Matamaya

Membuat Strategi Konten Sosial Media Marketing yang Efektif - Untuk Pemula

Membuat Strategi Konten Sosial Media Marketing yang Efektif - Untuk Pemula
02 November 2021

Banyak usaha rintisan tidak memperhatikan strategi konten saat memulai strategi pemasaran di sosial media. Marketer hanya melompat ke dalam pemasaran konten tanpa membuat rencana yang jelas.

Padahal, konten yang dipost di sosial media platform memiliki kekuatan untuk mengubah brand kamu menjadi brand prioritas pilihan customers dan juga dapat mengubah pengikut menjadi penggemar setia. Ini hanya akan kamu peroleh jika kamu memiliki strategi konten sosial media yang solid.

Dengan muncul di setiap platform dan secara sporadis memperbarui audiens, bukanlah sebuah strategi pemasaran yang baik untuk kamu gunakan. Cara yang terbaik untuk dapat menarik perhatian di sosial media adalah dengan mengidentifikasi tujuan tertentu, membuat post berharga yang selaras dengan tujuan, dan mendistribusikan konten di sosial media platform yang tepat. Kemudian kamu dapat mengukur hasil, dan menyempurnakan strategi konten sosial media marketing dari waktu ke waktu.

Mari mulai memahami bagaimana membuat rencana strategi media sosial akan bermanfaat bagi brand kamu.

Agar strategi pemasaran di sosial media berhasil, kamu memerlukan konten yang relevan dan berkualitas. Agar konten yang kamu buat berhasil mendatangkan banyak audiens dan engagement, kamu membutuhkan strategi yang jelas.

Untuk membuat rencana konten media sosial, kamu harus selalu memulai dengan memahami target audiens dan tujuan yang ingin dicapai. Dua langkah penting ini akan memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari strategi pemasaran yang kamu lakukan.

 

Bagaimana cara membuat strategi konten sosial media?

Ada banyak pendekatan yang dapat diambil untuk membuat template strategi konten sosial media marketing yang baik. Cara yang paling direkomendasikan adalah membangun strategi dan menganalisisnya secara real time untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Langkah pertama menuju strategi konten sosial media jangka panjang adalah menetapkan tujuan konten bisnismu. Memiliki tujuan dalam pikiran akan membantu kamu mulai merencanakan jenis konten yang akan dibuat.

Setelah kamu memperjelas tujuan pemasaran, saatnya kamu melakukan audit konten media sosial pada konten yang telah kamu buat sejauh ini. Lihat posts mana yang berkinerja baik, mana yang tidak di setiap sosial media platform bisnismu.

Jika kamu menggunakan platform manajemen media sosial seperti Matamaya.id, kamu dapat melihat semua data dan analitik sosial media bisnis kamu di satu tempat. Kamu dapat mengunduh laporan Matamaya.id untuk tampilan menyeluruh tentang kinerja semua konten sosial media kamu.

 

Tidak perlu hadir di setiap platforms

Tidak perlu hadir di setiap platforms - Matamaya

Berlawanan dengan kepercayaan populer, melakukan promosi yang baik di sosial media tidak berarti hadir di setiap sosial media platform.

Kamu akan terlihat tidak menonjol. Dengan sumberdaya pemasaran yang terbatas, kamu harus membuat video, grafik, artikel untuk puluhan halaman berbeda. Jika kamu tidak dapat mengikuti secara konsisten, kamu akhirnya akan melakukan copy paste di semua sosial media platforms, bahkan ketika konten itu tidak cocok.

Akan jauh lebih baik jika bisnismu menonjol di beberapa sosial media platforms saja dimana target audiensmu melakukan banyak interaksi dan memiliki jumlah engagement yang maksimal. Menurut statistik yang diperoleh, customers memiliki rerata 8 akun sosial media sehingga pembacaan konten yang berulang justru akan menjadi turn off yang besar terhadap brand mu.

 

Melakukan audit konten dan memelihara fokus brand

Melakukan audit konten dan memelihara fokus brand - Matamaya

Melakukan audit konten dari waktu ke waktu merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak, apa yang lebih ditanggapi oleh audiens, apakah konten berbentuk gambar atau video, apakah perlu menggunakan bahasa yang tidak kaku dan sebagainya.

Dengan strategi pemasaran konten, ada banyak pilihan yang dapat kamu eksplor. Kamu harus menyesuaikan kontek dengan fokus brand yang telah kamu bangun dan tidak seharusnya meniru strategi pemasaran brand-brand lainnya meskipun mereka lebih populer.

Hal ini karena brand dari industri yang sama, kadang memiliki target audiens sama dan kadang berbeda. Meskipun target audiens kamu dengan sebuah brand yang lebih populer sama, kamu tetap harus memiliki strategi yang berbeda untuk menciptakan keunikan.

Jadi bukan berarti karena itu berhasil untuk brand X, itu juga akan berhasil untuk brand-mu. Mereka mungkin memiliki pelanggan yang sama atau berbeda, identitas brand tentu berbeda satu sama lain, akan tetapi selalu ada faktor-faktor lainnya yang membentuk dasar untuk membuat strategi pemasaran konten yang unik untuk sosial media.

 

Konten yang bagus

Konten yang bagus - Matamaya

Setidaknya terdapat 4 parameter yang perlu dimiliki oleh sebuah konten media sosial untuk tujuan marketing. Konten yang kamu buat harus merupakan konten yang bersifat customer-driven, konten yang bercerita tentang histori brand atau produk, konten yang kreatif, dan konten yang berpegang pada tema.

 

Konten yang didorong pelanggan atau customer driven

Mempost ulang konten yang dipost pelanggan tentang brand atau produk kamu akan selalu menjadi nilai tambah dari customer untuk brand-mu. Dengan cara ini, customers akan merasa pendapat mereka sangat dihargai, dan hal ini akan membantu kamu mendapatkan kepercayaan dari customer lain.

 

Wawasan histori atau desain produk

Membicarakan asal muasal bagaimana brand kamu muncul dan menunjukkan kepada mereka di balik layar apa yang terjadi untuk membangun produk kamu akan selalu menjadi hal positif yang dapat dibagi kepada customer. Banyak dari audiens biasanya merespon hal ini dengan sangat baik. Ini tidak hanya akan meningkatkan pemasaran ke produk kamu, tetapi juga menanamkan rasa percaya pada basis audiens kamu, sehingga menjadikan brand-mu destinasi pertama dalam membeli.

 

Konten yang kreatif

Merupakan hal yang umum disadari bahwa membuat konten gambar dan video yang kreatif tentang produk dapat menarik perhatian audiens di sosial media.

Dengan melihat konten gambar dan video yang bagus, kamu akan menggiring audiens untuk lebih mengenal produk yang ditawarkan. Efek ini sangat umum di antara audiens yang browsing di sosial media. Oleh karena itu, sangat berpengaruh untuk membuat konten gambar dan video pendek yang estetis dan menempatkannya di sosial media platforms seperti Instagram dan Facebook untuk menarik lebih banyak peminat pada produkmu.

 

Berpegang pada tema

Berpegang teguh pada tema akan menunjukkan kepada audiens bahwa kamu menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mengerjakan tema brand bisnis kamu. Selain itu, menjaga konsistensi akan selalu menarik pengunjung ke brand yang kamu tawarkan, yang pada akhirnya mendorong lebih banyak penjualan.

 

Mempost konten di waktu terbaik

Mempost konten di waktu terbaik - Matamaya

Perencanaan konten sosial media juga melibatkan pemikiran dan perencanaan tentang bagaimana konten yang dibuat akan dikirim. Kapan waktu terbaik untuk post, di samping penting untuk mengetahui cara pembuatan konten yang bagus.

Jika kamu mempost konten pada saat basis audiens kamu tidak aktif, maka promosi yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia. Tidak peduli seberapa bagus konten yang telah kamu buat, karena audiens yang kamu targetkan mungkin saja tidak melihatnya. Selain itu, ada kemungkinan yang besar kamu tidak akan menerima engagement apa pun di post tersebut sama sekali.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.