Matamaya

Metrik Utama dan Alat Twitter Analytics Terbaik untuk Pemasaran Bisnis

Metrik Utama dan Alat Twitter Analytics Terbaik untuk Pemasaran Bisnis
01 April 2022

Twitter merupakan marketing tool yang sangat dapat diandalkan untuk bisnis. Hal ini karena Twitter memungkinkanmu untuk berbagi pembaruan dan konten dengan cepat, serta terlibat dengan customer dan calon customer dengan kemudahan akses informasi secara langsung. Kamu dapat menggunakan Twitter untuk memproyeksikan citra brand yang positif dan berkomunikasi dengan customer, seperti halnya platform social media lainnya. Twitter juga memungkinkanmu untuk mempengaruhi customer, namun bukan mengendalikan mereka. Artinya, keterlibatan bisnismu dengan customer harus berada di atas profil pesaing, yang dapat direpresentasikan dengan jumlah follower dan retweet.

Untuk dapat mencapai itu, menyempurnakan strategi konten Twitter untuk memastikan apakah kampanye yang kamu lakukan telah mencapai tujuan pemasaran perlu dilakukan, tetapi itu bukanlah tugas yang mudah. Kamu membutuhkan materi iklan yang menarik, penggunaan kata kunci dan hashtag yang cerdas, dan konten yang benar-benar berguna dan berharga bagi audience-mu.

Dengan begitu banyak daftar prasyarat yang harus dipenuhi, ada baiknya kamu melakukan sejumlah analisis untuk dapat memahami followermu dan komunitas Twitter secara keseluruhan. Hal ini karena setiap kata, foto, video, dan follower dapat berdampak pada strategi pemasaran-mu di Twitter.

Metrik Utama dan Alat Twitter Analytics Terbaik untuk Pemasaran Bisnis - Matamaya

Melakukan Twitter analytics untuk bisnis sangat penting, tetapi untuk dapat mengetahui apa yang harus dicari dan menarik kesimpulan yang tepat dari data yang telah kamu kumpulkan, dapat menjadi hal yang sulit. Twitter analytics akan menunjukkan kepadamu bagaimana audience merespons konten iklanmu, apa yang berhasil dan apa yang tidak, guna mengoptimalkan kampanye Twitter di masa mendatang dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Secara umum, Twitter analytics tools berguna untuk mengumpulkan dan menyederhanakan analisis Twitter setelah kamu menentukan KPI yang penting bagi brand-mu. Mengingat Twitter membatasi konten hanya dengan 280 karakter, kamu akan terkejut dengan inisghts mendalam yang dapat kamu kumpulkan menggunakan sejumlah Twitter analytics tools di dashboard. Berikut adalah metrik utama Twitter analytics yang harus dimiliki untuk melacak kinerja pemasaran brand-mu di Twitter, pertimbangkan untuk menambahkan metrik ini ke dashboard-mu jika belum ada:

  1. Follower Twitter
    Metrik follower Twitter memungkinkanmu melacak berapa banyak orang yang mengikuti akun Twitter bisnismu dan bagaimana jumlah ini berubah dari waktu ke waktu. Metrik Twitter analytics ini penting untuk dilacak karena menunjukkan tingkat minat follower dan audiens target-mu tergantung pada peningkatan atau penurunan follower dari waktu ke waktu. Mungkin followermu tidak menyukai konten yang kamu tweet atau apakah frekuensi tweetmu lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya, hal-hal inilah yang dapat dijawab dalam metrik follower Twitter analytics.

  2. Reach dan posts
    Metrik reach dan posts (jangkauan dan postingan) untuk Twitter bermanfaat untuk memastikan tweet yang kamu upload menjangkau khalayak luas. 

  3. Retweet
    Retweet adalah ketika pengguna Twitter lain membagikan tweet atau iklanmu. Selain menyebarkan informasi, retweet juga merupakan metrik analitik Twitter yang populer untuk mengukur nilai informasi itu sendiri (berdasarkan berapa banyak audience yang telah me-retweet). Retweet penting untuk upaya pemasaran Twitter karena menunjukkan minat audience-mu pada konten dan advokasi brand-mu. Durasi Twitter analytics tools dalam menyediakan metrik ini berbeda-beda. Metrik ini berguna untuk memudahkan melacak dampak, penerimaan, dan popularitas kampanye pemasaranmu di Twitter pada periode waktu tertentu.

  4. Kinerja influencer
    Metrik influencer sama pentingnya bagi perusahaan yang mengembangkan strategi social media, seperti halnya bagi perusahaan yang kehadiran sosialnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Insights Twitter ini memungkinkanmu untuk mengidentifikasi influencer Twitter mana yang paling efisien dalam menyebarkan berita untuk kampanye bisnismu. Fitur Twitter analytics ini bisa saja merupakan fitur yang terpisah, meskipun demikian, analitik ini tetap perlu dilakukan. Memproyeksikan laporan berkelanjutan dari influencer Twittermu sebagai pendukung potensial untuk konten dan bisnis dapat memberikan banyak manfaat, seperti menjangkau audience relevan yang lebih luas, meningkatkan jumlah customer setia dan penjualan, serta meningkatkan kepercayaan audience pada produk atau layanan yang kamu jual.

  5. Kinerja kompetitor
    Sama seperti di semua platform social media, brand di Twitter bersaing untuk mendapatkan perhatian audience. Melakukan Twitter analytics untuk marketing dari perspektif ini memungkinkanmu mengidentifikasi kompetitor terbesarmu di industri yang sama. Dengan melakukan analitik ini, kamu mungkin akan terkejut dengan perbedaan data ini dari platform sosial lainnya. Metrik ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan upaya pemasaranmu dan melihat bagaimana metrik Twitter analytics yang lain terpengaruh. Semua platform social media memiliki keunikannya masing-masing. Twitter analytics penting untuk mengidentifikasi peluang untuk terlibat dengan customer-mu dan mempengaruhi percakapan mereka tentang brand-mu.

 

Twitter Analytics untuk Brandmu

Twitter Analytics untuk Brandmu - Matamaya

Matamaya dapat menyediakan berbagai metrik mulai dari follower, keterlibatan, kinerja konten, hashtag, kompetitor, sentiment dan wordcloud yang dapat memudahkan-mu untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan tweet berkinerja terbaik untuk pemasaran bisnis. Matamaya memiliki keunggulan dibandingkan platform analytics tools Indonesia lain, yakni dapat melakukan analisis wordcloud untuk mengetahui percakapan dominan dan analisis gaya bahasa yang dilakukan oleh audience guna mengidentifikasi apakah gaya percakapan yang dibangun oleh brand-mu sudah sesuai dengan preferensi audience atau belum. Kamu juga dapat mengetahui sentiment audience yang mencerminkan sikap, pendapat, dan emosi di balik teks terhadap brand, produk atau layanan yang kamu berikan. Metrik ini dapat memberi tahumu apakah tweet yang dibagikan oleh audience menyebut bisnismu secara keseluruhan secara positif atau negatif. 

Katakanlah kamu tiba-tiba mengalami lonjakan jumlah sebutan brand (mention). Tanpa melakukan analisis sentiment, tidak mungkin untuk segera mengetahui apakah itu hal yang baik atau buruk. Akan tetapi, sekali kamu melihat grafik analisis sentiment, kamu akan langsung mengetahui hal itu. Menganalisis sentiment memberi jalan untuk analisis yang lebih dalam dari mention brand-mu. Setelah kamu mengetahui sentiment yang mendasarinya adalah negatif misalnya, kamu dapat menggali lebih dalam untuk menemukan akar penyebab penyebutan brand-mu yang bermuatan negatif.

Selain menyediakan analisis yang beragam, Matamaya juga memiliki keunggulan pada pelaporan yang mudah diinterpretasi. Kamu dapat mengunduh hasil kinerja strategi pemasaran-mu pada basis bulanan, triwulanan, atau tahunan. Berikut metrik-metrik yang dapat kamu peroleh dari Matamaya Twitter Analytics, selain 5 metrik utama yang telah disebutkan sebelumnya di atas:

  1. Tab Overview merupakan tampilan secara singkat performance akun Twittermu pada periode waktu. Tidak seperti tools lainnya, Matamaya menyediakan berbagai pilihan periode waktu: 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, bulan ini, bulan lalu, 3 bulan terakhir, dan periode waktu yang dapat di-custom.
  2. Tab Fans (follower) menampilkan total dan pertumbuhan follower pada basis harian hingga bulanan yang dapat di-custom. 
  3. Tab Engagement meliputi metrik total pertumbuhan post dan engagement dan engagement time. Pada tab ini kamu dapat melihat hasil analisis sentimen dari hasil mention brand.
  4. Tab Content menampilkan metrik total dan pertumbuhan post, engagement, dan rata-rata engagement. Di tab ini kamu akan memperoleh insights kinerja hashtag paling populer atau paling sering digunakan di dalam niche-mu serta terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar yang terbagi ke dalam kategori posts (tweets) dan engagement.
  5. Tab Benchmark merupakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui kinerja kompetitor-mu. Pada tab ini, kamu akan memperoleh insights performance mereka yang meliputi jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.
  6. Tab Wordcloud dapat digunakan untuk mengidentifikasi kata-kata yang paling sering digunakan oleh audience dan paling sering muncul di niche-mu. Insights ini sangat penting untuk membantu dalam analisis sentiment serta merencanakan hashtag dan kata kunci baru yang dapat kamu gunakan dalam strategi kontenmu. 
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.