Matamaya

Cara Membaca TikTok Analytics

Cara Membaca TikTok Analytics
10 November 2022
Cara Membaca TikTok Analytics - strategi sosial media marketing - Matamaya

Untuk meningkatkan followers TikTok  tidak cukup dengan menggunakan strategi yang tepat. Namun, perlu juga untukmu memahami TikTok analytics. Hal tersebut karena melalui data itulah kamu akan mengetahui jenis video yang disukai audiens dan perkembangan akunmu. 

Terdapat berbagai data TikTok analytics yang tersaji dan bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan strategi media sosialmu. Kamu tidak perlu khawatir kesulitan dalam membacanya. Dalam artikel ini kamu akan dipandu mengenai cara membaca TikTok analytics . Namun, terlebih dahulu kita akan membahas tentang strategi menambah followers.

 

Cara Menambah Followers TikTok Secara Organik

Berkat algoritma TikTok yang berdasarkan preferensi minat audiens, tentunya hal ini memudahkanmu untuk mendapatkan followers secara organik. Tidak perlu membeli followers maupun melakukan strategi follow-unfollow karena dengan konsisten membuat konten yang menarik maka followers-mu berpotensi untuk meningkat. Berikut merupakan cara menambah followers TikTok yang layak kamu praktikkan:

  1. Mengadakan Live
    Berbeda dengan media sosial lainnya, TikTok memiliki persyaratan bisa menggunakan fitur “LIVE”. Kamu harus berusia di atas 18 tahun dan punya minimal 1.000 followers terlebih dahulu agar bisa siaran langsung. 

    Meskipun begitu, selanjutnya kamu akan dimudahkan mendapatkan followers jika mengadakan live. Hal ini karena algoritma live sama seperti dengan mengunggah konten video biasa, siaran langsungmu akan ditampilkan di halaman “For You”. Dengan hal ini, kamu bisa memperoleh followers dari orang-orang yang menemukan live kamu di halaman “For You”.
    Cara Live di Tiktok - Matamaya
    Kamu juga tak perlu khawatir karena cara live di TikTok terbilang cukup mudah. Cukup bermodalkan handphone, kamu sudah dapat melakukan siaran langsung. Berikut cara  live di Tiktok menggunakan handphone yang dapat kamu coba:
    a. Buka Aplikasi TikTok
    b. Klik tanda plus “+”
    c. Klik “ LIVE”
    d. Klik “Tombol GO LIVE”

    Pada fitur “LIVE” juga terdapat Flip Camera untuk mengganti kamera depan/belakang, menambahkan moderator, dan menambahkan efek yang bisa kamu gunakan supaya tampilan siaran langsung lebih menarik. Selain itu, ada fitur “Gift” yang dapat digunakan penonton untuk memberikanmu apresiasi langsung yaitu berupa diamond, rose, dan confetti dalam bentuk virtual yang bisa kamu uangkan setelah live berlangsung.

  2. Mengikuti tren
    Tak bisa dimungkiri, saat ini banyak tren menjamur yang berasal dari konten TikTok. Trennya pun sangat beragam seperti hashtag, musik, meme, istilah kekinian, makanan, dance cover, dan lainnya. 

    Kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kesempatan masuk ke halaman “For You” dan mendapatkan followers dari tren tersebut. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan tren yang sesuai dengan persona dari brand dan audiensmu.

  3. Membuat konten yang menarik
    Terdapat keunikan antara konten TikTok dibandingkan dengan konten platform media sosial lainnya. Pada TikTok, audiens cenderung menyukai konten yang bersifat ringan, menghibur, dan unik. 

    Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan konten edukasi di TikTok. Jika kamu membuat konten edukasi itu akan menjadi nilai tambah bagimu. Ditambah lagi dengan editing yang mumpuni akan membuat kontenmu lebih menarik.

  4. Kolaborasi dengan kreator lain
    TikTok telah memfasilitasi para kreator untuk saling berkolaborasi secara mudah seperti menyediakan fitur “Duet” atau “Stitch”. Selain itu, kamu juga bisa bekerjasama untuk membuat konten secara langsung dan menandai akun satu sama lain. Dengan begitu, eksposur akunmu akan meningkat dan berkesempatan untuk menarik followers lebih banyak.

Cara Membaca TikTok Analytics

Selanjutnya, kamu perlu memahami tentang cara membaca TikTok analytics. Hal ini karena dengan mengetahui TikTok analytics, kamu akan memahami audiensmu lebih dalam untuk pengoptimalan strategi menambah followers TikTok. Sebagai gambarannya, kamu dapat menyimak cara membaca TikTok analytics berikut:

Cara Membaca TikTok Analytics Analisis Video - Matamaya

Pada tab “Analisis Video”, kamu bisa melihat performa videomu berdasarkan durasi, tingkat retensi, dan sumber penonton berasal.  Tingkat retensi bisa kamu gunakan untuk melihat grafik penurunan penonton di setiap detik video-mu. 

Pada contoh grafik di atas terlihat bahwa dari total durasi video 15.09 detik hanya 22% penonton yang menonton video sampai detik ke-7 dan 10.96% menontonnya sampai selesai. Melalui data inilah, kamu akan lebih mudah menganalisa durasi yang ideal untuk konten TikTok-mu dan memahami perilaku audiens.

Cara Membaca TikTok Analytics Pengikut - Matamaya

Dalam tab “Pengikut”, kamu bisa melihat pertambahan maupun penurunan jumlah pengikut sesuai tanggal videomu diunggah. Selain itu, persentase gender beserta lokasi teratas pengikutmu juga bisa kamu lihat dalam tab ini. 

Berdasarkan contoh grafik di atas terlihat bahwa pada periode 9 Oktober-5 November 2022 tidak terjadi peningkatan pertumbuhan pengikut. Hal ini karena peningkatan jumlah pengikut yang ada sebanding dengan penurunannya.

Cara Membaca TikTok Analytics Keterlibatan - Matamaya

Selanjutnya, dalam tab “Keterlibatan”, kamu dapat melihat grafik tayangan video dan tampilan profil. Menariknya lagi, kamu bisa melihat grafik jumlah suka, komentar, dan bagikan pada periode waktu tertentu yang mungkin tidak kamu dapatkan di platform media sosial lainnya. 

Contohnya pada akun TikTok di atas, jumlah penayangan paling banyak terjadi di tanggal 24 Oktober dan diikuti dengan jumlah tampilan profil serta jumlah suka yang banyak pula. Konten terbanyak inilah yang bisa menjadi acuan untuk strategi konten berikutnya.

Cara Membaca TikTok Analytics Dashboard Matamaya - Matamaya

Agar  TikTok analytics kamu lebih mendalam, kamu bisa menggunakan tools dari Matamaya. Kamu dapat langsung melihat detail perbandingan performa pada tiap konten melalui fitur “Benchmark”.  Detail performa tersebut meliputi daily growth followers, likes, comments, share, dan video views. 

Setelah kamu mengetahui detail performa tersebut, kamu tidak perlu repot untuk mengkategorikan konten yang rendah ataupun tinggi performanya melalui Matamaya. Matamaya dapat langsung menampilkan data tersebut melalui fitur “Content Highlight”.

Lebih menariknya lagi, kamu dapat mengunduh laporan melalui format Ms. PowerPoint dan Ms. Excel. Dengan ini, kamu akan lebih mudah dalam menganalisisnya karena semua metrik penting yang kamu butuhkan telah disajikan dalam file laporan tersebut. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk membuat laporan TikTok analytics dengan menggunakan Matamaya.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.