Matamaya

Cara Membaca Twitter Analytics bagi Pemula

Cara Membaca Twitter Analytics bagi Pemula
15 March 2022
Cara Membaca Twitter Analytics bagi Pemula - strategi sosial media marketing - Matamaya

Sosial media adalah metode yang berguna bagi brand untuk meningkatkan pemasaran. Twitter merupakan salah satu opsi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pemasaran di sosial media, tetapi kadang-kadang bisa menjadi sedikit rumit saat mencoba mencari tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dalam artikel ini, kami akan membagikan informasi analisis dan alat yang dapat kamu manfaatkan untuk membantu meneliti dan memeriksa kinerja akun Twitter bisnismu. 

Secara umum, Twitter analytics adalah alat analisis yang memungkinkan kamu mengukur dan meningkatkan kehadiranmu di platform. Data dan informasi yang kamu dapat dari Twitter analytics bisa membantu kamu mengukur dan menganalisis lebih jauh perkembangan strategi bisnis dan segala hal yang terjadi di Twitter. Dengan data dan informasi tersebut, kamu dapat mengambil dan memutuskan tindakan apa yang tepat untuk meningkatkan kinerja kampanye-mu agar dapat menjangkau audience yang lebih luas dan engagement yang lebih banyak. Kamu juga dapat mengetahui demografi followersmu, total orang atau pengguna Twitter yang meng-klik profil bisnismu, dan sekaligus mengetahui berapa banyak pengguna Twitter yang melihat postingan konten pada laman Twitter kamu.

 

Lalu, bagaimana cara membaca Twitter analytics?

cara membaca Twitter analytics - Matamaya

(source : https://blog.hootsuite.com/wp-content/uploads/2021/12/twitter-analytics3.jpg)

 

Cara membaca Twitter analytics cukup mudah. Bagi kamu yang baru memulai, kamu dapat mencoba analytics yang disediakan oleh platform Twitter sendiri. Kamu hanya perlu membuka dashboard dan memastikan sudah login pada akun Twitter bisnis. Secara default tampilan layar akan memberikan ringkasan informasi dalam periode waktu 28 hari. Periode waktu ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dalam laman ini, kamu akan mendapatkan beberapa parameter yang dapat kamu jadikan referensi untuk mengembangkan strategi pemasaran bisnis kamu kedepannya. 

Adapun panduan untuk membaca Twitter analytics agar kamu tidak kebingungan adalah:

  1. Setelah kamu berada di halaman home, kamu dapat melihat beberapa data terkait jumlah tweet, jumlah tayangan, profile visits, dan pertumbuhan jumlah followers pada basis bulanan. Kamu juga dapat mengetahui tweet terbaik per bulannya.
  2. Lanjut ke menu tweet, kamu akan diberikan analitik mengenai tweet yang pernah kamu post sebelumnya. Disana kamu dapat mengubah periode tweet yang ingin dilihat, kamu dapat melihat analitik per tweet meliputi jumlah kunjungan, dan engagement.
  3. Lanjut ke menu more, kamu akan mendapatkan data analitik terkait berbagai format content yang kamu upload mulai dari jumlah tayangan per content, engagement dan hal-hal lain.

 

Twitter analytics - Matamaya

Sumber: https://www.searchenginejournal.com/twitter-analytics-launches/33503/

Jika kamu adalah seorang pemula, maka menggunakan Twitter analytics bisa saja menjadi hal yang membingungkan, meskipun sebenarnya cukup mudah. Memang semua pemasaran bisnis di sosial media, termasuk Twitter, harus selaras dengan tujuan bisnis kamu. Jika tidak, kamu tidak dapat menghubungkan upaya yang kamu lakukan dengan hasil yang diinginkan, seperti peningkatan laba atau engagement dari audiens. Jadi memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Twitter analytics untuk pemula.

Bagi seorang marketer pemula, perlu untuk memperhatikan jangkauan postingan, kapan waktu terbaik untuk memposting konten, dan style tweet seperti apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan engagement audiens. Kamu harus memastikan tweetmu menarik perhatian. Tanpa pertimbangan ini, maka akan sulit untuk membangun hubungan sebab-akibat langsung antara pemasaran yang kamu lakukan dan pencapaian dari tujuan bisnismu.

Membaca Twitter analytics cukup mudah, tapi terkadang, karena banyaknya data dan informasi serta ketidaktahuan dalam memilih strategi marketing yang tepat, kamu menjadi kurang memahami apa yang harus dilakukan dengan data yang kamu punya. Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan analytics tool yang disediakan oleh third party untuk membantu dalam interpretasi analytics. Kamu dapat menggunakan Twitter analytics yang disediakan oleh Matamaya agar dapat mengetahui cara yang paling sesuai untuk kebutuhan promosi brand bisnismu dan langsung mempraktekannya. Matamaya akan memberikan hasil analisis konten pemasaran brand-mu dan juga membantu memantau performance secara keseluruhan aktivitas digital campaign di seluruh platform sosial media dengan pelaporan yang cepat dan tepat. 

Data-data yang dianalisis oleh Matamaya dijamin sangat akurat dan lebih beragam dibandingkan analytics yang disediakan oleh platform Twitter dan beberapa analytics tools lainnya sehingga kamu dapat meningkatkan engagement dan distribusi konten secara tepat, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan rasio konversi. 

Keunggulan yang dimiliki oleh Matamaya adalah platform ini memiliki fitur content analytics, di mana kamu dapat langsung mengakses data seperti total volume pencarian, halaman atau konten dengan kata kunci, dan perkiraan jumlah kunjungan ke halaman atau konten yang memiliki kata kunci tersebut. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh Matamaya adalah seluruh informasi mengenai data yang kamu butuhkan akan disajikan dalam bentuk visual dan grafik yang mudah untuk dibaca. Matamaya memiliki dua analisis unggulan pada Twitter analytics, yakni Twitter follower analytics dan Twitter competitor analytics Untuk dapat mempertimbangkannya lebih lanjut, kami akan memberikan secara rinci informasi mengenai kedua analytics unggulan tersebut.

 

Matamaya Twitter Follower Analytics

Matamaya Twitter Follower Analytics - Matamaya

Follower analytics merupakan bagian penting dari strategi pemasaran di sosial media. Matamaya menyediakan statistik terukur yang memungkinkanmu untuk menganalisis follower dengan akun Twitter bersifat publik. Dari metrik yang disediakan fitur follower analytics, kamu dapat mengetahui engagement, hashtag populer, dan percakapan dominan yang dilakukan oleh brand dan follower serta feedback yang diberikan follower.

Berikut metrik yang tersedia dalam Matamaya Twitter Analytics untuk mendukung analisis follower:

  1. Fans (follower) menampilkan total dan pertumbuhan follower akun Twitter.
  2. Engagement yang digunakan untuk mengetahui keterlibatan/ keaktifan follower, meliputi metrik total dan pertumbuhan post dan engagement.
  3. Wordcloud merupakan fitur yang digunakan untuk mengetahui percakapan dominan yang dilakukan oleh brand dan followers serta feedback yang diberikan followers di halaman Twitter.

 

Matamaya Twitter Competitor Analytics

Melakukan analisis menyeluruh terkait kompetitor sangat penting untuk mengidentifikasi siapa kompetitor langsung maupun tidak langsung bagi brand-mu. Untuk menganalisis kompetitor, kamu perlu melacak kinerja mereka guna mengetahui posisi kompetitif-mu dan dapat membangun strategi konten yang lebih baik.

Matamaya akan membantumu memilih kompetitor yang dapat kamu jadikan tolak ukur kinerja konten, namun tentunya pemilihan ini bukan sembarang. Matamaya memiliki berbagai metrik yang dapat kamu gunakan untuk dapat mengidentifikasi dan mengetahui perkembangan kompetitor yang potensial. Metrik yang kamu perlukan tersedia pada tab benchmark yang menampilkan insight performance halaman Twittermu vs kompetitor, meliputi metrik total dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.