Matamaya

6 Metrik Penting TikTok Analytics untuk Meningkatkan Performa

6 Metrik Penting TikTok Analytics untuk Meningkatkan Performa
04 November 2022
6 Metrik Penting TikTok Analytics untuk Meningkatkan Performa - strategi sosial media marketing - Matamaya

Sudah tidak mengherankan lagi jika banyak dari bisnis maupun brand saat ini gencar untuk mempresentasikan dirinya di TikTok. Hal ini karena diperkirakan terdapat satu miliar pengguna aktif pada Februari 2021 di TikTok.

Jika kamu sampai sekarang belum aktif di TikTok, kamu berpotensi kehilangan banyak peluang untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan sukses dalam melakukan brand awareness. Namun, kesuksesan tersebut perlu diukur agar performa akun TikTok kamu semakin baik.

Oleh karena TikTok adalah platform yang relatif baru, kamu perlu memahami TikTok analytics dan mengetahui metrik penting di platform ini mulai sekarang. Pada artikel ini, kamu akan mengetahui metrik TikTok yang perlu kamu ukur untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis kamu di TikTok.

 

Metrik yang bisa langsung diakses melalui TikTok analytics

Layaknya platform media sosial lainnya, TikTok juga menyajikan dashboard TikTok analytics langsung dalam aplikasinya. Dashboard tersebut menampilkan overview, content metrics, follower metrics, dan LIVE metrics. Berikut penjelasan mengenai metrik TikTok analytics:

1. Content Metrics

Pada bagian content metrics, kamu akan mendapat informasi tentang video yang paling populer dalam rentang tanggal yang telah kamu tentukan. Selain itu, kamu bisa melihat performa video-mu melalui metrik views, likes, comments, dan shares. 

Secara lebih detail video akan dikategorikan menjadi dua bagian yaitu video posts dan trending videos. Video posts merupakan tab di mana kamu dapat melihat postingan dari tujuh hari terakhir hingga terlama. Sementara itu, trending videos adalah tab di mana kamu dapat melihat sembilan video teratas dengan jumlah penayangan terbanyak selama tujuh hari terakhir.

2. Follower Metrics

Follower metrics menunjukkan total followers, termasuk jenis kelamin dan lokasi mereka. Metrik TikTok ini sangat penting karena dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan konten sesuai dengan preferensi mereka.

TikTok Analytics - Matamaya

Berikut adalah metrik TikTok yang dapat kamu lihat di tab Followers:

  • Total followers: jumlah total pengguna yang mengikuti akunmu, termasuk perkembangannya dalam setiap periodenya.
  • Gender: distribusi followers berdasarkan gender.
  • Top territories: lokasi asal followers termasuk peringkatnya berdasarkan negara.
  • Follower activity: insight tentang waktu pengikutmu paling aktif di TikTok.

3. LIVE metrics

Metrik ini menampilkan insight tentang video live yang kamu adakan dalam kurun waktu 7 hari atau 28 hari terakhir. Berikut adalah metrik TikTok yang dapat kamu akses di tab LIVE:

  • Total views: total pengguna yang menonton video live.
  • Total time: total waktu yang dihabiskan untuk menghosting live.
  • New followers: total pengikut baru yang diperoleh saat live.
  • Top viewer count: pengguna yang paling banyak menonton live.
  • Unique viewers: jumlah pengguna yang melihat video live setidaknya sekali.
  • Diamonds: jumlah hadiah diamonds yang diterima selama live. 

 

Metrik lain yang perlu dipertimbangkan

Meskipun kamu dapat mengakses TikTok analytics melalui TikTok langsung, tapi di luar itu masih banyak metrik penting lainnya yang dapat memberimu informasi yang lebih terperinci. Metrik-metrik tersebut dapat disediakan oleh TikTok analytics tool seperti Matamaya. Matamaya dapat mengukur performa akun TikTok kamu dan melacak semua metrik penting yang kamu butuhkan dalam satu dashboard.

Berikut metrik penting lainnya yang perlu kamu ukur performanya:

1. TikTok Analytics - Average engagement rate per post

TikTok Analytics Average engagement rate per post - Matamaya

Metrik average engagement rate per post merupakan metrik yang krusial untuk digunakan oleh para digital marketer. Kamu dapat menilai bagaimana audiens TikTok berinteraksi dengan kontenmu.

Bukan hanya untuk menilai performa kontenmu saja, metrik average engagement rate per post bisa  digunakan saat kamu bekerja dengan influencer. Influencer dengan audiens yang lebih kecil, tetapi average engagement rate per post-nya lebih tinggi bisa menjadi pilihan yang baik daripada influencer dengan jutaan pengikut yang memiliki engagement rendah.

Melalui Matamaya, kamu dapat melihat average engagement rate per post berdasarkan periode yang kamu tentukan. Info detail setiap postingan seperti likes, comments, share, video views bisa kamu lihat dalam satu dashboard. Untuk lebih memudahkan, Matamaya juga bisa mengetahui performa setiap pilar konten yang kamu terapkan pada strategi konten TikTok.

2. TikTok Analytics Hashtag growth 

TikTok Analytics Hashtag growth - Matamaya

Hashtag growth merupakan metrik yang penting untuk digunakan guna melacak performa campaign. Misalnya, kamu membuat challenge di TikTok dengan mencantumkan hashtag sebagai salah satu ketentuannya. Kamu pun dapat melihat jumlah peserta challenge dari waktu ke waktu melalui metrik hashtag growth.

Dengan fitur TikTok analytics Matamaya, kamu dapat melacak hashtag yang paling sering digunakan dan hashtag yang berhasil mendapat engagement rate tertinggi. Hal ini dapat membantumu untuk membuat ide konten yang berkaitan dengan topik hashtag tersebut.

3. TikTok Analytics - Follower growth

Follower growth merupakan metrik penting yang dapat memberitahu sejauh mana akunmu berkembang. Terlebih jika kamu sedang meningkatkan brand awareness melalui TikTok. Meskipun follower growth dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi TikTok, kamu akan lebih mendapat banyak insight jika menggunakan TikTok analytics tool.

Matamaya mampu menyajikan informasi mengenai follower growth secara periodik. Kamu akan mendapati detail mengenai berupa tanggal dimana follower-mu mengalami kenaikan, stagnan, ataupun penurunan. Tidak perlu khawatir dengan banyaknya statistik karena Matamaya memiliki tampilan berupa chart maupun bar follower growth yang mudah kamu pahami.

Jika kamu melihat lonjakan pertumbuhan followers pada waktu tertentu, segera lakukan identifikasi konten mana yang memiliki total views atau mendatangkan followers tertinggi. Melalui follower growth, kamu dapat mengetahui kinerja dari video-mu dan mempertahankan atau memperbaiki strategi TikTok yang telah kamu pakai.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.