Mengingat persaingan di TikTok semakin ketat, penting bagi semua bisnis atau brand yang memiliki akun TikTok untuk menjaga kredibilitas dan kualitas konten dengan bantuan TikTok analytics. Melakukan analisis performa akun TikTok penting jika kamu ingin memahami dampak dari konten yang kamu posting terhadap tujuan bisnismu.
Jika performa salah satu video berbeda dari video sebelumnya, ingatlah bahwa fluktuasi adalah hal yang wajar. Kamu bisa memperhatikan format konten, durasi konten, dan faktor lain untuk menentukan apa yang cocok untuk audiens. Analisis seperti ini sangat membantu dalam memahami preferensi audiens. Dalam artikel ini kita akan mempelajari setiap bagian dari TikTok analytics secara mendalam. Mari kita bahas!
TikTok Overview Account Analytics
Pada dashboard ini kamu akan mendapati performa video yang disajikan secara singkat yaitu meliputi engagement, content, followers, dan LIVE. Kamu dapat mengatur periode analisis yang ingin kamu pantau yaitu dalam kurun waktu 7 hari, 28 hari, 60 hari, atau sesuai kebutuhan.
TikTok Content Analytics
Pada bagian TikTok content analytics, kamu dapat menganalisis keseluruhan video selama 7 terakhir. Tab Video Posts akan menampilkan video dari 7 hari terakhir, dengan urutan dari yang terbaru hingga terlama. Sementara itu, tab Trending Videos akan menampilkan 9 video teratas dengan pertumbuhan jumlah tayangan tercepat selama 7 hari terakhir.
Kamu bisa melihat performa video-mu melalui metrik views, likes, comments, dan shares. Selain itu, terdapat informasi lebih lebih detail mengenai video tersebut seperti:
TikTok Follower Analytics
Pada bagian TikTok follower analytics, kamu dapat mengenali audiens maupun pengikutmu lebih dekat melalui demografi audiens. Kamu dapat mengetahui jumlah pengikut yang saat ini kamu miliki secara akurat. Informasi ini tersedia dalam rentang waktu 30 terakhir.
Dengan cara ini, kamu bisa memastikan keselarasan antara kontenmu dengan preferensi target audiens. Insight TikTok follower analytics bisa kamu manfaatkan untuk mendukung pertumbuhan pengikut. Berikut adalah informasi yang dapat kamu pelajari di tab Followers:
TikTok Live Analytics
Kamu dapat melihat TikTok live analytics melalui dua tab yang tersedia yaitu Overview dan LIVE videos. Tab Overview menyajikan insight dari siaran langsung secara umum mulai dari periode 7 hari terakhir hingga 60 hari terakhir.
Sementara itu, Tab Live videos menyajikan insight secara detail yaitu dengan menunjukkan performa setiap siaran langsung. Kamu dapat memfilter berdasarkan Most recent, Most diamonds, dan Most Viewed.
Untuk mulai menganalisis siaran langsung, disarankan memulainya dari tab Overview pada LIVE Center. Berikut ini rincian informasi yang terdapat pada tab Overview:
1. Views
2. Engagement
3. Rewards
4. Live durations
5. Views by sections
TikTok Analytics Tools
Setelah kamu mengenal lebih dalam mengenai dashboard TikTok analytics, selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan tools yang mampu menunjang keperluan analisismu. Kamu bisa menggunakan tools bawaan dari TikTok maupun dari pihak ketiga.
Jika kamu baru mulai aktif di TikTok, kamu bisa langsung memakai tools bawaan dari TikTok terlebih dahulu supaya familiar dengan metrik TikTok analytics. Setelah beberapa bulan, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan TikTok analytics lainnya seperti Matamaya.
Matamaya mampu menampilkan TikTok analytics sampai periode 2 tahun terakhir. Sementara itu, saat ini analytics tool dari TikTok hanya mampu menampilkan data sampai 60 hari terakhir. Oleh karena itu, kamu bisa melengkapi data analitik tersebut dengan Matamaya.