Matamaya

Panduan Memahami TikTok Analytics Dashboard

Panduan Memahami TikTok Analytics Dashboard
13 January 2023
Panduan Memahami TikTok Analytics Dashboard - strategi sosial media marketing - Matamaya

Mengingat persaingan di TikTok semakin ketat, penting bagi semua bisnis atau brand yang memiliki akun TikTok untuk menjaga kredibilitas dan kualitas konten dengan bantuan TikTok analytics. Melakukan analisis performa akun TikTok penting jika kamu ingin memahami dampak dari konten yang kamu posting terhadap tujuan bisnismu.

Jika performa salah satu video berbeda dari video sebelumnya, ingatlah bahwa fluktuasi adalah hal yang wajar. Kamu bisa memperhatikan format konten, durasi konten, dan faktor lain untuk menentukan apa yang cocok untuk audiens. Analisis seperti ini sangat membantu dalam memahami preferensi audiens. Dalam artikel ini kita akan mempelajari setiap bagian dari TikTok analytics secara mendalam. Mari kita bahas!

 

TikTok Overview Account Analytics

TikTok overview analytics - Matamaya

Pada dashboard ini kamu akan mendapati performa video yang disajikan secara singkat yaitu meliputi engagement, content, followers, dan LIVE. Kamu dapat mengatur periode analisis yang ingin kamu pantau yaitu dalam kurun waktu 7 hari, 28 hari, 60 hari, atau sesuai kebutuhan. 

 

TikTok Content Analytics

TikTok Content Analytics - Matamaya

Pada bagian TikTok content analytics, kamu dapat menganalisis keseluruhan video selama 7 terakhir. Tab Video Posts akan menampilkan  video dari 7 hari terakhir, dengan urutan dari yang terbaru hingga terlama. Sementara itu, tab Trending Videos akan menampilkan 9 video teratas dengan pertumbuhan jumlah tayangan tercepat selama 7 hari terakhir.

Kamu bisa melihat performa video-mu melalui metrik views, likes, comments, dan shares. Selain itu, terdapat informasi lebih lebih detail mengenai video tersebut seperti:

  • Total time watched: keseluruhan durasi video yang berhasil ditonton.
  • Average watch time: rata-rata waktu pemirsa melihat video. 
  • Watched full video: persentase pemirsa yang melihat videomu secara keseluruhan.
  • Reached audience: jumlah audiens yang berhasil dijangkau melalui postingan video.
  • Video views by section: persentase sumber traffic pemirsamu berasal seperti dari halaman profil atau halaman For You.
  • Video views by region: persentase distribusi audiens berdasarkan lokasi.

 

TikTok Follower Analytics

Pada bagian TikTok follower analytics, kamu dapat mengenali audiens maupun pengikutmu  lebih dekat melalui demografi audiens. Kamu dapat mengetahui jumlah pengikut yang saat ini kamu miliki secara akurat. Informasi ini tersedia dalam rentang waktu 30 terakhir.

Dengan cara ini, kamu bisa memastikan keselarasan antara kontenmu dengan preferensi target audiens. Insight TikTok follower analytics bisa kamu manfaatkan untuk mendukung pertumbuhan pengikut. Berikut adalah informasi yang dapat kamu pelajari di tab Followers:

  • Total followers: jumlah total pengikut termasuk perkembangannya dalam setiap periodenya.
  • Growth rate: persentase peningkatan dan penurunan pengikut yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
  • Gender: distribusi pengikut berdasarkan gender.
  • Top territories: lokasi asal pengikut termasuk peringkatnya berdasarkan negara.
  • Follower activity: insight tentang waktu pengikutmu paling aktif di TikTok.

 

TikTok Live Analytics

TikTok Live Analytics - Matamaya

Kamu dapat melihat TikTok live analytics melalui dua tab yang tersedia yaitu Overview dan LIVE videos. Tab Overview menyajikan insight dari siaran langsung secara umum mulai dari periode 7 hari terakhir hingga 60 hari terakhir. 

Sementara itu, Tab Live videos menyajikan  insight secara detail yaitu dengan menunjukkan performa setiap siaran langsung. Kamu dapat memfilter berdasarkan Most recent, Most diamonds, dan Most Viewed. 

Untuk mulai menganalisis siaran langsung, disarankan memulainya dari tab Overview pada LIVE Center. Berikut ini rincian informasi yang terdapat pada tab Overview:

1. Views

  • Total views: Jumlah pemirsa yang menonton siaran langsung pada tanggal tertentu.
  • Unique viewers: Jumlah pemirsa yang telah menonton siaran langsung Anda setidaknya sekali. Apabila pemirsa tersebut memutar ulang video maka tetap dihitung satu oleh TikTok.
  • Average watch time: Rata-rata waktu menonton pemirsa siaran langsungmu.
  • Top viewer count: Jumlah pemirsa siaran langsung terbanyak selama satu periode tertentu.

2. Engagement

  • New followers: Jumlah pengikut baru yang mulai mengikuti akunmu saat siaran langsung pada tanggal tertentu.
  • Viewers who commented: Jumlah pemirsa yang berkomentar selama siaran langsung.
  • Likes: Total likes yang kamu peroleh selama siaran langsung.
  • Shares: Total siaran langsung kamu dibagikan oleh pemirsa.

3. Rewards

  • Diamonds: Hadiah virtual yang kamu dapatkan dari pemirsa siaran langsung. Hadiah tersebut kamu tukarkan dengan uang melalui TikTok.
  • Gifters: Jumlah pemirsa yang telah mengirimkan hadiah saat siaran langsung.

4. Live durations

  • Total duration: Total waktu yang kamu habiskan untuk menghosting siaran langsung pada tanggal tertentu.
  • Total views: Jumlah pemirsa yang menonton siaran langsung pada tanggal tertentu.

5. Views by sections

  • Following:  Persentase pengikut yang menonton siaran langsung.
  • For You Short Videos: Persentase pemirsa yang berasal halaman For You.
  • Shares: Persentase pemirsa yang melihat siaran langsungmu dari hasil bagikan orang lain.

 

TikTok Analytics Tools

TikTok Analytics Tools - Matamaya

Setelah kamu mengenal lebih dalam mengenai dashboard TikTok analytics, selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan tools yang mampu menunjang keperluan analisismu. Kamu bisa menggunakan tools bawaan dari TikTok maupun dari pihak ketiga.

Jika kamu baru mulai aktif di TikTok, kamu bisa langsung memakai tools bawaan dari TikTok terlebih dahulu supaya familiar dengan metrik TikTok analytics. Setelah beberapa bulan, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan TikTok analytics lainnya seperti Matamaya.

Matamaya mampu menampilkan TikTok analytics sampai periode 2 tahun terakhir. Sementara itu, saat ini analytics tool dari TikTok hanya mampu menampilkan data sampai 60 hari terakhir. Oleh karena itu, kamu bisa melengkapi data analitik tersebut dengan Matamaya. 

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.