Matamaya

Mau Melakukan Rebranding Social Media? Ini Caranya!

Mau Melakukan Rebranding Social Media? Ini Caranya!
19 December 2023
Mau Melakukan Rebranding Social Media? Ini Caranya! - strategi sosial media marketing - Matamaya

Umumnya, menjelang tahun baru, strategi-strategi baru juga sudah mulai dipersiapkan. Tidak menutup kemungkinan, Anda juga ingin melakukan rebranding social media di tahun depan.

Bagaimana melakukannya? Cari tahu caranya di artikel ini!

 

Apa itu Rebranding Social Media?

Rebranding social media adalah proses mengubah atau memperbarui citra brand Anda di media sosial. Rebranding ini dapat melibatkan perubahan pada username, profile picture, dan bahkan jenis konten yang dibagikan.

Selain itu, rebranding juga bisa mencakup penyesuaian dalam gaya penulisan, desain grafis, tema warna, serta pesan yang disampaikan di berbagai platform media sosial. Rebranding memungkinkan brand untuk tetap relevan, menarik minat baru, serta memperluas jangkauan, dan interaksi dengan audiens yang lebih luas di media sosial.

 

Kapan Rebranding Social Media Perlu Dilakukan?

Rebranding social media perlu dilakukan ketika merek Anda mengalami perubahan signifikan, seperti perubahan kepemilikan atau fokus bisnis. Ini juga dapat dilakukan ketika merek Anda ingin menyesuaikan diri dengan tren dan perubahan dalam industri atau pasar yang dapat mempengaruhi citra brand Anda.

 

Langkah Membuat Strategi Rebranding yang Efektif

Rebranding Social Media - Matamaya

  1. Menentukan tujuan rebranding
    Sebelum memulai rebranding, Anda perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, atau mendorong angka penjualan? Menentukan tujuan akan membantu Anda membuat strategi yang lebih efektif.

  2. Menganalisis target audiens
    Dengan pemahaman yang lebih dalam tentang audiens, Anda dapat mengarahkan perubahan-perubahan dalam rebranding dengan lebih tepat. Misalnya, jika Anda menargetkan audiens yang lebih muda, rebranding dapat dilakukan dengan pendekatan yang lebih kreatif atau dengan menggunakan platform yang lebih populer di kalangan mereka.

  3. Mempelajari strategi kompetitor
    Melihat apa yang dilakukan oleh pesaing Anda di media sosial dapat membantu Anda memahami strategi yang efektif. Kekurangan yang ada pada kompetitor dapat Anda hindari atau bahkan menjadi peluang untuk mengembangkan pendekatan yang lebih inovatif.

  4. Menentukan brand message
    Menentukan brand message sangat diperlukan saat rebranding social media posts karena hal tersebut merupakan fondasi supaya pesan dan gaya komunikasi bisa konsisten di semua platform. Tentunya, hal ini dapat membantu audiens untuk memahami dan mengenali brand Anda dengan lebih baik.

  5. Menentukan key visual
    Perkembangan desain grafis dan tren visual terus berubah. Dengan menentukan key visual yang baru, brand Anda dapat mengikuti tren terkini, menampilkan diri mereka sebagai brand yang modern dan up-to-date.

  6. Menyesuaikan profil media sosial
    Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka Anda perlu menyesuaikan profil keseluruhan media sosial yang Anda miliki. Profil ini meliputi gambar profil, header, deskripsi/bio, dan keterangan lainnya yang mengalami penyesuaian.

  7. Membuat konten yang menarik
    Konten merupakan bentuk konkret dari rebranding social media strategy dan serangkaian langkah yang sudah Anda lakukan. Aplikasikan insight-insight yang sudah Anda dapatkan serta terapkan gaya komunikasi dan key visual yang sudah Anda sesuaikan.

 

Pantau dan Evaluasi Hasil Rebranding Anda dengan Matamaya!

Berbagai konten telah Anda buat, saatnya mengevaluasinya! Pantau dan bandingkan performa tiap konten rebranding di social media monitoring tools dari Matamaya untuk memahami keefektifan strategi dan mengetahui hal yang perlu ditingkatkan.

Dengan memahami data performa konten secara menyeluruh, Anda bisa menyesuaikan dan meningkatkan strategi rebranding Anda agar lebih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai di tiap platform media sosial.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.