Matamaya

Keunggulan Matamaya YouTube Analytics untuk Meningkatkan Sales 2022

Keunggulan Matamaya YouTube Analytics untuk Meningkatkan Sales 2022
01 September 2022
Keunggulan Matamaya YouTube Analytics untuk Meningkatkan Sales 2022 - strategi sosial media marketing - Matamaya

Di era sekarang, YouTube adalah salah satu social media platform yang menjadi pilihan paling populer, dimana tempat orang-orang menghabiskan sebagian besar waktunya setiap hari. Baik itu untuk menonton video DIY atau untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai topik.

Karena tingginya angka permintaan untuk YouTube, platform ini telah menjadi alat pemasaran penting bagi bisnis untuk menjangkau audience yang lebih luas. Ada lebih dari 2 miliar pengguna bulanan YouTube. Sehingga, untuk membangun YouTube channel yang kuat, kamu perlu memulainya dengan memahami audience-mu.

Apakah kamu membuat video yang diminati target audience-mu? Apakah channelmu menarik banyak audience? Dari mana audience itu berasal? Dan masih ada banyak pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan saat mencoba membangun kehadiran YouTube bisnismu.

Selain itu, dikarenakan algoritma YouTube tidak dapat diprediksi dan persaingan di platform benar-benar sulit, kamu perlu melakukan berbagai cara untuk mengoptimalkan kinerja channel bisnismu. Kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dan mengoptimalkan roadmap terperinci untuk memandu strategi pemasaran video bisnismu melalui YouTube Analytics. Alat YouTube Analytics untuk bisnis, baik yang disediakan oleh YouTube atau third party, menawarkan berbagai data yang dapat memberi tahu semua yang perlu kamu ketahui tentang kinerja channel dan konten bisnismu. 

YouTube Analytics untuk bisnis, baik yang disediakan oleh YouTube atau third party, menawarkan berbagai data yang dapat memberi tahu semua yang perlu kamu ketahui tentang kinerja channel dan konten bisnismu. 

Secara lebih spesifik, apa saja yang dapat dilakukan YouTube Analytics? - matamaya

(source : https://blog.hootsuite.com/youtube-analytics/)

Secara lebih spesifik, apa saja yang dapat dilakukan YouTube Analytics?

  1. Membantu videomu meraih performance video terbaik dalam hal views, waktu tonton, subscriber dan engagement.
  2. Membantu merumuskan tema konten yang relevan dengan target audience.
  3. Mengidentifikasi detail video seperti gambar, judul, dan panjang video yang dapat mempengaruhi kinerja positif video bisnismu

Meskipun ada sejumlah alat YouTube Analytics untuk marketing yang kuat di luar sana, kebanyakan dari mereka hanya dapat diakses melalui paket berbayar. YouTube Analytics dengan paket berbayar tentu dapat memberikan berbagai metrik atau akses tambahan yang bernilai, namun tidak berarti alat analytics yang gratis tidak dapat untuk digunakan. Pilihan yang tersedia memang agak terbatas jika kamu mencari alat analisis gratis. Untungnya, alat analytics asli di YouTube cukup kuat, juga ada beberapa alat analytics yang disediakan third party menyediakan paket gratis dan demo. Berikut alat YouTube Analytics gratis terbaik untuk tahun 2022:

 

Matamaya YouTube Analytics

Matamaya YouTube Analytics - Matamaya

Untuk meningkatkan sales bisnismu, pilihan menggunakan Matamaya YouTube Analytics merupakan pilihan terbaik. Yang dapat kamu fokuskan saat ini adalah menemukan cara untuk menumbuhkan YouTube channel lebih cepat dengan meningkatkan banyak subscriber. 

Tentu kita sadar bahwa meningkatkan jumlah subscriber merupakan pekerjaan yang gampang-gampang sulit, oleh karena itu, sangat penting untuk memantau beberapa metrik dan untuk tidak terjebak dalam data yang berlimpah.

Matamaya dengan dukungan dari business intelligence dapat membantu bisnismu menganalisis pasar dan customer. Dengan menggunakan Matamaya YouTube Analytics, kamu dapat memperoleh insights yang mendalam untuk membuat konten yang beresonansi dengan audience. 

Untuk brand dan pembuat konten, memahami jenis video apa yang menarik bagi audiens sangat penting sehingga kamu dapat terus menghasilkan konten yang sangat menarik. Semakin banyak kamu memproduksi jenis video yang mereka sukai, semakin baik channel-mu akan berkembang. Alat Matamaya YouTube Analytics dapat memberi kamu informasi yang dibutuhkan untuk memahami apa yang disukai dan tidak disukai audience berdasarkan video apa yang paling sering mereka tonton dan terlibat.

Matamaya YouTube Analytics untuk sales akan menunjukkan kepadamu metrik seperti views, impressions, durasi views rata-rata, suka, dan banyak lagi. Ini dapat memberi kamu gambaran tentang video mana yang paling berdampak pada audience-mu dan mana yang tidak benar-benar menarik bagi mereka. Akibatnya, kamu harus dapat mengukur jenis video apa yang harus kamu buat lebih banyak untuk meningkatkan kinerja channel bisnismu secara keseluruhan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan Matamaya YouTube Analytics untuk mendapatkan audience insights seperti demografi, kapan mereka online, dan banyak lagi. Ini memberi kamu gambaran tentang siapa audience-mu sehingga kamu dapat membuat konten dan brand message agar lebih selaras dengan mereka.

 

Keunggulan Matamaya YouTube Analytics

Selain dapat membantumu menyusun strategi konten yang beresonansi dengan audience, Matamaya YouTube Analytics memiliki keunggulan dalam menyeleksi influencer untuk kampanye pemasaran bisnis.

Keunggulan Matamaya YouTube Analytics - Matamaya

Untuk kamu yang berencana bekerja dengan influencer, YouTube Analytics yang disediakan Matamaya dapat memberi kamu insights berbeda untuk menginformasikan pilihan influencer untuk memasarkan produk. Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam proses pelaksanaan kampanye influencer marketing karena influencer pilihanmu dapat membuat atau menghancurkan kampanye pemasaran produk.

Dengan Matamaya YouTube Analytics, kamu akan dapat melihat metrik seperti berapa banyak follower yang mereka miliki, berapa tingkat engagement rata-rata mereka, dan dari mana asal follower mereka. Matamaya merupakan alat yang lebih kuat bahkan dapat menunjukkan kepadamu seberapa aman seorang influencer untuk brand berdasarkan sentiment analytics dan wordcloud analytics.

 

Apa itu sentiment analytics dan wordcloud analytics?

Apa itu sentiment analytics dan wordcloud analytics? - Matamaya

Sentiment analytics adalah proses menafsirkan untuk menentukan apakah akun yang kamu tuju mengumpulkan data teks positif, negatif, atau netral. Analytics ini lebih dari sekadar mengumpulkan dan menghitung jumlah mentions, komentar yang datang, atau hashtag yang digunakan influencer dalam akun sosial medianya.

Menganalisis sentimen memberi kamu insights yang lebih dalam tentang sikap, pendapat, dan emosi di balik teks yang digunakan oleh influencer dan audience mereka. Analytics ini dapat memberi tahu kamu apakah postingan yang dikumpulkan  menyebutnya secara positif atau negatif. Ini memberi konteks pada bagaimana audience berinteraksi dan memandang influencer tersebut dalam berinterkasi.

Sementara itu, wordcloud analytics adalah sebuah analisis yang dapat memberikan representasi visual dari data teks yang memudahkan untuk menemukan frekuensi kata kunci dalam badan teks.

Kata apa pun yang disebutkan dalam YouTube channel diwakili dalam word cloud dan ukuran font dan beratnya mewakili frekuensi kemunculan kata itu di badan teks. Wordcloud dapat mengidentifikasi topik dan tren utama, sehingga sangat mudah bagimu untuk menyelidiki, apabila ada tren kata negatif yang digunakan oleh influencer, sehingga kamu dapat membuat keputusan sebelum bertindak.

 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.