Matamaya

Panduan Dasar TikTok Analytics untuk Bisnis

Panduan Dasar TikTok Analytics untuk Bisnis
08 February 2022

Ketika miliaran orang di seluruh dunia mematuhi arahan stay at home yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai dampak dari situasi pandemi, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa media sosial telah mengalami ledakan dalam engagement. Hal ini disebabkan banyak orang beralih ke media sosial untuk mendapatkan support, komunikasi dan entertainment.

Laporan terbaru sebuah survei menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan 61% dalam keterlibatan media sosial dan TikTok sebagai platform yang menempatkan Gen Z target pasar utama juga mengalami peningkatan pengguna hingga 30%. Secara lebih detail, menurut Music Business Worldwide, ada peningkatan 18% dalam unduhan, dengan demikian ini menjadikan TikTok sebagai salah satu platform terbaik untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis kamu secara online saat ini.

 

Mengapa TikTok Analytics Penting?

Mengapa TikTok Analytics Penting - Matamaya

 

TikTok merupakan rumah dari video pendek dan meme viral yang dapat menjangkau audience dengan konten yang menyenangkan. Namun, seperti halnya platform media sosial lainnya yang dapat digunakan untuk tujuan pemasaran bisnis, kamu harus menggunakan TikTok analytics checker yang dapat memberikan insights yang jelas guna mengetahui apakah campaign pemasaran yang telah kamu jalankan membuahkan hasil positif atau tidak. Itulah mengapa kamu perlu tahu cara mengakses dan memahami TikTok analytics untuk bisnis untuk memulainya.

TikTok analytics akan memungkinkan kamu melacak metrik dari konten, followers, dan semua hal terkait brand/ produk/ industri bisnismu seperti viewers, follower, dan data penting lainnya yang dapat mempengaruhi popularitas profil bisnismu. TikTok sendiri menyediakan TikTok analytics (in-app) yang user friendly untuk membantumu memperoleh informasi tentang performa keseluruhan dari strategi yang kamu jalankan dan kamu dapat jadikan data tersebut sebagai referensi untuk mengoptimalkan kinerja strategi pemasaran berikutnya. 

Untuk dapat mengakses analytics yang disediakan oleh TikTok, creators atau marketers harus mengubah akun-nya menjadi pro account. Pro tidak berarti adalah akun premium atau berbayar, namun ini hanya cara untuk mendapatkan akses ke lebih banyak fitur seperti TikTok analytics.

Source: https://www.veed.io/

 

Bagaimana agar dapat mengakses TikTok analytics (in-app)?

 

Langkah-langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah akun TikTok bisnismu ke pro. Setelah akun bisnismu berubah menjadi akun pro, kamu akan dapat mengakses berbagai macam insights berharga yang bermanfaat untuk pemasaran bisnis. 

 

TikTok Analytics - Matamaya

source :Tiktok Newsroom

 

Dalam in-app TikTok analytics, fitur dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni Overview, Content, dan Follower. Ketiganya menyediakan banyak data yang dapat diolah untuk meningkatkan kinerja video bisnismu berikutnya. Di dalam fitur Overview, kamu akan memperoleh insights mengenai jumlah konten, followers, likes, comments, dan shares yang diterima video kamu dalam rentang waktu spesifik 7 hari hingga 28 hari terakhir. Sementara itu, dalam fitur Content, kamu akan disajikan data-data yang dapat membantu memantau dengan cermat kemajuan konten, serta interaksi dengan followers dan fans yang kamu butuhkan untuk menarik lebih besar audience dan kepercayaan mereka terhadap produk yang kamu tawarkan. Insights yang kamu peroleh dari fitur ini meliputi jumlah likes, views, comments, shares, jumlah penayangan, dan waktu tonton rata-rata. Fitur ketiga yang disediakan in-app analytics yakni Followers analytics, dapat memberikan insights tentang followers yang paling aktif dalam kurun waktu 1 hingga 28 hari, demografi serta pertumbuhan followers.

 

Best Tiktok Analytics Tool untuk Bisnis

TikTok memiliki in-app analytics yang dapat membantu creators dan marketers memantau kinerja konten dan pemasaran bisnis tanpa harus login ke platform TikTok. Meskipun demikian, kamu tetap membutuhkan TikTok Analytics Tools berbeda untuk dapat menginterpretasi, menyajikan, mengeksplor dan membandingkan lebih jauh data insights yang kamu terima untuk memperoleh informasi yang kamu butuhkan.

TikTok Analytics Tools yang disediakan di luar platform TikTok, ada yang menjalankan skema analytics gratis dan berbayar, dimana tentunya analytics tools berbayar menawarkan akses terhadap insights dan analisis yang lebih mendalam dibandingkan skema gratis.

 

TikTok analytics - Matamaya

 

Salah satu analytics tools yang menawarkan TikTok analytics gratis di Indonesia adalah Matamaya. Namun, tidak hanya menyediakan skema gratis yang dapat memberikan-mu akses terhadap insights dasar, Matamaya juga menawarkan skema demo dan berbayar. Pada skema demo, kamu dapat memperoleh gambaran tentang hasil campaign melalui satu akun dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi dari tiap platforms. Sementara itu, pada skema berbayar kamu dapat memperoleh akses melalui tiga akun ke activity analytics, influencer dan benchmark tools untuk melakukan analisis terkait influencers dan lebih dari tiga akun kompetitor serta memperoleh akses penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir. 

Akses basic yang disediakan oleh TikTok analytics free meliputi:

  • Memperoleh akses analytics 1 akun social media platform.
  • Melakukan activity analytics melalui 1 akun master.
  • Pencarian 1 keyword percakapan.
  • Pencarian 2 brand kompetitor.
  • Melakukan penyimpanan performa marketing campaign di 1 media sosial.
  • Penyimpanan data pada range waktu yang lebih terbatas.
  • Pengunduhan report dalam format tertentu.

 

Matamaya TikTok Analytics Key Features

TikTok analytics - Matamaya

  1. TikTok Benchmark Tool
    Fitur ini merupakan salah satu key feature yang dimiliki oleh Matamaya untuk membantumu menganalisis kompetitor bisnis. Matamaya dapat menyediakan berbagai matrik penting dari hasil analisis kompetitor, antara lain follower engagement breakdown, video engagement, hashtag performance dan growth, tag usage (mendeteksi hashtag serupa yang terkoneksi dengan hashtag yang kamu gunakan), dan lain sebagainya. Namun, sebelum mengetahui lebih jauh mengenai key feature ini, ada beberapa tips yang ingin kami bagi untuk marketers sebelum melakukan analisis kompetitor.

    Sangat penting bagi kamu untuk dapat memastikan siapa kompetitor itu dan alasan menjadikan mereka sebagai kompetitor. Tentunya pertimbangan itu harus relevan dengan bisnis yang kamu lakukan, tidak semata-mata atas dasar pertimbangan “berada di industri yang sama” atau “tingkat popularitas yang tinggi”. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu dapat menargetkan improvement yang tepat dan dibutuhkan untuk kampanye pemasaran selanjutnya.

    Kompetitor-mu dapat sedikit berbeda tergantung pada konsep pemasaran yang kamu jalankan. Misalnya, jika kamu menggunakan TikTok untuk memberikan informasi terkait Trading, maka kamu mungkin harus berurusan dengan lebih banyak kompetitor daripada yang kamu antisipasi karena topik ini cukup tersebar luas saat ini. Oleh karena itu, sebelum melakukan analisis kompetitor, kamu dapat memanfaatkan pencarian hashtag di Matamaya untuk menemukan akun dengan produk dan niche yang sama serta berkinerja baik.

    Setelah mengetahui semua informasi penting tersebut, kamu baru dapat mulai melakukan analisis kompetitor dan membandingkan hasil campaign yang kamu lakukan terhadap kompetitor-mu melalui benchmark tool. Kamu dapat mempelajari apa yang perlu kamu “tiru” dan “hindari” dari performance pemasaran mereka melalui metrik berharga yang disajikan oleh Matamaya.

  2. TikTok Analytics Report


    Seperti yang kita ketahui bersama, video viral terus meningkat popularitasnya dan memberikan definisi ulang mengenai tren yang tengah berkembang. Oleh sebab itu, menggabungkan data dari beberapa laporan analytics dapat menjadi tantangan bagi marketers karena data akan terus mengalami pembaruan. Di sinilah kamu dapat menggunakan perangkat lunak seperti Matamaya untuk menyimpan data berbagai social media platform ketika tiba saatnya untuk melaporkan.

    Analytics report yang disediakan oleh Matamaya memiliki berbagai keunggulan, salah satunya dapat mengumpulkan dan memvisualkan informasi ke dalam design template pelaporan yang dapat disesuaikan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membandingkan metrik dari platforms media sosial lainnya semuanya dalam satu lembar. Matamaya analytics report juga dapat memberikan easy-to-read report design, membandingkan campaign results competitors secara berdampingan, memisahkan content pillars ke dalam data-data pelaporan yang diperlukan, dan memberikan report terhadap konten teratas dari setiap campaign yang kamu dan kompetitor-mu lakukan. 

 

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.