Matamaya

Keuntungan Menggunakan Instagram Analytics Gratis dan Berbayar untuk Melacak Kinerja Instagram Bisnis

Keuntungan Menggunakan Instagram Analytics Gratis dan Berbayar untuk Melacak Kinerja Instagram Bisnis
03 June 2022
Keuntungan Menggunakan Instagram Analytics Gratis dan Berbayar untuk Melacak Kinerja Instagram Bisnis - strategi sosial media marketing - Matamaya

Instagram sebagai platform yang paling banyak diakses kedua setelah Facebook merupakan social media visual pertama yang populer dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan dan 500 juta story Instagram setiap hari. Berkat basis pengguna-nya yang luas, platform ini juga berfungsi untuk tujuan marketing, menawarkan produk bisnis kepada audience yang sangat luas. 

Selain basis pengguna yang luas, banyak marketer telah membuktikan memperoleh pendapatan yang tinggi dari Instagram mobile. Instagram menawarkan peningkatan konversi lebih baik dari platform lainnya karena lebih dari 1/3 audience menggunakannya untuk membeli produk. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak kamu beriklan di Instagram, semakin tinggi kemungkinan produk-mu terjual.

Instagram juga menawarkan banyak opsi penargetan karena memberikanmu akses ke berbagai informasi terkait demografi audience, lokasi, preferensi, dan banyak lagi. Kamu juga dapat membangun hubungan brand-follower yang lebih baik, memungkinkan brand-mu untuk terlibat dalam percakapan dengan follower, memahami audience berdasarkan keterlibatan guna membantu dalam pembuatan keputusan berdasarkan data dan terinformasi dengan baik tentang konten bisnismu. Semua hal ini dapat secara signifikan meningkatkan peluang followermu untuk berubah menjadi customer.

Instagram analytics untuk marketing - Matamaya

(https://analisa.io/blog/How-Instagram-Analytics-Can-Help-Boost-ROI-in-2019)

Untuk mengembangkan akun Instagram-mu lebih lanjut, mengetahui Instagram analytics untuk marketing dan memahami dimana posisi brand-mu saat ini di antara kompetitor di industri sejenis adalah upaya yang tepat untuk memulai. Analytics tidak hanya akan membantu mengetahui siapa audience bisnismu, tetapi juga akan memberi ide tentang waktu terbaik untuk memposting, jenis konten apa yang paling banyak digunakan audience, menemukan cara untuk meningkatkan strategi konten dan menjangkau audience yang lebih luas. 

Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan lebih rinci 4 keuntungan menggunakan Instagram analytics untuk melacak kinerja Instagram bisnis:

  1. Mengakses data historis untuk postingan dan story di Instagram
    Saat beralih ke profil pribadi di Instagram, aplikasi akan mengatur ulang seluruh profilmu yang pada akhirnya menyebabkan kehilangan statistik dan metrik penting untuk akun bisnismu. Namun, kamu dapat mengakses metrik profil saat menggunakan Instagram analytics tool. Semua aplikasi analytics memiliki fitur yang memungkinkanmu menyimpan postingan Instagram, laporan engagement, dan evolusi profil secara pribadi. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mengambil screenshot aplikasi asli untuk melihat metrik tersebut. Instagram sendiri akan menampilkan data 14 hari terakhir untuk story atau 7 hari untuk laporan engagement. Dengan melakukan analytics, kamu akan dapat menentukan bagaimana kinerja strategi kontenmu dalam opsi kurun waktu yang lebih beragam dan mengetahui apakah mereka mendapatkan ROI yang cukup.

  2. Mendapatkan data lengkap untuk laporan engagement
    Laporan engagement menunjukkan keterlibatan per follower. Apabila brandmu memiliki banyak follower di Instagram, ini memberikan kesan yang bagus. Namun, apa yang terjadi jika follower-mu tidak terlibat dalam conversation yang kamu bangun?  Tentunya, mereka tidak akan memberikan manfaat apapun untuk brand-mu. Aplikasi asli Instagram tidak menampilkan data untuk evolusi keterlibatan, sementara menggunakan Instagram analytics tool dari pihak ketiga seperti Matamaya dapat membantumu mengukur berbagai metrik seperti: tingkat keterlibatan rata-rata per posting atau profil, tingkat keterlibatan, pertumbuhan follower dari waktu ke waktu, postingan yang paling menarik dll. 

  3. Membandingkan kinerja Instagram dengan competitor teratas
    Dalam hal pemasaran, data competitor sangat berharga untuk menyusun strategi pemasaran. Melacak kegagalan dan keberhasilan kompetitor-mu dapat menghemat sumber daya, waktu, dan budget yang kamu keluarkan untuk kampanye pemasaran. Dengan menggunakan Instagram analytics tool, kamu akan mendapatkan insights tentang competitor, misalnya kamu akan tahu bagaimana kinerja konten Instagram-mu dibandingkan dengan konten mereka. Demikian juga, kamu akan mengetahui apa yang menghasilkan kesuksesan bagi mereka. Memiliki data penting ini akan memberitahumu lebih lanjut mengapa kamu gagal dan perlu memperbaiki beberapa hal. Tentu kamu akan terpacu untuk meningkatkan kreativitas kontenmu jika itu yang menghasilkan kesuksesan bagi kompetitor bisnismu.

  4. Menyusun strategi campaign berdasarkan pada data
    Setiap bisnis diwajibkan untuk secara teratur melacak dan mengukur kinerja campaign guna membantumu dalam merencanakan strategi marketing social media secara keseluruhan. Dengan mendapatkan gambaran lengkap tentang kinerja akunmu, kamu akan mampu membuat keputusan yang lebih baik dan terinformasi untuk membantu mengembangkan akun bisnis Instagram dan meningkatkan tingkat percakapan brand-mu dengan audience. Mendasarkan strategi pemasaran-mu pada data dapat dilakukan terhadap:

    • Penetapan sasaran Instagram yang tepat untuk bisnismu.
    • Pelacakan kinerja secara reguler, baik mingguan, bulanan, atau triwulanan untuk meninjau dan mencatat metrik. Dengan menggunakan Instagram analytics tool, kamu tidak perlu menyimpan spreadsheet dengan semua metrik utama yang ingin direkam.
    • Peninjauan analisis pola positif dan negatif dengan audience dan strategi konten-mu.
    • Pengoptimalan kata kunci untuk membuat perubahan yang tepat pada strategi pemasaran Instagram.

Ada banyak aplikasi Instagram analytics yang dapat kamu gunakan untuk membantu melacak kemajuan strategi pemasaran dan menemukan area untuk perbaikan. Beberapa tools yang tersedia di market ada yang gratis dan berbayar. Disini, kami akan menjelaskan beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dari analytics tool gratis dan berbayar, sehingga kamu dapat mengatur resource untuk mendapatkan upaya yang sepadan. Berikut keuntungan menggunakan Instagram analytics gratis dan berbayar:

 

Keuntungan Instagram Analytics Tools Gratis

Tentunya perbedaan mendasar antara analytics gratis dan berbayar adalah pembiayaan. Dibandingkan analytics berbayar, menggunakan analytics gratis dapat membantu bisnis untuk menekan anggaran pemasaran. Jika bisnis yang kamu jalankan merupakan bisnis baru atau skala kecil, menggunakan Instagram analytics tool gratis seperti Matamaya adalah pilihan yang bagus. Alat ini memungkinkanmu untuk melihat metrik seperti pertumbuhan, engagement, kinerja hashtag, benchmark dll. Selain membantu menekan anggaran pemasaran bisnis, analytics tool gratis pada umumnya lebih mudah digunakan karena akses terhadap fitur yang tidak terlalu kompleks. Tidak semua orang memiliki pengalaman menggunakan analytics tool, sehingga tools gratis menjadi pilihan terbaik karena tidak terlalu sulit untuk dipahami bagi pemula. 

 

Keuntungan Instagram Analytics Tools Berbayar

Keuntungan Instagram Analytics Tools Berbayar - Matamaya

Menggunakan Instagram analytics tools berbayar merupakan pilihan yang tepat dan sepadan bagi perusahaan yang lebih besar. Hal ini karena mereka cenderung memerlukan laporan yang lebih mendetail dan metrik tingkat lanjut yang pada umumnya tidak diperoleh dari analytics tools gratis. Fitur-fitur yang disediakan analytics tool berbayar cukup berbeda dengan analytics tool gratis, dimana kamu tidak hanya akan mendapatkan akses metrik dasar, tetapi juga informasi yang lebih rinci dan data yang lebih variatif untuk dilihat. Selain menyediakan fitur dasar pada skema gratis, Matamaya memiliki fitur berbayar yang memungkinkan bisnis skala besar untuk melakukan analytics dan memperoleh metrik tingkat lanjut seperti sentiment analytics, hashtag ranking, konten berkinerja terbaik, lokasi follower, demografi dll. Kamu juga dapat menggunakan analytics tool berbayar untuk membandingkan kinerja kampanye-mu dengan kompetitor berdasarkan tingkat engagement.

 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.