Matamaya

Fitur Matamaya Facebook Analytics dan Pentingnya Facebook Analytics Course untuk Menunjang Bisnis

Fitur Matamaya Facebook Analytics dan Pentingnya Facebook Analytics Course untuk Menunjang Bisnis
21 February 2022

Dengan pengambilan data yang semakin penting dalam bisnis modern, tidak ada pemasaran di media sosial yang berjalan tanpa menggunakan fitur analitik. Dari YouTube hingga Twitter dan Instagram, hampir setiap platform di luar sana didukung oleh analytics tool terintegrasi yang disediakan oleh partai ketiga. Sebagai platform terpopuler, Facebook tentu tidak berbeda. 

Dengan pengambilan data yang semakin penting dalam bisnis modern, tidak ada pemasaran di media sosial yang berjalan tanpa menggunakan fitur analitik. Dari YouTube hingga Twitter dan Instagram, hampir setiap platform di luar sana didukung oleh analytics tool terintegrasi yang disediakan oleh partai ketiga. Sebagai platform terpopuler, Facebook tentu tidak berbeda. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis di media sosial, dengan hadir di platform media sosial paling populer tentu saja tidak cukup. Kamu memerlukan konsistensi dalam memposting dan mengetahui bagaimana kontenmu dapat berkinerja dengan baik sehingga diminati oleh lebih banyak audiens. Dan di sinilah Facebook analytics masuk.

 

Apa itu Facebook Analytics?

Sederhananya, Facebook analytics adalah fitur analisis yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai metrik terkait postingan dan audiens, dan banyak lagi. Facebook analytics dapat mengubah data yang diperolehnya menjadi laporan yang memiliki informasi yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan apa yang ingin kamu optimalkan dan strategi pemasaran Facebook yang ingin kamu tingkatkan.

Sama seperti analytics pada platform lainnya, Facebook analytics dapat mengukur banyak data yang diperlukan oleh bisnis, meliputi page views, peak traffic times, demografi pengunjung, dan banyak lagi. Namun, untuk membedakan dirinya dengan analytics platform lain, Facebook analytics menawarkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana iklan Facebook dan halaman Facebook dapat mempengaruhi bisnis. Kami memiliki beberapa contoh Facebook analytics case study yang dapat kamu pelajari untuk dapat memahami lebih jauh tentang bagaimana analytics ini bermanfaat untuk bisnis, berikut salah satunya:

GoPro

GoPro memiliki jumlah page likes berkisar 10 juta. Saat kamu mengunjungi halaman Facebook GoPro, kamu akan bertemu dengan video dan gambar yang meneriakkan petualangan, aksi, dan adrenalin, seperti melakukan pendakian gunung, terjun dari pesawat terbang, berselancar, atau melakukan flip 360 derajat ke belakang dengan sepeda gunung, semua diperoleh dengan kamera yang diikatkan ke kepala mereka.

Feedback yang mereka peroleh dari analytics telah dipenuhi, dan berhasil. Mereka mampu menghasilkan keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan hampir setiap konten yang mereka hasilkan karena mereka tahu siapa target audiens mereka, dan sebagai hasilnya, mengetahui konten apa yang sesuai atau beresonansi dengan mereka.

Kamu akan jarang melihat halaman GoPro memposting gambar atau video apa pun yang menampilkan kamera aksi mereka yang sangat populer. Mereka tidak terhubung dengan penggunanya melalui produk mereka, namun sebaliknya, mereka terhubung dengan penggunanya melalui lifestyle yang dimungkinkan oleh produk mereka. 

Strategi pemasaran unik GoPro memungkinkan perusahaan untuk menarik perhatian target pasar dan menunjukkan apa artinya menjadi bagian dari komunitas GoPro. Selain itu, sebagian besar konten mereka dibuat oleh pengguna. Dengan menggunakan hashtag tertentu, seperti #GoProMillionDollarChallenge, pengguna dapat menandai video mereka dengan tagar tersebut dan menampilkannya di halaman perusahaan. Khusus untuk #GoProMillionDollarChallenge, pengguna telah mengunggah lebih dari 42.000 video selama empat bulan. Dan tentu saja, ini adalah bentuk keterlibatan yang sangat diidam-idamkan.

 

Matamaya Facebook Analytics Tools

Facebook Analytics - Matamaya

 

Memilih analytics tools yang tepat merupakan pekerjaan tersendiri bagi sebuah bisnis selain dapat menganalisis data atau matrik yang kamu peroleh dari analytics tools yang disediakan, karena tidak semua tools menyediakan metrik yang dibutuhkan atau sekedar memiliki Facebook analytics dashboard yang mudah dibaca.

Matamaya memiliki keduanya. Sebagai sebuah social media management tool Indonesia, Matamaya menawarkan berbagai metrik yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis kinerja halaman Facebook dan menampilkannya ke dalam tampilan statistik yang mudah diinterpretasi bagi pengguna. Metrik utama yang dimiliki oleh Matamaya Facebook analytics meliputi engagement, reach, like, impression, hashtag, sentimen, analisis kompetitor dan percakapan audience. Tidak hanya itu, Matamaya Facebook Analytics juga menyediakan analisis tampilan halaman, waktu puncak traffic, demografi pengunjung, dan data-data penting lainnya yang dapat membantumu mencapai tujuan bisnis serta mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dimana dan bagaimana orang berinteraksi dengan bisnismu.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut deskripsi fitur-fitur yang dapat kamu temukan dalam Matamaya Facebook analytics secara rinci:

  1. Fitur fans tidak hanya menampilkan total dan pertumbuhan fans, melainkan juga total dan pertumbuhan fans baru dan fans yang berhenti menyukai halaman Facebook-mu.
  2. Tab reach meliputi rata-rata total dan pertumbuhan rata-rata reach, organic reach, paid reach, total dan pertumbuhan impressions, organic impressions, dan paid impressions pada periode waktu tertentu.
  3. Fitur engagement meliputi metrik total dan pertumbuhan engagement, engagement rate per post, share rate, video views, engagement time dan analisis sentimen pada komentar yang diberikan audience di halaman Facebook-mu.
  4. Fitur content menampilkan matrik total dan pertumbuhan post pada periode waktu tertentu, total dan pertumbuhan engagement, serta pertumbuhan rata-rata engagement. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar, baik yang organik maupun berbayar.
  5. Fitur benchmark merupakan Facebook analytics competitors yang digunakan untuk mengetahui perkembangan kompetitor bisnis dengan menampilkan insight performance halaman Facebook-mu vs kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan fans, posts, engagement dan engagement per post dari masing-masing halaman Facebook.
  6. Fitur word cloud merupakan fitur yang digunakan untuk mengetahui percakapan dominan yang dilakukan oleh brand dan feedback paling banyak yang dilakukan fans di halaman Facebook. Fitur ini juga dapat digunakan untuk disable kata-kata tertentu dari seluruh percakapan yang terjadi di halaman Facebook-mu.
  7. Fitur demografi meliputi metrik yang menjelaskan demografi fans meliputi usia yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, perbandingan jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis fans berasal.

 

Facebook Analytics - Matamaya

 

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, selain menentukan tools yang tepat untuk analisis kinerja strategi pemasaran, brand perlu secara handal menganalisis metrik yang tersedia menjadi berbagai insights yang diperlukan untuk mendukung kemajuan bisnis. Untuk dapat memperoleh analytics skills yang dibutuhkan, kamu dapat memanfaatkan pelatihan atau course yang tersedia untuk umum secara daring. Berikut salah satu referensi Facebook analytics course yang dapat kamu pertimbangkan:

 

 

NoticaBard Facebook Analytics Course

Facebook Analytics - Matamaya

Source: https://k2web.in/

 

NoticeBard menyediakan program sertifikat profesional yang dirancang untuk siapa saja yang ingin memperoleh keterampilan teknis yang dibutuhkan sebagai marketing analyst atau market researcher dengan lebih baik. Kamu tidak perlu membutuhkan pengalaman tertentu agar dapat mengikuti program ini.

 

NoticeBard facebook analytics course dikembangkan oleh pakar analisis pemasaran bersama dengan Facebook marketers, sehingga disini mereka memiliki kurikulum yang relevan dengan industri ditujukan untuk mempersiapkan pekerjaan yang mencakup marketing analyst, market researcher, dan banyak lagi. Program ini memberikan pengenalan prinsip-prinsip pemasaran dasar, mempelajari bagaimana data menginformasikan keputusan pemasaran, dan bagaimana kamu dapat menerapkan kerangka kerja analisis data untuk mendekati pertanyaan analitik umum.

 

Selain itu, dengan melakukan Facebook analytics course kamu akan belajar cara menggunakan alat analisis penting seperti Python dan SQL untuk membantumu mengumpulkan, menghubungkan, dan menganalisis data yang relevan juga metode statistik umum yang digunakan marketer untuk melakukan segmentasi audiens, mengevaluasi hasil kampanye, dan mengevaluasi channel penjualan. Setelah berhasil menyelesaikan program, kamu akan mendapatkan Facebook analytics certification dari Facebook dan Coursera.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.