Matamaya

Matamaya Social Media Analytics

Matamaya Social Media Analytics
08 February 2022

Media sosial adalah alat komunikasi online yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan pelanggan dan mengakses berbagai informasi secara real time. Melalui media sosial, kamu akan dapat menjangkau target audiensmu dengan lebih baik, membuat jaringan online, menjual dan mempromosikan produk. Dengan bantuan analisis media sosial, kamu akan dapat terlibat dengan pelanggan dan mencari tahu apa yang dikatakan audiens tentang bisnismu. 

Beberapa manfaat dari media sosial untuk bisnis, antara lain:

  • Menarik pelanggan, mendapatkan feedback dan membangun loyalitas pelanggan.
  • Meningkatkan jangkauan pasar.
  • Melakukan riset pasar.
  • Mengembangkan brand.
  • Meningkatkan traffic ke situs web dan peringkat mesin pencarian.
  • Mengawasi pesaing.

 

Matamaya Social Media Management

Matamaya adalah platform social media management yang dikembangkan oleh Limestones, menyediakan insights secara real time kepada bisnis tentang bagaimana kinerja brand di media sosial terhadap sejumlah metrik. Matamaya memiliki layanan yang berorientasi pada customer service dan memungkinkan bisnis untuk menggunakan feedback media sosial, insights termasuk sentimen, waktu respons terbaik, analisis customer, serta analisis struktur tata bahasa.

Fitur-fitur analisis yang ditawarkan oleh Matamaya meng-cover keseluruhan fungsi analisis media sosial, yakni social media monitoring, listening, dan intelligence, dengan lingkup analisis pada segala hal berkaitan dengan brand, produk, industri, audience, dan strategi pemasaran yang kamu gunakan termasuk analisis influencer.

Namun, secara garis besar, fitur analisis yang kamu temukan dalam website Matamaya dikategorikan ke dalam 2 fitur analytics utama, meliputi social monitoring dan social listening. Fitur-fitur social monitoring kemudian dijabarkan ke dalam 7 analytics, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, Activity (Content), dan Influencer Analytics. Sementara fungsi social listening dan intelligence tidak dipisahkan berdasarkan fungsi atau platform tertentu dan keduanya digabungkan dalam satu fitur bernama Benchmark Tool.

Pada artikel ini, kami akan membantumu mengenal lebih fokus pada salah satu fitur analisis yang ada di Matamaya, yakni Social Media Monitoring dan akan membahas satu per satu fitur analytics yang tersedia.

 

Apa yang Dapat Dilakukan Matamaya Social Media Monitoring?

Apa yang Dapat Dilakukan Matamaya Social Media Monitoring? - Matamaya

 

Mirip dengan mesin pencarian yang mengirim crawlers ke internet, Matamaya adalah alat berbasis algoritma yang merayapi situs dan terus mengindeksnya berdasarkan keywords atau frasa tertentu yang terkait langsung dengan brand-mu. Setelah situs diindeks, mereka dapat dicari berdasarkan kueri atau string.

Secara umum, fitur social media monitoring yang dimiliki oleh Matamaya dapat memberikan kamu manfaat yang besar untuk pengembangan strategi marketing. Kamu akan memperoleh gambaran sekilas tentang apa yang dikatakan tentang brand-mu secara real time, mengumpulkan data yang tersedia untuk umum dan mengaturnya dengan cara yang menguntungkan. Matamaya social media monitoring juga dapat membantu kamu menumbuhkan kesadaran online untuk brand-mu, dimana kamu dapat bertindak berdasarkan apa yang dikatakan tentang brand-mu. Setelah mengumpulkan data-data penting tersebut, Matamaya kemudian akan melakukan berbagai macam analisis yang mengarah pada peningkatan performa marketing campaign-mu.

Dibandingkan monitoring tools lainnya yang tersedia di Indonesia, Matamaya memiliki fitur monitoring yang komprehensif, menyediakan metadata terkait aktivitas social media platforms, authors, charts, analisis sentimen, dan sebagainya. Data tersebut dapat digunakan untuk berbagai manfaat, termasuk pelaporan, penelitian, pengambilan keputusan atau untuk kepentingan lainnya tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Berikut fitur-fitur analytics yang dimiliki oleh Matamaya:

 

Matamaya Facebook Analytics

Memantau analisis Facebook sangat penting untuk setiap bisnis, terlepas dari jenis iklan yang kamu investasikan. Melalui Matamaya Facebook Analytics, kamu akan mendapatkan informasi penting yang akan membantumu meningkatkan ROI dengan mempelajari engagement, reach, like, impression, hashtag, sentimen, dan percakapan audience termasuk seberapa banyak orang yang telah membuat 'story' dari postinganmu. Tidak hanya itu, Matamaya Facebook analytics juga menyediakan analisis tampilan halaman, waktu puncak traffic, demografi pengunjung, dan data-data penting lainnya yang dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kapan, bagaimana, dan mengapa audience terlibat dengan konten bisnismu. 

Melacak interaksi pengguna dengan brand-mu di Facebook dapat memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang akan kamu dapatkan dengan melakukan Facebook analytics di Matamaya:

  1. Menemukan cara menjangkau pelanggan lebih banyak.
  2. Mengoptimalkan konversi di pasar baru.
  3. Menemukan pendekatan dan jenis konten yang tepat sesuai dengan minat target audience yang dituju.
  4. Meningkatkan konversi dengan audiens.

Semua hal di atas mewakili inisghts penting yang akan kamu peroleh melalui Matamaya Facebook Analytics. Dengan bertolak pada hal tersebut, kamu dapat membangun strategi pemasaran media sosial-mu untuk keuntungan yang besar.

 

Matamaya Instagram Analytics

 

Matamaya Instagram Analytics tidak hanya akan memberi kamu semua data yang berkaitan dengan aktivitas Instagram, tetapi menganalisisnya untuk membantumu lebih memahami apa arti angka-angka yang ditampilkan. Matamaya menawarkan skema layanan gratis untuk social media analytics, yang memberi kamu banyak data mentah untuk diolah. Namun, kamu perlu membeli paket berbayar jika ingin dapat mengakses lebih banyak data penting yang kamu butuhkan.

Melalui Matamaya Instagram Analytics, kamu dapat menjalankan analisis mendalam tentang profil dan aktivitas akun bisnismu yang dapat diukur melalui mentions dan hashtag serta pencarian keywords tertentu pada postingan, story, reel, dan live. Laporan yang akan kamu peroleh mencakup berbagai statistik, termasuk:

  • Tingkat keterlibatan (engagement), likes, comments, dan reach.
  • Tag dan mentions.
  • Posting activity dan keterlibatan audience.
  • Caption dan hashtag yang paling banyak digunakan.
  • Geolokasi.

 

Matamaya Twitter Analytics

Semakin banyak kamu tahu tentang kinerja tweet, audiens, pesaing, engagement, dan tingkat konversi, akan semakin baik kamu dapat memanfaatkan kekuatan besar Twitter dalam kampanye pemasaran bisnismu secara online. Twitter analytics yang disediakan oleh Matamaya akan membantumu memahami area of improvement berbekal data yang dihasilkan bertujuan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran brand-mu di Twitter guna memperoleh hasil yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak followers. Mengetahui data-data tersebut dalam metrik tidak hanya menunjukkan kepadamu apa yang berhasil atau tidak, tetapi juga memberi lebih banyak informasi bagaimana untuk menjadi sukses di kampanye pemasaran bisnismu berikutnya.

Matamaya Twitter Analytics akan memberikan kamu insights penting berupa:

  • Tingkat keterlibatan (posting yang menghasilkan retweet, reply, follower, likes, dan love).
  • Jenis keterlibatan (retweet atau suka).
  • Jam berapa dan hari mana dalam seminggu audience paling terlibat (klik, retweet, dan reply).
  • Waktu posting terbaik untuk memaksimalkan tayangan (waktu dimana sebagian besar akan melihat tweet)
  • Hashtag mana yang berkinerja baik.
  • Performa tweet rata-rata untuk benchmarking.
  • Konten yang menarik minat followers.
  • Tinjauan kinerja bulanan (berkaitan dengan tweet teratas, mentions, dan followers).

 

Matamaya TikTok Analytics

 

Dengan Matamaya, kamu dapat membandingkan dan mengevaluasi efisiensi postingan TikTok-mu, melalui pemeriksaan jenis post mana yang paling populer di antara target audience-mu dan indikator kinerja lain seperti waktu posting atau hashtag. Diantara social media tools Indonesia lainnya, Matamaya cukup populer di kalangan brand dan marketers karena menawarkan dashboard yang mudah dibaca dan dapat dikelola oleh multi-admins.

Matamaya menawarkan paket gratis, dimana kamu dapat mengakses statistik dasar terkait creator, content dan channel. Namun, untuk dapat melakukan analisis lebih lanjut dan memperoleh akses ke lebih banyak data historis serta pencarian ke beberapa akun pesaing, kamu dapat berlangganan pada paket analytics berbayar. Jika kamu merupakan sebuah agensi atau perusahaan, kamu dapat menghubungi tim marketing Matamata untuk mengetahui detail tentang rencana yang lebih komprehensif yang mencakup analisis strategi pemasaran dan fitur-fitur analytics lainnya.

 

Matamaya YouTube Analytics

 

YouTube Analytics Tools dapat membantu kamu memahami bagaimana pelanggan dan target audience merespons konten video yang telah kamu upload di akun YouTube bisnismu. Dengan memaksimalkan YouTube analytics, kamu akan memperoleh kumpulan data dan metrik yang tepat, serta strategi yang sesuai untuk meningkatkan konten guna mencapai tujuan pemasaran bisnismu di YouTube. 

Matamaya YouTube Analytics memberikan penawaran yang cukup mendalam untuk memahami kinerja video bisnismu dan demografi orang-orang yang menontonnya. Kamu dapat memperoleh berbagai metrics yang penting untuk analisis lanjutan di dalam content pillars yang disajikan, seperti jumlah penayangan, likes, comments, shares, waktu tonton rata-rata, persentase viewers yang menonton seluruh video-mu, jenis sumber traffic, profil, feedback, serta dari mana viewers kamu menontonnya.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.