Matamaya

7 Tips Membuat Social Media Report yang Mudah Dipahami

7 Tips Membuat Social Media Report yang Mudah Dipahami
28 December 2023
7 Tips Membuat Social Media Report yang Mudah Dipahami - strategi sosial media marketing - Matamaya

Social media report sering kali dibaca oleh berbagai pihak, termasuk manajemen, tim kreatif, atau anggota tim yang memiliki latar belakang dan pemahaman yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk membuatnya bisa dipahami semua pihak agar mereka dapat terlibat aktif dalam diskusi dan pengambilan keputusan. 

Pada artikel ini akan dibahas tips membuat social media report yang tidak hanya informatif, tetapi juga bisa dipahami oleh pembaca dari berbagai tingkatan pemahaman. Yuk, simak!

 

Mengapa Perlu Membuat Social Media Report yang Mudah Dipahami?

Membuat social media report yang mudah dipahami memiliki banyak manfaat, terutama bagi sebuah bisnis. Beberapa alasan mengapa penting untuk membuat social media reportl yang mudah dipahami antara lain:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang performa media sosial
    Dengan report yang mudah dipahami, Anda dapat melihat dengan jelas bagaimana performa konten dan aktivitas Anda di media sosial. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

  2. Memudahkan pengambilan keputusan bisnis
    Report yang mudah dipahami akan membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat. Dengan pemahaman yang baik tentang data, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih bijaksana.

  3. Memperkuat strategi marketing
    Dengan pemahaman yang lebih baik tentang social media report, Anda dapat mengidentifikasi tren, preferensi audiens, dan peluang untuk meningkatkan performa marketing Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk memperkuat strategi marketing dan meningkatkan interaksi dengan audiens.

 

Tips Membuat Social Media Report yang Mudah Dipahami

Untuk membuat laporan media sosial yang mudah dipahami, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami
    Bagi sebagian orang yang kurang akrab dengan media sosial, informasi yang terdapat dalam report bisa saja sulit dipahami atau membosankan. Oleh karena itu, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua pihak yang akan membaca report. 

  2. Sertakan penjelasan tambahan untuk istilah teknis
    Tips selanjutnya adalah menghindari penggunaan istilah teknis yang bisa membingungkan pembaca di luar bidang digital marketing. Jika memang harus menyertakan istilah teknis, Anda bisa menyertakan definisi atau penjelasan tambahan untuk istilah tersebut agar bisa dimengerti berbagai pihak.

  3. Bahas secara ringkas
    Terlalu banyak informasi yang tidak relevan dapat mengaburkan pesan utama dan menyulitkan pembaca memahami inti dari report Anda. Sebab itu, fokuslah pada poin-poin yang relevan dan penting agar mudah dipahami pembaca.

  4. Susun report secara terstruktur
    Bagilah report menjadi bagian-bagian yang terorganisir dengan baik. Gunakan sub judul atau bullet points untuk memisahkan informasi yang ada agar mudah dibaca. Dikarenakan pengerjaan report adalah kegiatan reguler, Anda bisa membuat social media report template terlebih dahulu agar penyusunannya bisa lebih sistematis.

  5. Visualisasikan data dengan grafik dan tabel
    Visualisasi data akan membuat report yang awalnya terlihat kompleks menjadi suatu yang lebih sederhana. Penggunaan grafik, diagram, atau tabel juga bisa memudahkan Anda dalam mengidentifikasi pola atau tren performa media sosial.

  6. Gunakan font yang mudah dibaca
    Beberapa orang mungkin memiliki kesulitan dalam membaca font yang terlalu kecil, terlalu artistik, maupun font yang warnanya terlalu mencolok. Dengan menggunakan font yang tepat, informasi yang ada di dalam report akan mudah dibaca.

  7. Lakukan review dan koreksi
    Dengan melakukan review dan koreksi, Anda dapat memastikan keterbacaan report dan memperbaiki kalimat atau bagian yang kurang jelas sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak ambigu dan membingungkan.

 

Ingin Mendapatkan Social Media Report yang Pasti Mudah Dipahami?

Tips di atas sangat bermanfaat, bukan? Apabila Anda merasa bahwa terdapat tips yang tidak bisa dikerjakan sendiri, seperti kesulitan memvisualisasikan data, Anda bisa mempercayakannya pada tim Matamaya.

Tim kami bisa membantu Anda menyajikan social media report lengkap dengan analisis hingga rekomendasi dalam bahasa yang mudah dipahami oleh berbagai pihak. Melalui layanan support report analysis, Anda bisa mendapatkan report yang sesuai kebutuhan Anda, baik dari segi data yang ingin dianalisis sampai periode yang dibutuhkan.

Tertarik dengan layanan ini? Yuk, konsultasi dengan kami di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.