Matamaya

Twitter Analytics Memberikan Analisis Kinerja Akun Twitter untuk Bisnis

Twitter Analytics Memberikan Analisis Kinerja Akun Twitter untuk Bisnis
25 January 2022

Trend Penggunaan Twitter untuk Bisnis

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat bagus untuk meningkatkan reach bisnismu. Menurut sebuah survey, rata-rata pengguna Twitter mengikuti lima akun bisnis, dan 80% dari pengguna Twitter pernah menyebutkan setidaknya satu brand dalam tweet mereka. Tidak seperti platform media sosial lainnya, Twitter hanya memungkinkan kamu untuk memposting tulisan dengan batas 280 karakter. 

Kamu dapat memanfaatkan karakteristik tersebut menjadi sebuah peluang untuk mendatangkan pelanggan yang banyak melalui pemasaran teks. Platform ini juga dapat menjadi tempat untuk berinteraksi dengan pelangganmu dengan lebih intens. Akan tetapi, agar kampanye Twitter untuk bisnis berhasil, penting bagi akun bisnismu untuk bisa menonjol karena jutaan bisnis di setiap industri ada di Twitter. Kamu perlu menemukan cara bagaimana dapat menarik audience hanya dengan teks terbatas. Namun, tidak perlu khawatir, banyak pebisnis yang mengalami kesuksesan dalam strategi pemasaran media sosial di Twitter dengan lebih memperhatikan bagaimana platform ini dapat bekerja melalui Twitter Analytics.

Twitter Analytics - Matamaya

Source: https://help.twitter.com/

 

Twitter Analytics dan Alasan Menggunakan Twitter untuk Bisnis

Twitter Analytics dan Alasan Menggunakan Twitter untuk Bisnis - Matamaya

Ada beberapa metrik yang dapat memberikan kamu informasi tentang seberapa baik akun bisnismu terkoneksi dengan audience. Kamu dapat melihatnya dari tweet, impressions, engagements, atau klik yang disediakan oleh Twitter analytics gratis yang disediakan oleh aplikasi Twitter atau Twitter analytics online lainnya. Masalah umum bagi pebisnis adalah mereka tidak mengetahui cara terbaik yang harus diambil saat menganalisis data Twitter yang berakibat brand tidak memahami mengapa suatu konten bekerja dengan sangat baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan Twitter analytics.

 

Mempelajari tentang Audience

Mempelajari tentang Audience - Matamaya

Mengetahui tentang audience harus menjadi salah satu aturan dasar bagi setiap pebisnis dalam memasarkan produk/ layanannya di platform media sosial. Informasi mengenai demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan rumah tangga, bahasa, dan geografi sangat membantu dalam menyusun strategi konten bisnis. Dengan menggunakan platform sosial media untuk memasarkan bisnis, kamu diwajibkan untuk memulai dengan membiasakan diri menganalisis demografi audience secara keseluruhan. Melakukan analisis audience akan membantumu memahami di platform apa selain Twitter yang cocok dengan strategi pemasaran dan target audiencemu. Misalnya melalui Twitter analytics, kamu dapat mengetahui bahwa 60 persen target audiencemu di Twitter juga menggunakan Instagram, dengan demikian kamu perlu menggunakan kedua platform tersebut serta menemukan cara untuk pemasaran guna menjangkau audience yang lebih besar. 

Twitter analytics online ada yang memiliki skema gratis seperti yang disediakan aplikasi Twitter, dan ada juga dengan skema berbayar seperti yang disediakan oleh platform analytics tools online. Melalui Twitter analytics gratis yang disediakan Twitter, selain kamu akan menemukan informasi mengenai demografis followers, kamu akan mendapatkan insights lain berupa preferensi, perangkat apa yang mereka gunakan, bagaimana behaviour mereka saat membeli, dan sebagainya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menjangkau followers lain dari akun yang relevan yang mungkin tertarik dengan produk/ layanan yang kamu jual. Jika kamu menggunakan Twitter analytics tools dengan skema berbayar, analisis yang kamu lakukan akan jauh lebih mendalam, dan insights yang diperoleh akan jauh lebih banyak.

 

Mencari Waktu Optimal untuk Posting

Mencari Waktu Optimal untuk Posting - Matamaya

Menurut Wiselytics, tweet yang kamu posting di Twitter memiliki rata-rata waktu tayang di feed empat kali lebih pendek dari rata-rata di Facebook. Hal ini menunjukkan bahwa memposting konten pemasaran produk/ layanan bisnismu di Twitter pada waktu yang tepat sering kali dapat menjadi perbedaan antara postingan viral dan gagal (flop). Tidak berbeda dengan platform media sosial lainnya, di Twitter tidak ada konsensus tentang waktu tweet yang paling optimal. Dalam suatu kasus, analytics memperlihatkan postingan yang dibuat sekitar pukul 3 sore pada hari kerja cenderung memberikan kinerja lebih baik dibandingkan waktu lainnya. Namun, itu tidak bisa menjadi tolak ukur. Data geografi audience yang kamu miliki dari Twitter analytics merupakan satu-satunya sumber terbaik yang akan menginformasikan jadwal tweet optimal. Hal ini sangat tergantung dari karakteristik audience, terutama geografi. Dalam hal frekuensi, sangat direkomendasikan untuk mempost tweet setidaknya sekali sehari dan konsisten guna menarik dan meningkatkan engagement dengan followersmu.

 

Melihat Apakah Iklan Berfungsi

Melihat Apakah Iklan Berfungsi - Matamaya

Jika kamu menggunakan Twitter untuk bisnis dan sedang menjalankan Twitter Ad Campaigns atau sedang membuat beberapa tweet dalam Promote Mode, membandingkan hasil promosi dengan postingan asli akan membantumu memahami berapa banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Metrik biaya per hasil dan pelacak konversi (conversion tracker) akan membantumu mengetahui apakah iklan yang kamu sedang jalankan menghasilkan hasil sesuai target.

 

Twitter Analytics Tools

Twitter Analytics Tools - Matamaya

Twitter analytics adalah fitur yang akan memberikan kamu data tentang kinerja konten bisnismu di Twitter. Twitter analytics tools akan membantumu memahami di mana konten bisnismu perlu ditingkatkan berdasarkan metrik terkait kinerja tweet, demografi audience, dan banyak lagi. Berbekal data, kamu dapat mengoptimalkan promosi Twitter untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak followers tanpa harus menebak apakah strategi konten dan pemasaran bisnismu akan berhasil atau tidak. Mengetahui data-data tersebut dalam metrik tidak hanya menunjukkan kepadamu apa yang berhasil atau tidak, tetapi juga memberi lebih banyak informasi bagaimana untuk menjadi sukses di kampanye pemasaran bisnismu berikutnya.

 

Twitter Analytics Tools - Matamaya

Source: digitalvidya.com

 

Matamaya

Twitter analytics adalah tools yang dapat membantu menentukan strategi Twitter terbaik dan semuanya dimulai dari pemilihan Twitter analytics tools yang tepat. Menggunakan Twitter analytics online yang tepat dapat membuat perbedaan besar antara menelusuri tweet tanpa akhir dan mendapatkan semua yang kamu butuhkan hanya dalam hitungan detik. Dengan Matamaya Twitter Analytics, kamu akan mendapatkan gambaran singkat tentang statistik penting termasuk waktu terbaik untuk memposting dan tampilan Twitter analytics report mendalam tentang kinerja tweet terbarumu setiap bulan seperti metrik tweets, followers dan mentions teratas, engagements, engagement rate, dan reach percentage.

Twitter analytics yang disediakan oleh Matamaya memiliki key feature berupa data audience. Fitur ini akan memberikan kamu data tentang siapa saja yang mengikuti akun bisnismu. Data yang akan kamu peroleh melalui fitur ini meliputi demografi, perilaku konsumen, dan informasi gaya hidup. Selain itu, kamu dapat menemukan akun-akun Twitter yang relevan untuk terlibat bersama, seperti public figures atau influencers berdasarkan satu kata kunci. Matamaya Twitter Analytics menjadi pilihan tool yang sangat tepat jika kamu juga ingin melibatkan strategi pemasaran influencer atau menemukan brand untuk melakukan promosi bersama di masa mendatang. 

Selain fitur analisis audience, key feature lainnya yang dimiliki oleh Matamaya Twitter Analytics adalah analisis content, dimana Matamaya menampilkan content category yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui content pillar mana yang bekerja berdasarkan objektif dari brand.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.