Matamaya

Apa Itu Giveaway Campaign, Keuntungan, dan Cara Mengukur Efektivitasnya

Apa Itu Giveaway Campaign, Keuntungan, dan Cara Mengukur Efektivitasnya
26 October 2023
Apa Itu Giveaway Campaign, Keuntungan, dan Cara Mengukur Efektivitasnya - strategi sosial media marketing - Matamaya

Istilah giveaway campaign nampaknya sudah tidak asing di kalangan audiens media sosial. Namun, giveaway lebih sering dikenal sebagai jalan pintas untuk mendapatkan followers secara mudah dan dalam waktu singkat. Apakah benar demikian?

Yuk, ketahui lebih dalam mengenai giveaway, terlebih bagi Anda yang ingin menjalankan jenis campaign ini.

 

Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah sebuah strategi pemasaran yang umumnya dilakukan di media sosial dengan memberikan hadiah gratis kepada audiens media sosial. Hadiah tersebut dapat berupa produk, layanan, atau bahkan uang tunai maupun elektronik. Untuk memenangkannya, biasanya diberlakukan syarat seperti memberikan likes, comment, dan share postingan giveaway.

 

Keuntungan Giveaway Campaign

Sering kali suatu brand dan influencer mengadakan giveaway karena mendatangkan keuntungan khusus. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui giveaway campaign:

  1. Meningkatkan engagement media sosial
    Apabila dibandingkan dengan postingan lainnya, postingan yang menawarkan hadiah akan memiliki engagement yang lebih besar. Hal ini karena orang akan cenderung mau memberikan likes, comment, share, dan tag saat mereka memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah.
    Keuntungan Giveaway Campaign - Matamaya
    Selain itu, adanya sejumlah persyaratan untuk memberikan interaksi di postingan seperti like, comment, share, dan tag juga dapat meningkatkan reach, engagement, bahkan followers baru. Anda juga bisa mencoba berbagai ide giveaway kreatif seperti caption this photo seperti yang dilakukan Nestea untuk membuat audiens tertarik berpartisipasi.

  2. Meningkatkan brand awareness
    Melalui giveaway, secara tidak langsung brand sudah mendorong audiensnya untuk aktif terlibat dalam kegiatan promosi. Audiens akan terlibat aktif membagikan postingan giveaway di media sosial, sehingga nama brand pun akan dikenal lebih luas.

    Beberapa brand juga meminta peserta untuk melakukan submisi berupa konten yang berkaitan dengan merek atau produk mereka. Konten yang diciptakan oleh audies ini dapat membantu menyebarkan brand awareness karena orang lain melihat dan berinteraksi dengan konten yang dibuat peserta.

  3. Meningkatkan eksposur suatu produk atau jasa
    Eksposur yang lebih tinggi bisa Anda dapatkan jika memberikan hadiah berupa produk atau jasa yang Anda tawarkan sendiri. Meskipun pada awalnya peserta ingin mendapatkannya secara gratis, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan menjadi konsumen setia.

    Dengan memberikan hadiah tersebut, peserta yang menjadi pemenang akan mendapatkan pengalaman dalam mencobanya. Jika mereka menyukainya, mereka akan tertarik membelinya sendiri.

  4. Membantu riset audiens
    Giveaway campaign juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana riset target audiens. Anda bisa mengajukan pertanyaan dalam postingan giveaway dan meminta audiens untuk menjawabnya di kolom komentar. Jawaban-jawaban tersebut dapat diolah sebagai informasi untuk memahami kebutuhan mereka dan mengoptimalkan bisnis.
    Giveaway Campaign - Matamaya
    Contohnya, giveaway di Instagram yang dilakukan oleh GoFood Indonesia. Pihak GoFood meminta penggunanya saling memberikan rekomendasi menu GoFood. Rekomendasi tersebut tidak hanya bisa menginspirasi audiens lain untuk mencoba, tapi bagi pihak GoFood sendiri juga bisa mencantumkan menu-menu tersebut di aplikasinya untuk meningkatkan pemesanan.

 

Cara Mengukur Efektivitas Giveaway Campaign

Untuk mengukur efektivitas giveaway, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut

  1. Memantau jumlah peserta yang mengikuti giveaway
    Pantau jumlah peserta yang mengikuti giveaway Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa banyak orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda.

  2. Memantau jumlah submisi
    Sering kali seorang peserta memberikan komentar atau melakukan submisi lebih dari satu untuk meningkatkan kesempatan menang. Oleh karena itu, Anda juga perlu memantau jumlah submisi yang diberikan setiap peserta secara berkala.

  3. Memantau interaksi pada postingan giveaway
    Metrik seperti like, comment, dan share postingan giveaway perlu Anda pantau setiap melakukan giveaway. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui seberapa banyak orang yang terlibat dalam giveaway Anda.

  4. Membandingkan performa media sosial 
    Perbandingan yang dimaksud adalah perbandingan performa media sosial setelah diadakan giveaway dengan sebelum. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui secara jelas dampak atau efektivitas giveaway campaign.

 

Rekomendasi Tools untuk Mengetahui Efektivitas Giveaway Campaign

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang masih mengukur keberhasilan giveaway campaign secara manual? Lama dalam mengerjakannya dan sering salah dalam perhitungannya?

Kini, Anda tidak perlu lagi mengalami kendala-kendala tersebut. Melalui fitur Activity Analytics, Anda dapat mendapatkan data-data berikut dengan mudah:

  • Akumulasi persentase dari submisi dan partisipan yang dicapai tiap channel media sosial selama campaign berlangsung.
  • Perbandingan performa harian submisi dan partisipan dengan KPI per channel media sosial.
  • Perbandingan performa channel media sosial dari sebelum dan setelah campaign.

Yuk, daftar sekarang untuk menikmati berbagai kemudahannya!

Cara Mengukur Keberhasilan Giveaway - Matamaya

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.