategi marketing Anda, kebutuhan bisnis, dan keterlibatan pengikut Anda. Tidak ada aturan baku mengenai frekuensi melakukan giveaway, tetapi ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda pikirkan:

  • Respons audiens setiap giveaway
    Jika keterlibatan tinggi dan responnya positif, mungkin bisa dilanjutkan dengan frekuensi yang sama atau lebih sering. Namun, jika ada penurunan keterlibatan, maka  diperlukan penyesuaian frekuensi atau strategi.

  • Perencanaan atau persiapan strategi giveaway yang matang
    Pastikan bahwa setiap giveaway direncanakan dengan baik, termasuk promosi yang memadai sebelumnya dan aturan yang jelas untuk partisipan. Jangan lupa untuk memberikan hadiah yang menarik dan relevan bagi audiens agar jumlah partisipan atau submisi sesuai harapan.

  • Konsistensi
    Jika Anda memutuskan untuk mengadakan giveaway secara rutin, pastikan konsistensi dalam jadwalnya. Misalnya, setiap bulan atau setiap beberapa bulan sekali. 

    Salah satu brand yang konsisten mengadakan giveaway di Instagram setiap bulan dan dapat Anda pelajari strateginya adalah Iyes. Jika dilihat, Iyes rutin mengadakan campaign #WaktunyaIyesBerhadiah setiap bulan dengan mekanisme yang mudah diikuti.

    Contoh Giveaway di Instagram - Matamaya



Berapa Lama Periode yang Efektif untuk Giveaway?

Periode giveaway biasanya berkisar antara 1-2 minggu. Namun, hal ini bisa tergantung dengan tingkat kesulitan challenge yang Anda berikan.

Jika partisipan membutuhkan waktu yang lebih lama seperti membuat konten kreatif, pertimbangkan untuk memberikan periode yang lebih lama agar partisipan memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya.

Pastikan pula waktu yang telah ditetapkan cukup untuk mencapai target seperti jumlah partisipan, submisi, peningkatan engagement, followers, dan lainnya. Oleh karena itu, selama giveaway berlangsung Anda perlu memantaunya di Activity analytic agar bisa diketahui sejauh mana perkembangannya.

 

Bagaimana Cara Mengukur Performa dan Ketercapaian Hasil Giveaway?

Nah, banyak dari kita yang selama ini mungkin melakukan pemantauan hasil giveaway secara manual. Hal ini disebabkan minimnya tool yang bisa menyediakan data campaign atau activity dari media sosial.

Namun, kini sudah ada Matamaya yang dapat menyajikan Activity analytic. Melalui fitur ini, Anda bisa mengetahui perbandingan performa submisi dan partisipan harian dengan KPI yang Anda tetapkan di tiap media sosial. secara harian. Terdapat pula  performa media sosial dari sebelum dan setelah campaign sehingga efektivitas giveaway yang dijalankan bisa diketahui.

Yuk, daftar sekarang untuk menikmati berbagai kemudahannya!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.