Matamaya

3 Analytics Utama dalam In-app TikTok Analytics Dashboard yang Perlu Kamu Ketahui

3 Analytics Utama dalam In-app TikTok Analytics Dashboard yang Perlu Kamu Ketahui
27 May 2022
3 Analytics Utama dalam In-app TikTok Analytics Dashboard yang Perlu Kamu Ketahui - strategi sosial media marketing - Matamaya

TikTok advertising hadir sebagai channel yang tidak dapat dilewatkan oleh marketer, dan brand-brand besar telah bergabung ke dalamnya. Brand seperti BMW, Levi's, dan Prada adalah sebagian perusahaan yang berfokus untuk memaksimalkan penargetan di TikTok. Lebih banyak brand terkemuka telah mengalokasikan lebih banyak budget advertising mereka di TikTok, termasuk Abercrombie dan Pizza Hut. Hal ini karena mereka menyadari adanya perubahan signifikan, dimana brand mengalami peningkatan audience dan kualitas keterlibatan yang pada akhirnya mengarah pada pembelian atau konversi. 

Dalam hal membangun brand dan meningkatkan jangkauan bisnis, kita tentu menyadari bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai selain dengan data. TikTok memiliki potensi yang besar, akan tetapi untuk dapat mengetahui apakah campaigns yang kamu lakukan benar-benar akan membuahkan hasil, itu bukan pekerjaan yang mudah dan butuh konsistensi. Dengan memeriksa dan memahami analytics secara teratur, kamu dapat menemukan pola yang dapat membantumu membagikan konten yang lebih menarik dan sukses di masa mendatang. Untuk menghemat banyak waktu, TikTok analytics tools sekarang tersedia langsung di website Matamaya, sehingga kamu dapat dengan mudah mempelajari lebih lanjut tentang kinerja video dengan menampilkan jumlah likes, comments, views, share, demografi audience, kinerja kompetitor, dan banyak lagi.

Seperti kebanyakan aplikasi social media, TikTok juga dilengkapi dengan data dalam aplikasi dan in-app analytics tool untuk membantu melihat postingan mana yang berkinerja baik dan bagaimana audience terlibat dengan akun bisnismu. TikTok analytics tools, baik in-app atau yang disediakan oleh third party seperti Matamaya, harus menjadi bagian penting dari strategi social media bisnismu. Kamu dapat mengandalkan metrik untuk menentukan apa, bagaimana, dan kapan waktu terbaik untuk memposting video advertising-mu.

Namun sebelum dapat melakukan analytics di TikTok, kamu harus melakukan pengalihan akun ke Pro untuk mendapatkan akses ke analytics. Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan akun kemudian klik Manage My Account. Di halaman berikutnya, di bagian bawah, klik Switch to Pro Account. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu akan diminta untuk memilih kategori.

 

In-app TikTok Analytics Dashboard

In-app TikTok Analytics Dashboard - Matamaya

(https://newsroom.tiktok.com/en-us/product-tutorial-tiktok-analytics)

Untuk mengakses analitik, kamu hanya perlu untuk mengklik gambar profil akunmu, dan klik See Analytics. Secara keseluruhan, terdapat tiga jenis analitik utama di TikTok:

  1. Profile analytics yang dapat dilihat di tab Overview;
  2. Video analytics yang diperoleh dari tab Content; dan
  3. Follower analytics untuk mengetahui Tiktok analytics – follower insights di tab Follower.

Selanjutnya, mari kita melihat kegunaan dan metrics apa saja yang terdapat di berbagai tab di dalam TikTok analytics dashboard.

 

Tiktok Analytics – Account Overview

Tiktok Analytics – Account Overview - Matamaya

Di tab Overview, kamu akan memperoleh akses ke tiga bagian penting data, yakni Video Views, Follower, dan Profile Views. Ketiganya sangat berguna untuk mendapatkan pemahaman tentang kinerja kontenmu secara keseluruhan.

  1. Video Views
    Bagian atas tab Overview merupakan tempat dimana Video Views ditampilkan. Kamu akan dapat melihat berapa banyak views yang kamu dapatkan secara total atau setiap hari dalam 7 atau 28 hari terakhir.

  2. Follower
    Tepat di bawah Video Views, kamu dapat melihat jumlah total followermu selama 7 atau 28 hari terakhir. Grafik ini secara garis besar menunjukkan dampak yang dihasilkan dari video yang kamu post, dimana kamu dapat melihat konten apa yang berkinerja baik, yang dapat mengubah audience menjadi follower.

  3. Profile Views
    Bagian terakhir di bawah tab Overview adalah Profile Views. Profile Views memungkinkanmu untuk melihat jumlah pengguna TikTok yang telah mengunjungi profilmu dalam 7 atau 28 hari terakhir. Karena periode waktu dipecah berdasarkan hari, kamu dapat melihat konten apa yang mendorong audience untuk melihat profilmu setiap hari.

  4. Conversion Rate
    Meskipun data ini cukup mendasar, namun sangat berguna untuk memahami bagaimana kinerja akun bisnismu yang diukur dari rasio konversi viewers terhadap follower. Sebagai contoh, jika kamu mendapat 80.000 video views dan 200 kunjungan profil selama sebulan, kamu dapat mengetahui persentase audience yang dikonversi menjadi  pengunjung profil selama 30 hari terakhir dengan menggunakan rumus (100/video views) x profile visit. Dari rumus itu maka diperoleh persentase penonton video yang akhirnya mengunjungi profilmu adalah 0.25% dan ini merupakan persentase yang sangat kecil.
    Selanjutnya, untuk mengetahui berapa banyak follower yang kamu peroleh selama 30 hari terakhir, kamu dapat menghitung secara manual dengan menambahkan penambahan follower setiap hari, karena TikTok hanya dapat menunjukkan total followermu dan bukan jumlah yang kamu peroleh bulan itu. Jadi, untuk menemukan persentase pengunjung profil yang menjadi follower TikTok yang sebenarnya, kamu dapat menghitung menggunakan rumus (100/profile visit) x pertambahan follower.

 

Tiktok Analytics – Follower

Tiktok Analytics – Follower - Matamaya

(https://blog.hootsuite.com/tiktok-analytics/)

Tab Follower analytics memungkinkanmu untuk fokus pada audience TikTok-mu, lebih memahami siapa followermu dan cara terbaik untuk melibatkan mereka. Di bawah tab Follower, kamu akan menemukan informasi tentang jumlah follower total dan tingkat follow dan unfollow selama rentang tanggal yang kamu pilih. Selain itu, disini kamu akan melihat informasi tentang dimana followermu mengakses video, usia, jenis kelamin dan kapan sebagian besar followermu online, guna membantu menentukan waktu pengeposan terbaik. Kamu juga akan menemukan data tentang trend dan audio yang diminati follower-mu, hal ini dapat membantu dalam penyusunan ide konten berikutnya.

Berikut breakdown dari metrics yang dapat kamu temukan di tab Follower:

  •  
  • Follower
    Kamu dapat melihat total follower, jumlah follower baru dan unfollow pada periode waktu tertentu.

  • Gender
    Kamu akan memiliki akses ke distribusi follower-mu berdasarkan jenis kelamin yang divisual-kan ke dalam pie chart.

  • Top Territories

Metrics ini menjelaskan distribusi followermu berdasarkan negara. Ada maksimal 5 negara yang akan ditampilkan selama masing-masing negara memiliki setidaknya 1% dari total jumlah follower-mu.

  • Follower Activity
    Di bagian ini, kamu akan menemukan dua opsi, untuk memilih aktivitas followermu berdasarkan jam atau hari.

  • Video yang Ditonton Follower
    Tepat di bagian bawah tab Followers, terdapat dua fitur yang sangat menarik. Video yang ditonton dan audio yang didengarkan follower-mu. Ini bisa sangat menarik untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang sedang populer di antara demografi followermu saat ini. Metric ini juga bisa menjadi tempat untuk mencari inspirasi dalam membuat content TikTok baru untuk halamanmu. Mengetahui bahwa audio tertentu sudah populer dengan audience-mu adalah cara yang bagus untuk membuat konten yang akan beresonansi baik dengan mereka.

 

Tiktok Analytics – Content Insights

Tiktok Analytics - Content Insights - MatamayaTiktok Analytics - Content Insights - Matamaya

Tab Content memungkinkanmu untuk fokus secara khusus pada postingan TikTok-mu sebelumnya. Dengan menggunakan content analytics tool, kamu akan dapat melihat berapa banyak video yang telah kamu post, berapa banyak video yang sedang trend, dan bagaimana kinerja setiap video dalam hal jangkauan dan keterlibatan.

Saat kamu mengklik satu video, kamu akan menemukan informasi terkait:

  1. Berapa banyak views yang diterima video.
  2. Engagement seperti likes, shares, comments yang dilakukan audience di video tersebut.
  3. Rata-rata dan total waktu menonton video.
  4. Sumber traffic video, baik itu kunjungan profil, follower, untuk halamanmu.

 

Matamaya TikTok Analytics Tool

Matamaya TikTok Analytics Tool -  Matamaya

Selain analytics tool yang dapat kamu jumpai di aplikasi TikTok, terdapat berbagai analytics tools yang tersedia di pasar dengan keunggulan di bidang tertentu, namun Matamaya merupakan salah satu tool yang menawarkan fitur komprehensif.

Matamaya adalah social media management tools yang dapat kamu gunakan untuk melakukan TikTok analytics, dimana dari sini kamu akan mendapatkan akses ke insights profil atau video apa pun. Jika kamu mencari cara untuk membangun strategi campaign yang berokus pada audience, mengetahui strategi pesaing atau keberhasilan akun serupa, ini adalah tool yang tepat.

Dengan melakukan analytics di Matamaya, kamu dapat mengukur dan melacak profil berdasarkan kemajuan harian, jumlah follower, tingkat engagement, video views, sentiment analytics, dan banyak lagi. Selain itu, tool ini juga dapat membantumu mencari influencer yang relevan dengan target marketing-mu serta dapat digunakan oleh influencer untuk menemukan cara agar tetap berada di atas strategi kompetitor mereka.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.