Matamaya

Inspirasi Ide Kreatif Postingan Campaign Ramadhan

Inspirasi Ide Kreatif Postingan Campaign Ramadhan
08 March 2024
Inspirasi Ide Kreatif Postingan Campaign Ramadhan - strategi sosial media marketing - Matamaya

Pada bulan penuh berkah ini, banyak brand yang berlomba-lomba membuat campaign Ramadan untuk menarik perhatian audiens. Nah, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi ide campaign Ramadan yang kreatif, simak beberapa contoh berikut ini!

 

Manfaat Campaign Ramadan

Campaign Ramadan menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis dan organisasi, tidak hanya meningkatkan brand awareness, tapi juga mempererat hubungan dengan audiens. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari campaign Ramadan:

  1. Meningkatkan brand awareness
    Campaign Ramadan dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness di antara audiens target Anda. Melalui kampanye yang kreatif dan menarik, Anda dapat menarik perhatian audiens yang sedang mencari produk atau layanan yang terkait dengan Ramadan.

  2. Meningkatkan engagement
    Campaign Ramadan yang interaktif juga dapat meningkatkan engagement. Kuis, challenge, dan giveaway yang menarik dapat mendorong audiens untuk berinteraksi dengan brand Anda, 

  3. Memperkuat hubungan dengan audiens
    Campaign Ramadan dapat menjadi kesempatan untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan setia dan membangun hubungan yang lebih personal. Aktivitas seperti program berbagi hadiah dapat meningkatkan loyalitas mereka.

 

Inspirasi Ide Campaign Ramadan

Salah satu campaign Ramadan yang mudah Anda ikuti adlah mengadakan giveaway. Campaign ini pernah dilakukan beberapa brand selama Ramadan. 

  1. YOU Beauty
    Campaign Ramadhan Brand Skincare - Matamaya

    Dengan  misi menyebarkan pesan tentang mencintai diri sendiri, pada Ramadan tahun 2023 salah satu brand skincare lokal, YOU Beauty, pernah membuat campaign #WouldYouLoveYou.

    Campaign ini diaktivasi melalui platform Instagram dengan mengadakan giveaway bagi para partisipan. Cara berpartisipasinya cukup mudah yaitu dengan mengunggah foto dengan pose memeluk diri sendiri.

    Untuk meningkatkan brand awareness, YOU Beauty menyediakan frame khusus yang wajib digunakan peserta. Selain itu, peserta juga perlu menyertakan hashtag #WouldYouLoveYou dalam caption.

  2. Sirup ABC
    Campaign Ramadan Brand Minuman - Matamaya

    Tidak mau kalah, brand minuman manis yang sangat populer di Ramadan, sirup ABC, juga mengadakan campaign serupa. Sirup ABC juga mengajak para ibu menceritakan alasan mereka memilih untuk memakai produk ABC selama Ramadan.

    Para ibu bisa memasukkan submisi foto sebanyak-banyaknya agar kesempatan menang lebih besar. Partisipasi yang berhasil memenangkan campaign ini akan mendapatkan THR eWallet. Menarik, ya?

  3. OPPO
    Campaign Ramadhan Brand Smartphone - Matamaya

    Campaign Ramadan tidak hanya diramaikan oleh brand dari industri kecantikan, makanan ataupun minuman, tapi juga diikuti oleh brand dari industri gadget. Dalam campaign #GakAdaYangKelewat, OPPO berupaya mendorong audiens untuk menggunakan smartphone mereka untuk mengabadikan setiap momen Ramadan.

    Sama seperti campaign Ramadan brand di atas, OPPO juga mengajak audiens untuk mengunggah foto mereka. Namun, OPPO ingin para partisipasi menunjukkan momen kebersamaan bersama teman atau keluarga.

 

Yuk, Pantau Campaign Ramadan Anda dengan Matamaya!

Mengadakan campaign Ramadan seperti giveaway pada contoh ide di atas dapat membantu bisnis untuk meningkatkan brand awareness, engagement, dan memperkuat hubungan dengan audiens. Terapkan ide-ide di atas sebagai ide campaign di Instagram ataupun media sosial lainnya.

Lalu, monitoring performa dari giveaway yang Anda jalankan di Activity analytics dari Matamaya. Melalui fitur ini, Anda dapat:

  1. Membandingkan performa submisi dan partisipan kuis harian dengan KPI yang Anda telah tetapkan di tiap media sosial. secara harian.
  2. Membandingkan  performa media sosial dari sebelum dan sampai setelah kuis sehingga efektivitas giveaway bisa diketahui dengan jelas.
  3. Memantau berbagai mekanisme activity di berbagai platform media sosial.

Yuk, daftar sekarang untuk monitoring performa giveaway yang lebih mudah!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.