Matamaya

Instagram Analytics: Panduan untuk Mengukur Kinerja Post dan Video

Instagram Analytics: Panduan untuk Mengukur Kinerja Post dan Video
15 March 2022

Apabila dibandingkan dengan platform sosial media lainnya, Instagram memiliki banyak keunggulan yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan yang kamu tawarkan. Tidak hanya pengguna individu yang menyukai fitur-fitur praktis di dalam Instagram, para digital marketer juga sangat menyukai platform ini karena Instagram menawarkan ekosistem yang sangat efisien untuk mempromosikan brand. 

Berdasarkan statistic dari Falcon, 80% pengguna Instagram setidaknya mengikuti satu akun brand bisnis dan 60% diantaranya menggunakan Instagram untuk mencari produk-produk baru yang mereka sukai. Dalam mempromosikan brand di Instagram dan sosial media platform lainnya, kamu perlu mengukur kinerja atau performance strategi marketing yang sudah kamu lakukan guna mengevaluasi secara keseluruhan apakah strategi yang kamu lakukan berhasil atau tidak. Untuk mengevaluasi kinerja strategi marketing kamu melalui Instagram, kamu perlu menggunakan metrik Instagram analytics yang disediakan oleh platform Instagram atau third party yang tentunya memiliki fitur dan analytics yang lebih advance.

Instagram Analytics - Matamaya

 

Pengertian Metrik Instagram Analytics

Metrik Instagram analytics sendiri adalah indikasi kinerja strategi marketing bisnis, dimana dengan metrik tersebut kamu dapat melakukan penyesuaian strategi konten dan pemasaran sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, metrik Instagram analytics adalah kumpulan informasi Instagram yang berguna untuk mengetahui seberapa populer dan menarik konten-konten yang telah kamu post di akun Instagram bisnismu. Untuk melihat apakah konten tersebut dapat membantu kamu mencapai tujuan atau target yang ditetapkan sebelumnya, kamu perlu melihat 7 metrik penting yang dapat kamu jadikan indikator. Berikut 7 metrik utama Instagram analytics yang perlu kamu perhatikan:

  1. Pertambahan follower: metrik pertambahan follower dan banyaknya follower ini pada akhirnya akan memengaruhi metrik Instagram lainnya seperti, reach, view hingga metrik engagement. 
  2. Reach: metrik ini bertujuan memberitahukan tentang seberapa banyak audience yang melihat kontenmu. 
  3. Engagement: metrik ini berguna untuk menginformasikan kesesuaian konten yang kamu buat dengan preferensi audiens dalam niche-mu. Jika kamu memiliki banyak follower namun tingkat keterlibatannya sangat rendah, maka itu dapat mencerminkan bahwa konten tersebut tidak memiliki dampak berarti untuk mendukung pencapaian target-mu.
  4. Performance content: menampilkan metrik total dan pertumbuhan post yang dapat digunakan untuk mengukur keefektifan iklan dalam mendapatkan perhatian audience yang ditargetkan. 
  5. Performance kompetitor: menampilkan insight performance akun Instagram-mu vs kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.
  6. Wordcloud digunakan untuk mengetahui percakapan dominan yang dilakukan oleh brand dan feedback paling banyak yang diberikan oleh followers di halaman Instagram.
  7. Demografi follower: meliputi metrik yang mengelompokkan follower menjadi beberapa kategori, yakni berdasarkan usia, jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis follower berasal.

 

Pengertian Metrik Instagram Analytics - Matamaya

 

Perlu diketahui bahwa penggunaan analytics tidak hanya dilakukan satu kali. Kamu harus terus memantau Instagram analytics insight, karena informasi tersebut menyuguhkan data dasar yang kamu butuhkan untuk meningkatan dampak dan ROI sosial media. Di dalam Instagram analytics, kamu akan menemukan data terkait performance konten, reach, performance kompetitor, demografi followers, hingga engagement yang akan sangat membantumu mengukur kinerja kampanye sosial mediamu. Informasi inilah yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki bagian-bagian yang belum optimal maupun yang berpotensi untuk dioptimalisasi. Untuk dapat mengakses Instagram analytics sangatlah mudah. kamu dapat menggunakan analytics yang disediakan oleh  platform Instagram untuk memulainya. Berikut penjelasannya:

Pertama kamu dapat membuka profil Instagram-mu, dan mengklik ikon garis di pojok kanan atas dan mengarahkan kursor ke fitur “Insights.” Kedua, kamu dapat mengakses Insights melalui tiap postingan. Caranya, kamu hanya perlu membuka konten atau post yang ingin kamu lihat, lalu mengklik “View Insights” yang terletak di bawah postingan. Langkah ini akan memberimu data terperinci tentang unggahan spesifik yang ingin kamu lihat. Ketiga, langkah ini hampir sama dengan cara kedua di mana kamu dapat melihat performance Instagram Storymu. Kamu hanya perlu membuka story yang telah kamu bagikan, lalu klik “Seen By” dan data yang kamu inginkan akan langsung muncul.

 

Matamaya Instagram Analytics

Dengan menggunakan Instagram analytics, kamu dapat memahami kinerja setiap postingan dan akun kamu secara keseluruhan. Ada dua cara utama bagaimana kamu menggunakan Instagram analytics, melalui Instagram analytics gratis seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, yakni melalui in-app analytics yang dimiliki Instagram sendiri atau kamu dapat menggunakan Instagram analytics berbayar untuk memperoleh metrik-metrik yang lebih beragam dan melakukan analisis lanjutan. Skema berbayar dapat kamu peroleh melalui alat analitik Instagram pihak ketiga untuk mengisi kekosongan Instagram analytics gratis, seperti Matamaya. Instagram analytics Matamaya dapat memberikan data secara aktual mengenai performance Instagram kamu untuk membantu mencapai keberhasilan strategi digital marketing dan meningkatkan ROI. Matamaya mempermudah kamu untuk menentukan strategi pemasaran brand dengan data-data yang mudah dipahami yang dapat diunduh ke dalam format XLS atau PPT.

Instagram Analytics - Matamaya

Sumber: https://later.com/blog/instagram-analytics/

 

Fitur Utama Matamaya Instagram Analytics

Matamaya membuat social media monitoring dapat dijangkau dan berharga bagi semua orang. Kamu dapat menggunakannya untuk memperluas insights yang kamu peroleh dari in-app Instagram analytics. Matamaya mengumpulkan inisghts tentang apa yang dikatakan Instagram users tentang brandmu misalnya dapat menganalisis nada percakapan (sentiment), memantau hashtag, dan menyediakan daftar hashtag yang sedang tren untuk membantumu meningkatkan jangkauan Instagram. Yang terpenting, platform ini menawarkan data kualitatif yang dapat digunakan bersamaan dengan data kuantitatif untuk kepentingan analisis yang kamu butuhkan.

Matamaya memiliki fitur unggulan Instagram analytics followers yang dapat memungkinkanmu memahami lebih dalam tentang follower. Di bawah ini akan kami jelaskan sedikit tentang bagaimana fitur follower yang dimiliki oleh Matamaya dapat membantu kampanye pemasaran yang kamu lakukan dengan keputusan berbasis data pemasaran bisnis:

Follower Analytics

Analisis follower Matamaya akan menunjukkan kepada kamu follower teratas, demografi follower, dan follower engagement untuk akun Instagram apa pun yang ingin kamu analisis, termasuk kompetitor dan influencer. Tidak hanya itu, kamu juga akan memperoleh cara agar mendapat lebih banyak followers, memahami fans dengan lebih baik, mengatur konten postingan, dan sebagainya. Namun untuk memperoleh lebih banyak follower, pertama-tama kamu harus memahami satu hal: siapa target audiens utamamu, dan Matamaya memungkinkan untuk mengidentifikasi apakah followersmu saat ini sudah sesuai dengan target audience awalmu atau tidak.

Fitur utama yang disediakan oleh Matamaya untuk mendukung follower analytics adalah sebagai berikut:

  1. Fitur yang menyediakan metrik demografi followers, meliputi pengelompokkan followers berdasarkan usia dan jenis kelamin, likes berdasarkan asal negara followers, likes berdasarkan bahasa yang digunakan followers, serta 10 kota teratas followers berasal.
  2. Statistik tingkat engagement pada periode waktu tertentu, meliputi jumlah posts, total engagement, rata-rata engagement per post, dan video views.
  3. Pelacakan perubahan follower dan analisis follower baru pada basis harian dan bulanan.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.