Matamaya

Manfaat Social Media Listening and Tracking Tools untuk Pemasaran Bisnis di Social Media

Manfaat Social Media Listening and Tracking Tools untuk Pemasaran Bisnis di Social Media
04 March 2022
Manfaat Social Media Listening and Tracking Tools untuk Pemasaran Bisnis di Social Media - strategi sosial media marketing - Matamaya

Setiap hari, miliaran orang di dunia menggunakan social media untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengikuti perkembangan brand favorit mereka. Customer tidak lagi mengenai jumlah pelanggan yang tertarik pada produk yang dijual, tetapi juga mempengaruhi citra brand dan ROI melalui engagement, informasi publik mengenai likes, dislikes, aktivitas, dan masih banyak lagi.  

Brand yang secara proaktif memantau dan merespons social media platform melalui social media listening, memiliki kesempatan untuk benar-benar mengenal dan menyenangkan customer dengan pengalaman yang dipersonalisasi. Social media tidak lagi hanya menjadi ruang bagi orang untuk berbagi foto dengan teman dan keluarga, melainkan forum publik yang memiliki implikasi nyata bagi bisnis. 

Saat ini, tweet atau postingan Instagram yang viral dapat berdampak besar pada keuntungan brand secara signifikan. Untuk memastikan social media bekerja sesuai keinginan, sangat mendesak bagi brand untuk memasukkan kampanye social media dan social listening ke dalam strategi bisnis.

 

Apa Itu Social Listening?

Social media listening merupakan kata kunci dari strategi pemasaran, Kamu mungkin akhir-akhir ini mendengar lebih banyak tentang social listening dan ini merupakan suatu tanda yang bagus. Pemasaran social media menempatkan audience di pusat segalanya, dan social media listening mendukung strategi yang berpusat pada audience. Social media listening memungkinkan brand tidak hanya memantau tetapi juga menganalisis dan mengatasi apa yang audience katakan tentang brand-mu di social media. Kamu dapat mengetahui postingan followers atau kompetitor-mu juga mengetahui siapa dan apa yang dipuji mereka tentang brand-mu. 

Dalam social media listening, percakapan yang didengarkan melampaui segala sesuatu di sekitar brand-mu hingga industri pada umumnya. Social media listening akan memastikan-mu memahami motivasi di balik penyebutan social media dan membantu mengoptimalkan strategi pemasaran. Apakah audience di nichemu berhenti tertarik dengan brand kompetitor karena harga tinggi? Apakah ada orang yang mencari produk tertentu di niche-mu yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain? Ini semua adalah beberapa alasan yang mendasari mengapa brand-mu akan menerima penyebutan (mentions). Dengan melakukan social media listening, kamu dapat lebih memahami interaksi dan memanfaatkan hal ini sepenuhnya.

Social media listening yang baik tidak hanya akan meningkatkan pemasaran, tetapi dapat membantu meningkatkan strategi konten, menemukan influencer di nichemu, dan membuka jalan baru untuk mengalahkan kompetitor. Social media listening yang tepat bisa jadi sulit dan seringkali membutuhkan solusi pihak ketiga. Jadi apa yang harus kamu lakukan?  Bagaimana jika kamu dapat memiliki akses ke data tersebut secara real time? 

Di situlah tepatnya social media listening tools berperan. Sulit untuk meningkatkan strategi pemasaran yang kamu lakukan tanpa adanya feedback yang valid dan reliable. Selama beberapa tahun terakhir, tentu kamu telah banyak berinvestasi dalam survei dan layanan audience. Social media listening adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan feedback, tetapi bisa saja alat yang tersedia menuntut harga yang pricey dan cakupannya juga terbatas.

 

Apa itu social listening tools?

Seperti yang dikatakan beberapa ahli, "brand adalah apa yang orang katakan tentangmu saat kamu tidak berada di ruangan itu." Jika itu benar, maka social media listening tools dapat memberikanmu rahasianya. Hal ini karena pada dasarnya, social media dapat bertindak sebagai wadah komunitas besar yang dapat memberikanmu insights berharga terkait apa yang kamu perlukan dalam strategi pemasaran. 

Insights itu sangat berharga bagi perusahaan dari semua skala. Insights yang dapat kamu kumpulkan dari social media dengan bantuan social media listening tools dapat dimasukkan langsung ke dalam rencana pemasaran dan bahkan roadmap pengembangan brand-mu. Akibatnya, sangat penting bagi kamu untuk waspada dan memantau dengan cermat percakapan seputar brand melalui social media listening tools. Alat ini akan memungkinkanmu untuk mendeteksi masalah dan memperbaikinya sebelum berubah menjadi masalah yang lebih besar serta mengidentifikasi peluang yang dapat meningkatkan reputasi brand-mu.

Di bawah ini, kita akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang social media listening yang sangat bermanfaat bagi bisnis dan rekomendasi social listening tool terbaik. Namun sebelum kesana, kita akan bersama-sama memahami perbedaan social media listening dengan social media tracking. 

Source: https://www.sganalytics.com/blog/7-ways-how-social-media-listening-is-enabling-brands-to-build-trust/

 

Social Listening vs Tracking

Berbeda dari social listening yang diperuntukkan untuk mengetahui bagaimana perasaan customer tentang brand dan bagaimana cara meningkatkan hubungan dengan audience, social tracking berfokus pada pengukuran perubahan persepsi brand selama periode tertentu.

Social tracking akan menunjukkan keberhasilan atau kegagalan investasi ke dalam strategi brand dan membantu untuk menyempurnakan keputusan di masa depan. Dengan melakukan social tracking, kamu dapat memantau “kesehatan” brand dan mendapatkan insights tentang efektivitas keseluruhan kampanye pemasaran produk. Lalu, apa itu social media tracking dan bagaimana itu dapat bermanfaat untuk bisnis?

Tidak seperti social media listening dan monitoring, social media tracking melampaui social media platform dan memperhatikan jenis media lain. Sasaran setiap kampanye brand tracking akan berbeda, tetapi beberapa sasaran umum telah kami rangkumkan di bawah ini:

  • Awareness
    Ketika audience mendiskusikan brand di industri yang sama, apakah brand-mu menjadi salah satu yang diperbincangkan? Lalu, seberapa sering brand-mu disebutkan? Brand awareness mengukur apakah brand-mu menjadi yang teratas selama percakapan di nichemu.
  • Penggunaan
    Salah satu tujuan brand tracking adalah untuk memantau perilaku dan preferensi belanja serta pengeluaran audiens. Jika kamu menjalankan bisnis di bidang internet provider, misalnya, dan audience hanya membicarakan penggunaan layananmu, ini menunjukkan bahwa kamu memegang bagian besar dari pengeluaran internet mereka.
  • Perception
    Bagaimana persepsi target audience terhadap brand-mu? Apakah mereka berpikir bahwa produk-mu tidak perlu mahal atau perlu menawarkan layanan customer yang lebih berkualitas? Apakah ada persepsi buruk tentang produk dan layanan yang kamu berikan? Contoh yang baik tentang pentingnya brand perception adalah bagaimana tuduhan bahan-bahan non-halal merusak reputasi suatu brand populer berlogo halal. Situasi ini membantu beberapa kompetitor mereka untuk mendapatkan pijakan di industri dengan biaya yang bersaing dengan brand populer. Beberapa ahli percaya, ini adalah salah satu alasan mengapa brand populer tidak dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan beberapa tahun terakhir. Brand perception penting karena cukup kuat untuk membuat beberapa customer menutup pesan brandmu bahkan sebelum mereka menerimanya.
  • Niat Membeli
    Analisis social tracking dapat mengukur kemungkinan audience di niche beralih ke brandmu. Ini adalah cara lain yang baik untuk mengukur “kesehatan” brandmu. Social tracking membutuhkan lebih banyak keahlian untuk memulai dan menyelesaikannya, jadi biasanya ini bukan pekerjaan biasa dan mungkin memerlukan masukan dari bisnis B2B yang dirancang untuk tujuan ini saja.

Source: https://taggbox.com/blog/social-media-listening/

 

Best Social Media Listening and Tracking Tool

Setelah memahami dengan jelas tentang manfaat social listening dan tracking, mari kita lihat apa aplikasi terbaik untuk melakukan keduanya. Berikut adalah satu pilihan teratas untuk setiap anggaran dan ukuran perusahaan yang kamu miliki:

Matamaya

Matamaya adalah platform brand intelligence yang memungkinkan kamu memahami percakapan yang terjadi seputar brand-mu dan sentimen seputar percakapan tersebut. Sebagai salah satu social media listening tools paling populer yang tersedia di Indonesia, kamu tidak hanya dapat memantau penyebutan brand-mu, tetapi juga mengelola hampir setiap aspek kampanye social media. 

Matamaya social media listening memiliki fitur yang beragam. Platform ini dapat melakukan berbagai analisis percakapan dan feedback pelanggan, membantumu mendeteksi bahasa yang sesuai dan mudah dipahami audiens, melacak reputasi online, mengidentifikasi dan mengelola krisis serta membantu dalam memantau strategi pemasaran influencer untuk kampanye pemasaran bisnis berdasarkan analisis konten. Selain itu, Matamaya juga memungkinkan kamu untuk mencari percakapan sosial berdasarkan keywords, hashtag, dan lokasi. 

Fitur social media listening yang ditawarkan Matamaya, antara lain:

  1. Melakukan optimasi dan pemantauan performance aset digital brand dan kompetitor, serta optimasi dan pemantauan keywords yang digunakan untuk membantu menemukan percakapan audience di seluruh sosial media platform (Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Tiktok) dan website secara real time.
  2. Menyediakan skema gratis, demo, dan berbayar.
    Pada skema gratis, setidaknya terdapat 7 layanan yang disediakan oleh Matamaya, meliputi pendataan 1 akun social media platform, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 brand kompetitor, melakukan penyimpanan performa marketing campaign di 1 media sosial, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format terbatas
  3. Dapat dikelola oleh multi-admin, dimana akun master dapat menambahkan member dan menentukan hak akses setiap member.
  4. Notifikasi manajemen krisis dapat dikirimkan secara langsung ke email pengguna dengan format email yang dapat didesain sesuai kebutuhan.

 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.