Matamaya

Apa Itu Social Media Listening, Mengapa Itu Penting untuk Bisnis, dan Satu Tool yang Akan Memudahkan Segalanya

Apa Itu Social Media Listening, Mengapa Itu Penting untuk Bisnis, dan Satu Tool yang Akan Memudahkan Segalanya
01 April 2022

Pada satu titik, banyak dari marketer B2B merasa bersalah karena menulis konten tanpa terlebih dahulu melakukan social listening untuk mendengarkan audience mereka. Pada saat platform social media merupakan tujuan pertama yang dikunjungi customer ketika mempertimbangkan suatu produk, social media listening adalah upaya pengawasan utama karena semakin banyak customer lebih memilih untuk mengunjungi platform social media atau blog online untuk membentuk opini mereka tentang suatu produk atau layanan.

Hal ini berakibat, memantau, mempelajari, dan memahami apa yang dikatakan audience tentang brand, pesaing, dan industri-mu melalui social listening memainkan peran penting untuk kemajuan bisnis-mu secara keseluruhan. Menurut laporan dari Exact Target's 2014, sebanyak 60% marketer menggunakan strategi social listening pada tahun sebelumnya, sementara 40% lainnya mengesampingkan hal ini karena jumlah informasi yang ada di luar sana sangatlah besar. Mungkin marketer mengalami kesulitan untuk menyelami dan memisahkan informasi yang mereka butuhkan, kecuali jika kamu menggunakan alat otomatisasi social media monitoring dan listening yang hebat yang dapat memudahkan-mu melakukan hal tersebut.

mengapa social media listening begitu penting? - Matamaya

Lalu, mengapa social media listening begitu penting? Ada beberapa manfaat social media listening tools untuk bisnis, yang dapat kamu simak pada artikel ini, yakni:

  1. Mendapatkan Keunggulan dalam KompetisiKamu dapat mengatur pelacakan kata kunci untuk memantau semua mention yang terkait dengan produk dan layanan-mu. Namun, kamu perlu memastikan telah mencantumkan variasi nama produk-mu, serta kesalahan ejaan yang umum. Kamu mungkin menemukan bahwa audience mengeluh tentang produk kompetitor atau layanan customer, dan kamu dapat mengambil kesempatan ini untuk turun tangan dan meminta audience menjelaskan kekurangan apa yang mereka temukan. Dari sana, kamu dapat menunjukkan kepada mereka bahwa brandmu lebih unggul dari kompetitor dan kamu ada untuk mereka. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan menemukan customer yang melihat bahwa brand-mu peduli dan itu dapat membuat bisnis-mu lebih menarik bagi calon customer.

  2. Mengidentifikasi Influencer
    Mencari tahu siapa yang memberikan informasi produk-mu dan menyebarkan berita positif yang berkaitan dengan brand-mu adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi peluang untuk pemasaran influencer. Setelah kamu mengetahui influencer yang menyebarkan berita positif tentang brand-mu, kamu dapat menghargai mereka atas bantuan mereka. Customer yang senang berbicara tentang brand-mu tanpa diminta, adalah pemasaran emas dan kamu harus terus membangun hubungan baik tersebut.

  3. Menemukan Niche
    Dengan social listening, kamu tidak perlu menebak dimana tempat terbaik untuk memfokuskan upaya pemasaran-mu. Kamu dapat melihat dimana audience relevan melakukan percakapan tentang produk dan layanan-mu, serta berbicara dengan mereka di platform tersebut.

  4. Memantau Kata Kunci
    Mirip dengan news alert, dimana kamu dapat memantau media dan blog online dengan menyebutkan kata kunci, strategi yang sama dapat diterapkan untuk social media listening. Dengan menggunakan social media listening tools untuk marketing, kamu dapat melacak kata kunci umum dan khusus populer yang terkait dengan industri-mu. Ini akan membantu dalam strategi konten, karena dengan menambahkan kata kunci populer di dalam konten yang kamu buat, peluang agar pesan brand yang ingin kamu sampaikan dapat diketahui oleh audiens sangat tinggi. Kamu perlu mempertimbangkan bahwa satu kata mungkin memiliki beberapa variasi dan bahkan ejaan. Misalnya, untuk melacak penyebutan social media listening, kamu akan memperoleh berbagai penyebutan populer dari search engine seperti social listening, social media listening tools, social media monitoring, social media assessment, online listening, social media intelligence dan sebagainya. Beberapa penyebutan ini nantinya perlu kamu sematkan di dalam konten untuk menarik traffic audience yang lebih banyak.

  5. Meningkatkan Layanan Customer
    Saat kamu fokus melakukan social listening, kamu akan dapat melihat feedback positif dan negatif. Ada beberapa argumen yang menyarankan bahwa feedback negatif lebih bermanfaat, karena sering memberikan arahan yang jelas tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan produk dan layanan-mu. Jika ada audience meluangkan waktu untuk mengeluh, mereka belum menjadi konsumen yang hilang, karena menunjukkan bahwa mereka terbuka untuk dibantu melalui suatu masalah. Saat kamu mulai mengenal komunitas onlinemu dengan lebih baik, kamu akan siap untuk mempelajari lebih dalam tentang aspek ini.

 

Matamaya Social Media Listening Tools

Matamaya Social Media Listening Tools - Matamaya

Sebagian besar social media management tools hanya fokus pada satu tugas sederhana, misalnya mengumpulkan semua statistik tentang suatu bisnis di satu tempat. Namun, banyak juga tool yang menggabungkan social listening dan social monitoring ke dalam satu platform, seperti Matamaya, meskipun keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Kenyataannya adalah bahwa tidak lagi cukup untuk melacak dan merespons hanya untuk penyebutan brand-mu. Social media monitoring dapat menjawab pertanyaan apa sementara social media listening akan menjelaskan kepadamu mengapa. Social monitoring hanya melacak dan mengumpulkan penyebutan teks yang memungkinkan brand-mu melakukan semua analitik, bereaksi, dan merespons, sementara sosial listening dapat mencakup gambaran yang lebih luas. 

Untuk dapat mendukung bisnismu, kamu membutuhkan social media listening tools yang tepat, dimana dapat memberikan-mu informasi utama serta berbagai informasi lainnya yang akan selalu memenuhi kebutuhan dan sumber daya yang kamu miliki. Matamaya adalah social listening tools Indonesia yang dapat kamu jadikan referensi utama karena dapat membantumu memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang segala hal yang kamu perlukan untuk mendukung kemajuan bisnismu.

Matamaya social media listening tools memungkinkanmu membangun pemahaman yang kuat tentang bagaimana tepatnya customer dan calon customer-mu berpendapat tentang brand-mu dengan melakukan analisis terkait apa yang mereka katakan di semua platform social media dan media online. Kamu juga dapat mempelajari pendapat mereka tentang kompetitor melalui fitur listening analytics yang disediakan oleh Matamaya. Fitur ini adalah riset pasar luar biasa yang tersedia secara real-time, dengan catatan kamu tahu cara mengaksesnya.

Untuk dapat mengakses Matamaya Listening Analytics sangat mudah. Dibandingkan dengan social media listening tools untuk bisnis lainnya yang tersedia di pasaran, kamu akan dapat melacak dan mendengarkan topik dengan berbagai kata kunci terkait dalam periode waktu percakapan yang tidak terbatas. Matamaya juga dapat memberikan informasi terkait pendukungmu, dan mengidentifikasi influencer yang relevan. 

social media listening tools untuk bisnis - Matamaya

Setelah data diproses, brand-mu akan mendapatkan banyak insights terkait customer yang melampaui data demografi sederhana seperti usia dan jenis kelamin, guna menyoroti preference dan sikap customer terhadap produk-mu dan kompetitor. Insights customer yang disediakan Matamaya bukanlah statistik sederhana. Insights tersebut dapat kamu gunakan untuk analisis lanjutan tentang perilaku masyarakat, psikologi, dan bagaimana perasaan target audience tentang produk-mu. Begitu brand-mu memiliki pemahaman ini, kamu dapat menaklukkan pikiran customer dan mengarahkan mereka untuk membeli produk dan layanan yang kamu jual.

Dengan social media listening tools dari Matamaya, kamu akan dapat mengakses berbagai fitur listening analytics yang berharga. Fitur social media listening yang ditawarkan Matamaya memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Kamu dapat menggunakan satu dashboard untuk semua kebutuhan pengelolaan social media (tidak hanya disertai dengan fungsi social listening, kamu juga mendapatkan akses terhadap statistik monitoring seperti engagements, followers, kinerja kompetitor dan influencers, serta melakukan reporting).
  • Matamaya dapat dikelola oleh multi-admin, dimana akun master dapat menambahkan member dan menentukan hak akses (viewer/ editor) dari setiap member.
  • Kamu akan memperoleh notifikasi manajemen krisis yang dapat dikirimkan secara langsung ke emailmu dengan format email yang dapat didesain sesuai kebutuhan.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.