Matamaya

Kapan Harus Melakukan Analisis Kompetitor?

Kapan Harus Melakukan Analisis Kompetitor?
13 December 2023
Kapan Harus Melakukan Analisis Kompetitor? - strategi sosial media marketing - Matamaya

Analisis kompetitor menjadi landasan penting bagi kesuksesan bisnis dalam pasar yang kompetitif. Pertanyaannya, kapan sebaiknya analisis kompetitor dilakukan? Jawabannya ada di artikel ini. Yuk, pahami secara menyeluruh. 

 

4 Waktu Penting untuk Melakukan Analisis Kompetitor?

  1. Saat ingin memulai bisnis baru
    Pertama-tama, analisis ini sebaiknya dilakukan saat ingin memulai bisnis baru. Analisis kompetitor di saat seperti ini dapat membantu Anda dalam memahami pasar secara menyeluruh. Informasi ini dapat meliputi bagaimana produk atau layanan kompetitor, cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens, bagaimana audiens mereka menanggapinya, dan lainnya.

    Sebagai hasilnya, Anda akan memahami peta persaingan sehingga bisa memasuki pasar dengan lebih baik. Selain itu, nantinya Anda juga dapat menentukan positioning lebih mudah agar bisa menjadi beda dibanding kompetitor.

  2. Saat ingin mengembangkan produk baru
    Ketika sebuah brand tidak melakukan riset kompetitor dengan cukup baik, mereka mungkin tidak memahami dengan detail produk atau strategi yang sudah ada di pasar. Hal seperti ini bisa mengakibatkan sebuah brand untuk meniru produk atau strategi dari kompetitor tanpa mempertimbangkan konsekuensi atau hak kekayaan intelektual yang terkait.

    Oleh karena itu, analisis kompetitor penting dilakukan saat ingin mengembangkan produk baru. Sebelum Anda mengembangkannya, penting untuk mengetahui produk serupa yang telah ada di pasaran, bagaimana positioning-nya, dan bagaimana respon pasar terhadapnya. Analisis ini memberikan pandangan yang lebih baik tentang bagaimana produk baru dapat diterima oleh audiens.

  3. Saat ingin meningkatkan strategi pemasaran
    Jika Anda ingin meningkatkan strategi pemasaran Anda, analisis kompetitor dapat membantu Anda memahami cara kompetitor Anda memasarkan produk mereka. Dengan menganalisis pesaing, Anda dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari strategi pemasaran mereka.

    Anda dapat mengambil inspirasi dari apa yang berhasil dilakukan oleh kompetitor, serta menghindari kesalahan yang mungkin mereka lakukan. Informasi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi Anda agar lebih efektif dan lebih baik dari kompetitor.

  4. Saat perkembangan bisnis stagnan
    Bisnis Anda mungkin berjalan dengan baik, tetapi tidak ada perkembangan maka inilah saat yang tepat untuk melakukan analisis kompetitor. Dengan mempelajari kompetitor, Anda dapat menemukan peluang baru yang mungkin belum dimanfaatkan oleh kompetitor. Ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk inovasi produk atau layanan yang dapat membantu menggerakkan bisnis Anda agar bisa berkembang.

 

Apakah Harus Menunggu Waktu Tertentu untuk Menganalisis Kompetitor?

Kapan Harus Analisis Kompetitor?

Tidak perlu menunggu waktu tertentu untuk melakukan analisis kompetitor. Sebaiknya, analisis kompetitor dilakukan secara rutin agar Anda tetap memperoleh pemahaman yang terkini mengenai pesaing Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap mengikuti perkembangan kompetitor tanpa kehilangan informasi penting. Secara umum, melakukan analisis kompetitor setidaknya seminggu sekali dapat membantu Anda untuk selalu mendapatkan wawasan terbaru mengenai strategi, produk, atau aktivitas terbaru yang dilakukan oleh pesaing Anda di pasar.

 

Kesimpulan

Jadi, analisis kompetitor sangat penting dan diperlukan dalam banyak proses. Untuk memudahkan Anda dalam menganalisis kompetitor, maka bisa dipertimbangkan untuk menganalisisnya dengan tools. 

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Benchmark Tool dari Matamaya. Matamaya dapat menjawab kebutuhan Anda terkait insight kompetitor yang lebih mendalam dan efisien dari berbagai media sosial. Mulai dari percakapan kompetitor, share of voice, sentimen kompetitor, dan masih banyak lagi.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.