Matamaya

Memantau Strategi Digital Marketing dengan Matamaya Social Media Monitoring

Memantau Strategi Digital Marketing dengan Matamaya Social Media Monitoring
11 May 2022
Memantau Strategi Digital Marketing dengan Matamaya Social Media Monitoring - strategi sosial media marketing - Matamaya

Social media merupakan kunci sukses pemasaran digital yang menempatkan social media platforms seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube menjangkau customer yang luas dengan pesan brand, memberikan jalan bagi audience untuk membicarakan brand-mu secara viral. Namun, di sisi lain, ini dapat menjadi dua mata pisau, karena  kerap kali menjadi jalan lumpuhnya citra brand secara seketika. Untuk menghindari hal tersebut, setiap bisnis yang melakukan marketing di social media perlu melakukan praktik social media monitoring untuk mencari cara bagaimana memanfaatkan social media secara optimal dan memberi brand-mu kesempatan untuk terlibat dengan customer lebih mendalam.

Social media monitoring adalah sebuah strategi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi terperinci dan terpercaya tentang apa yang dikatakan audience tentang brand-mu, competitor, dan topik lain yang relevan di seputar industri sejenis. Publishing sebagai bagian penting dari social media membutuhkan social media monitoring untuk dapat membantu separuh upaya itu: mendengarkan apa yang dikatakan audience. Hal ini karena dengan monitoring, kamu akan dapat memeriksa apa yang dikatakan customer saat ini dan calon customer, sehingga social media monitoring harus menjadi bagian integral dari strategi pemasaran bisnismu. Dengan melakukan monitoring, kamu dapat mempelajari masalah yang dialami customer terkait produk-mu hingga meningkatkan kampanye pemasaran dan menyesuaikan konten dengan preferensi target audience.

Selain manfaat di atas, beberapa manfaat lainnya menggunakan social media monitoring, antara lain:

  • Mempelajari lebih lanjut tentang siapa customer dan apa yang mereka cari.
  • Menemukan dan mengidentifikasi cara memanfaatkan pendukung brand dan influencer.
  • Berkontribusi pada conversation untuk membangun kredibilitas dan kehadiran brandmu di social media.
  • Menerima dan menyampaikan kritik dan pujian.
  • Menanggapi pertanyaan produk dan dukungan yang diposting ke social media.

 

Social Media Monitoring Tools

Social Media Monitoring Tools - Matamaya

Meskipun social media monitoring penting, kamu tentu tidak ingin mengalokasikan seluruh anggaran pemasaran ke dalamnya. Sebagai solusinya, kamu hanya perlu menggunakan social media monitoring tool untuk melacak daftar kata kunci di berbagai social media platforms. Hal ini karena dengan menggunakan alat monitoring, kamu dapat memantau semuanya di satu tempat dengan pembaruan dan analytics langsung.

Namun untuk memilih tools mana yang bisnismu butuhkan, terkadang ini merupakan pekerjaan yang tricky. Sebelum memilih tool yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk memulainya, seperti: apa tujuan yang kamu ingin capai dengan monitoring tool, berapa budget yang kamu alokasikan untuk tugas ini, dan banyak lagi. Perlu diingat bahwa social media monitoring tool tidak hanya bagus untuk dimiliki, tetapi jika kamu tidak menggunakan yang tepat, atau tidak menggunakannya sama sekali, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendorong lebih banyak prospek, meningkatkan pendapatan, dan melindungi brandmu. Jika misalnya kamu ingin memaksimalkan ROI kampanye pemasaran, menawarkan layanan customer yang mengungguli kompetitor-mu, terhubung dengan influencer yang akan menghasilkan lebih banyak prospek, atau menyelamatkan reputasi brand-mu, maka memilih tool yang tepat harus berada di urutan teratas daftar tugasmu. 

Social media monitoring tool yang hebat tidak hanya akan membuat pekerjaan marketing-mu lebih mudah dalam hal menyusun strategi dan membuat konten, tool tersebut juga akan memberi kamu insights yang kamu butuhkan untuk membawa ke mana arah bisnismu selanjutnya. Selain itu, tool yang tepat bukan hanya strategi untuk membuat penanganan social media sehari-hari menjadi lebih sederhana, tetapi juga merupakan cara untuk membenarkan keputusan bisnis strategis. 

 

Matamaya Social Media Monitoring Tool

Matamaya Social Media Monitoring Tool - Matamaya

Setiap social media monitoring tool memiliki keunggulan yang mungkin berbeda dengan yang lain, dan hanya fokus pada aspek tertentu selain menyediakan metrik sosial dasar. Begitupun dengan Matamaya. Dengan berfokus pada kegiatan monitoring dan listening, Matamaya dapat digunakan untuk mengukur performance strategi pemasaran, konten, influencer, competitor, serta akun-akun personal, public figure, dan brands. Kamu dapat melakukan berbagai analytics dasar dan lanjutan, serta memperoleh insights berharga dari social media platforms populer seperti TikTok, Instagram, YouTube, Facebook, dan Twitter. 

Fitur-fitur yang disediakan oleh Matamaya juga cukup beragam, sehingga dapat mengakomodasi berbagai jenis penargetan. Jika kamu menggunakan monitoring tool dengan tujuan untuk mengetahui apakah audience-mu saat ini sudah sesuai dengan audience yang kamu targetkan,  bagaimana posisi brand-mu di antara kompetitor di industri sejenis, menentukan influencer yang relevan dengan bisnismu, atau mengidentifikasi emosi di balik conversation yang dilakukan audience, Matamaya dapat melakukan semuanya. 

Matamaya

Sama seperti beberapa brand lainnya, Matamaya bekerja pada model premium, dimana calon customers dapat mengajukan request demo yang bersifat gratis sebelum mendaftar langganan berbayar. Matamaya demo dapat menunjukkan performance dari berbagai social media platforms populer dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi dari tiap platforms. Fitur-fitur yang yang dapat diakses pada skema demo cukup terbatas dan hanya dapat digunakan dalam periode waktu yang definit. 

Selain menyediakan skema demo, Matamaya memiliki versi gratis, dimana tentunya menggunakan tool Matamaya secara gratis dan berbayar memiliki perbedaan yang cukup signifikan, salah satunya akses terhadap jumlah analytics yang dapat dilakukan. Matamaya versi gratis menyediakan setidaknya 7 layanan meliputi pendataan 1 akun social media platform, activity analytics, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 competitor, melakukan penyimpanan performance marketing campaign di 1 social media, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format yang terbatas. Sementara itu, pada versi berbayar, monitoring (analytics) dapat dilakukan pada multi platforms, pada keywords yang tidak terbatas, lebih dari 3 akun competitor, dan penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir.

Selain itu, price plan yang ditawarkan oleh Matamaya versi berbayar sangat terjangkau dan negotiable, meskipun memiliki basic package dimana kamu dapat memiliki akses social media management untuk 3 akun. Jika ingin menambahkan kuota akun, activity, influencer & benchmark (competitor) analytics, kamu dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan.

 

Lalu, brand apa saja yang menggunakan Matamaya?

Brand yang Menggunakan Matamaya - Matamaya

Banyak brand telah tercatat memantau kinerja strategi digital dengan tool Matamaya. Beberapa diantaranya adalah physical evidence (seperti AEON Mall), perusahaan air conditioning (Daikin Indonesia), perusahaan asuransi (Commonwealth Life), lembaga pemerintahan (KNKS) dan brand-brand populer lainnya seperti Bogasari, Dancow, Dulux, Nestle Boost Optimum Indonesia, Qtela, Palmia, ErHa, Paseo dll. Brand-brand tersebut pada umumnya menggunakan social media monitoring hanya pada platform tertentu yang menjadi fokus pemasaran digital mereka, seperti Daikin dan Nestle Boost pada Facebook, Happy Soya Oil dan Paramex pada Instagram. 

Beberapa dari brand di atas menggunakan fitur social media monitoring oleh Matamaya dengan tujuan membangun reputasi dan persepsi publik. Hal ini karena Matamaya merupakan social media monitoring yang dibangun dengan fokus pada industri customer service. Sentiment dan follower analytics yang disediakan oleh Matamaya dapat membantu brand mengidentifikasi nada dan emosi yang diungkapkan melalui komunikasi online tertulis atau lisan serta membantu mencari tahu penyebutan mana yang lebih signifikan dan membantu membuat konten strategi pemasaran yang lebih baik untuk produk agar kompetitif.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.