Matamaya

Cara Menggunakan YouTube Analytics dan Menganalisis Kompetitor

Cara Menggunakan YouTube Analytics dan Menganalisis Kompetitor
14 October 2022
Cara Menggunakan YouTube Analytics dan Menganalisis Kompetitor - strategi sosial media marketing - Matamaya

Bagi para pebisnis, tidak hanya diperlukan kemampuan kreatif dalam mengemas konten YouTube. Namun, kemampuan untuk mengenal audiens juga perlu dimiliki. Pemahaman tentang audiens ini akan mudah kamu dapatkan jika secara konsisten melakukan YouTube analytics. 

Di samping itu, kamu dituntut pula untuk mengetahui pertumbuhan kompetitor guna mempercepat pertumbuhan channel YouTube kamu. Semua informasi itu bisa didapatkan melalui Youtube analytics. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara melakukan YouTube analytics dan mengetahui langkah strategis dalam melakukan analisis kompetitor di YouTube.

 

Apa itu Youtube Creator Studio?

YouTube Creator Studio (atau YouTube Studio) adalah fitur bawaan yang disediakan YouTube untuk mengatur dan memantau performa video. Melalui fitur inilah, kamu dapat melacak kinerja video, memahami perilaku audiens, dan memantau pertumbuhan channel.

Selain itu, YouTube Creator Studio memungkinkan kamu untuk mengelola konten video, menanggapi komentar, dan mengkonfigurasi pengaturan monetisasi. Kamu pun dapat melakukan beberapa pengeditan dasar pada video yang telah diunggah seperti memperbarui thumbnail, judul, dan deskripsi.

YouTube Creator Studio - Matamaya

Terdapat sejumlah menu di Youtube Creator Studio yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai informasi yang ingin diperoleh. Berikut rincian menu yang bisa membantumu dalam mengelola channel YouTube:

  • Dashboard: menggambarkan aktivitas yang terjadi selama 28 hari terakhir secara ringkas seperti total subscribers, jumlah penayangan, dan top video.
  • Konten: menyajikan analitik video dan live.
  • Playlist: menampilkan playlists yang sudah kamu buat.
  • Analytics: mengetahui rincian analitik channel dan video.
  • Komentar: memantau komentar dan mention di video.
  • Subtitle: menambahkan ataupun mengedit subtitle atau terjemahan.
  • Monetisasi: mengelola monetisasi.
  • Kustomisasi: mengatur layout, branding, dan info dasar channel.
  • Koleksi Audio: mendapatkan musik dan efek suara secara gratis.

 

Cara Menggunakan Youtube Analytics Creator Studio

YouTube Analytics Creator Studio - Matamaya

Jika kamu hanya ingin menganalisa performa YouTube, kamu bisa langsung memilih menu “Analytics” dalam Youtube Creator Studio. Berikut cara menggunakan Youtube Analytics Creator Studio:

  1. Login ke YouTube
  2. Klik foto profil akun kamu di pojok kanan atas 
  3. Pilih YouTube Studio
  4. Klik menu Analytics di menu sebelah sisi kiri
  5. Hasil analitik YouTube kamu akan muncul

Pada menu Analytics ini, kamu akan dapat melihat overview channel YouTube, engagement konten, perkembangan jumlah viewer atau subscriber, demografi viewers, serta riset video yang sering dicari oleh viewers. Kamu juga dapat melihat rata-rata waktu tonton, pelanggan channel, dan total pendapatan yang kamu dapatkan. 

Namun, YouTube Analytics Studio secara teknis tidak dapat melihat YouTube analytics competitor atau channel lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tools di luar Youtube untuk mengetahui perkembangan dan performa channel kompetitor.

 

Cara Mengetahui YouTube Analytics Competitor

Memiliki akses ke YouTube analytics competitor tentunya dapat lebih membantu kamu dalam mengembangkan channel YouTube dan bisnis. Kamu dapat mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan video, cara meningkatkan keterlibatan audiens, dan minat audiens dengan melihat YouTube analytics competitor.

Dengan demikian, kamu perlu mempersiapkan beberapa langkah strategis dalam melakukan analisis kompetitor di YouTube. Di bawah ini merupakan langkah yang bisa kamu terapkan:

  1. Identifikasi Kompetitor
    Langkah pertama adalah mengumpulkan bisnis yang produk atau layanannya memiliki kesamaan maupun kemiripan denganmu. Contohnya dalam bisnis fashion, kamu dan kompetitor menawarkan hijab dengan bahan atau motif yang berbeda. Kamu bisa memasukkan  mereka dalam daftar kompetitor.

    Setelah itu, identifikasi target pasar kompetitor. Meski jenis produk yang ditawarkan sama, bisa jadi target pasar mereka berbeda dengan bisnismu. Untuk memudahkanmu selanjutnya dalam analisis, kerucutkan kembali kompetitor tersebut berdasarkan keaktifan postingan dan jumlah subscriber di YouTube. Tentukan setidaknya 5-10 akun untuk dianalisis lebih lanjut.

  2. Analisis Strategi Kompetitor
    Setelah kamu menentukan kompetitor yang paling berat, maka kamu bisa langsung melakukan content analysis pada masing-masing channel mereka. Amati topik konten yang dibahas dan identifikasi topik konten yang mengundang keterlibatan audiens paling banyak maupun tidak.

    Selain mengunggah video, YouTube juga menyediakan fitur live streaming. Nah, perhatikan pula aktivitas mereka seperti live streaming, giveaway, endorse influencer dan lainnya di YouTube. Lihat strategi konten YouTube mereka dan bandingkan dengan yang sudah kamu lakukan.

  3. Analisis Engagement Kompetitor
    Analisis engagement ini penting dilakukan untuk mengetahui performa video pesaing kamu. Metrik yang dapat kamu gunakan adalah jumlah like dan dislike  pada setiap konten yang mereka diunggah. Kamu juga perlu mengamati jumlah komentar serta respons positif maupun negatif.

    Apabila kamu memahami respon audiens di channel kompetitor, hal ini dapat membantumu dalam mengetahui konten yang diinginkan audiens. Kamu pun bisa memiliki gambaran untuk meningkatkan strategi konten yang ada saat ini.

  4. Analisis Aktivitas Kompetitor
    Setelah mengetahui respon audiens, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan cara kompetitor dalam menanggapinya. Lihat bagaimana kompetitor menanggapi komentar positif maupun positif.

    Apakah hanya komentar yang positif yang mereka tanggapi? Bagaimana mereka membalas komentar negatif? Selanjutnya, bagaimana respon balik audiens? Perhatikan pula gaya komunikasi atau tone yang kompetitor gunakan dan bandingkan segi keefektifan komunikasinya dengan yang bisnis kamu gunakan.

Mengingat banyak hal yang harus kamu analisis dalam YouTube analytics competitor, langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas kemungkinan tidak akan sanggup kamu lakukan dengan cepat. Kamu perlu mendedikasikan waktu tersendiri untuk melakukannya, terlebih jika jumlah tim terbatas. Bagaimana pun hal ini tetap perlu kamu lakukan karena akan berdampak positif bagi pertumbuhan akun YouTube bisnis kamu.

YouTube Analytics Competitor - Matamaya

Oleh karena itu, keberadaan tools untuk melakukan YouTube analytics competitor akan sangat kamu perlukan. Matamaya sebagai tools social media monitoring dapat kamu gunakan untuk mengetahui performa kompetitor yang tidak bisa kamu dapatkan jika melalui YouTube Analytics Studio.

Matamaya menyajikan fitur “Benchmark” yang dapat langsung memantau YouTube analytics competitor secara cepat dan akurat. Sejumlah metrik penting seperti perkembangan subscribers, jumlah postingan, engagement total maupun engagement per postingan dapat kamu lihat melalui visualisasi data yang menarik.

Bahkan, kamu bisa menganalisis performa kompetitor dengan lebih rinci melalui perbandingan likes, dislikes, comments, dan video views.  Kamu juga bisa mengetahui langsung video yang memperoleh engagement tertinggi di setiap metrik-nya. Melalui hal ini akan terlihat kemajuan akun YouTube antara milikmu dan kompetitor.

Apabila kamu sudah bisa menganalisisnya dengan cepat maka kamu akan lebih cepat pula untuk menyesuaikan konten YouTube bisnismu dengan minat audiens. Dengan begitu, kamu dapat mendatangkan calon konsumen lebih banyak dan tertarget melalui platform YouTube.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.