Matamaya

TikTok Analytics - Video Performance Tracking dan Sample Profile Analytics

TikTok Analytics - Video Performance Tracking dan Sample Profile Analytics
29 April 2022
TikTok Analytics - Video Performance Tracking dan Sample Profile Analytics - strategi konten media sosial - Matamaya

TikTok adalah aplikasi social media yang memungkinkan pembuat konten membagikan video mereka dengan pengguna lain. Jika kamu mengembangkan strategi di TikTok, analitik dapat membawamu menuju kesuksesan dengan cara yang sangat sederhana. Untuk mengevaluasi kesuksesan strategi pemasaran secara keseluruhan dan konten yang dishare di TikTok, kamu dapat merujuk metrik-metrik yang dihasilkan TikTok profile analytics dari social media management tool yang kamu gunakan. Ada banyak metrik untuk dilihat, seperti jumlah follower, suka, komentar, share. Namun dibandingkan in-app analytic platform lainnya, TikTok analytics dapat mengeksplorasi lebih mendalam, dimana memungkinkanmu untuk mengukur pertumbuhan mingguan dan bulanan, total waktu pemutaran video, informasi tentang siapa yang menonton, dan banyak lagi.

Tidak dipungkiri, setiap pengguna TikTok memiliki potensi untuk menjangkau audience yang sangat besar, tetapi tidak semua pengguna dapat melakukannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa TikTok profile analytics-mu dan memahaminya. Dengan melacak metrik yang tepat, kamu akan dapat mengeksplor strategi marketing bisnis yang efektif, salah satunya mencari tahu jenis konten apa yang paling cocok, sehingga strategi pemasaran-mu dapat optimal. Jika brand-mu baru menggunakan TikTok sebagai platform marketing, analitik dapat memberikan beberapa suggestions dari strategi pemasaran TikTok-mu. Insights yang tersedia untuk akun bisnis TikTok dapat menginformasikan semuanya mulai dari saat kamu memposting hingga apa yang kamu posting.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari analitik TikTok, kamu memerlukan sebuah akun Pro. Sama halnya dengan akun pembuat konten Instagram, akun TikTok Pro merupakan jenis profil yang dirancang untuk mereka yang membuat konten di platform social media. Perbedaan utama antara akun Pro dan akun TikTok biasa adalah akses ke analitik. Dengan kata lain, jika ingin mengetahui kinerja kontenmu, kamu perlu mengalihkan akun bisnis-mu ke Pro terlebih dahulu.

Selanjutnya, untuk mengkonversi akun bisnis-mu ke akun Pro, kamu hanya perlu melakukan dua langkah berikut. Kamu harus menuju pengaturan dengan menekan tiga titik di sudut kanan atas.️ Kemudian, kamu dapat mengklik Kelola Akun Saya > Beralih ke Akun Pro dan memilih jenis pembuat konten. Akun Pro-mu langsung dapat digunakan. 

tiktok analytics - Matamaya

(https://pubtok.com/blog/tiktok-pro-account/)

Setelah memiliki akun TikTok Pro, saatnya untuk melihat TikTok profil dan content analytics. Kamu dapat mengklik tiga titik di pojok kanan atas, dan mengklik pada statistik. Kamu akan melihat berbagai jenis analytics yang disediakan oleh TikTok,  berikut penjelasan masing-masing analytics lebih lanjut:

  1. Tiktok Overview Analytics
    Tab pertama yang tersedia adalah Overview, dimana kamu dapat melihat cuplikan praktis dari semua yang ada di TikTok-mu. DI tab ini, kamu dapat memeriksa grafik granular dan bagan yang menampilkan pertumbuhan follower, tampilan profil, penayangan video, jumlah video yang kamu publikasikan, komentar, likes, shares, dan video live. Kamu dapat melacak statistik ini dalam kurun waktu 7, 28, atau 60 hari terakhir, atau rentang khusus yang membentang hingga 60 hari. Dalam tab Overview, ada bagian Engagement yang menampilkan total likes, komentar, dan shares selama periode tertentu.

  2. TikTok Content Analytics
    Di tab kedua, kamu dapat melihat bahwa kamu memiliki opsi untuk menganalisis konten bisnismu. TikTok analytics akan memberitahumu jika frekuensi postingan yang kamu lakukan telah berubah dan memberikan informasi mendalam tentang video paling populer dan metrik utamanya. Jika kamu mengklik setiap video satu per satu, kamu dapat melihat analitik dari video tertentu. Bahkan kamu juga dapat mengakses jenis analitik ini dari profil dengan mengklik setiap video dan memilih opsi statistik. Ada beberapa info berharga yang tersimpan di tab Content, yakni:

    • Jumlah penayangan video
    • Jumlah share
    • Jumlah total komentar
    • Total suka pada sebuah postingan
    • Total waktu tonton
    • Waktu tonton rata-rata
    • Audience yang dijangkau
    • Berapa banyak orang yang menonton video lengkapmu
    • Traffic yang menjelaskan asal penayangan video-mu di platform
    • Lokasi pemirsa teratas

  3. TikTok Follower Analytics
    Tidak ada ambang batas follower minimum untuk mengakses analitik TikTok, tetapi kamu memerlukan setidaknya 100 follower untuk dapat mengakses insights dari tab follower. Dengan kata lain, kamu hanya dapat menganalisis audience lebih lanjut jika followermu berjumlah minimal 100. Dengan mengetahui demografi followermu dan mencari tahu jenis video apa yang paling mereka minati, ini akan sangat memudahkan proses penyusunan ide baru untuk video-mu selanjutnya. Tentunya ini akan menguntungkan bagi bisnismu, karena pengguna TikTok cenderung akan lebih tertarik dengan video yang kreatif namun praktis.

  4. TikTok Video Live Analytics
    Jika kamu memiliki akses live, kamu akan dapat menggunakan analitik TikTok tab Live. Tab ini menampilkan insights meliputi follower baru, total views, unique views, jumlah viewer teratas, berapa banyak diamonds yang diberikan viewers kepadamu dan banyak lagi.

Untuk dapat mengakses lebih banyak metrik dan insights atau melakukan analisis lanjutan, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan TikTok analytics tool di luar in-app. Analytics tools yang disediakan oleh third parties sekarang ini sudah sangat banyak ditemukan di pasar, namun perlu dipahami bahwa setiap tool memiliki keunggulan yang bisa saja berbeda. 

Dengan demikian, dalam memilih analytics tool, kamu perlu memahami terlebih dahulu fitur apa yang kamu butuhkan untuk mendukung pengembangan strategi marketing-mu termasuk tujuan apa yang ingin kamu capai dalam kampanye, apakah ingin menarik lebih banyak follower atau ingin memiliki peningkatan engagement. Meskipun setiap analytics tool memiliki keunggulan pada aspek tertentu, ada beberapa tools yang menyediakan fitur lengkap sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak resources untuk memantau kinerja strategi marketing setiap bagian. 

Salah satu platform yang menyediakan fitur lengkap dan kompetitif yang dapat kami sarankan adalah Matamaya, dimana platform ini juga dapat melakukan social listening, TikTok hashtag analytics dan competitor analytics. Untuk mengetahui lebih lanjut beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dari Matamaya TikTok Analytics, kamu dapat mengetahuinya dari uraian di bawah ini.

 

Matamaya TikTok Analytics

Matamaya TikTok Analytics - Matamaya

Matamaya TikTok Analytics adalah alat yang dirancang untuk membantumu melacak dan memahami metrik di sekitar kontenmu lebih dari hanya menunjukkan angka-angka. Dengan Matamaya TikTok Analytics, kamu dapat mengakses statistik utama seperti follower dan engagement, serta menggunakan insights berharga untuk meningkatkan konten dan follower di masa mendatang. Analytics yang disediakan Matamaya juga sangat mudah dicerna, karena menggunakan grafik dan bagan yang ringkas untuk menampilkan informasi-informasi yang dikelompokkan ke dalam 7, 30 hari, bulan terakhir, bulan ini, 3 bulan terakhir, atau periode yang dapat disesuaikan.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, Matamaya dapat mendukung berbagai analytics yang kamu butuhkan. Salah satu fitur unggulan dalam Matamaya TikTok Analytics adalah hashtag analytics. Lalu mengapa hashtag analytics?

Matamaya sangat menyadari bawah di TikTok, hashtag merupakan bagian yang sangat penting untuk menjangkau audience yang lebih luas. Hal ini karena algoritma TikTok terus-menerus menyajikan konten dari content creators dan brand kepada users berdasarkan apa yang dianggap cocok untuk mereka. Pendekatan yang dipersonalisasi ini dapat membantu mereka menentukan konten apa yang mungkin menarik bagi users, dan mendorong hashtag tersebut untuk hadir ke feed mereka. Dengan kata lain, hashtag yang digunakan brand-mu adalah salah satu cara TikTok mencocokkan kontenmu dengan calon follower baru di newsfeed “For You”.

Tidak hanya itu, hashtag juga dapat berfungsi sebagai kata kunci untuk membantu users atau audience menemukan jenis konten yang mereka cari. TikTok users biasanya mencari hashtag untuk menemukan challenges, contest, dan ide konten baru. Salah satu sample profile TikTok analytics misalnya perusahaan fastfood ternama McDonald’s. Pencinta konten makanan mungkin menelusuri #foodporn atau #tiktokfoodie untuk mengunjungi video yang relevan. Berdasarkan hasil monitoring, tidak ada hashtag yang dominan digunakan McDonald’s dalam post mereka, namun #foryou dan #foryoupage berada pada dua peringkat teratas. Ini berbeda dengan hasil trending hashtag tracking yang telah dilakukan. Bahkan jika dibandingkan dengan kompetitornya Wendy’s, McDonald's memiliki jumlah engagement yang jauh lebih rendah, meskipun jika dibandingkan dari skala bisnis, McDonald’s merupakan restaurant chains terbesar pertama dan Wendy’s berada di urutan ke 11.

Melalui Matamaya, kamu dapat memantau kinerja hashtag yang telah kamu sisipkan di dalam video-mu secara real time. Kamu dapat menambahkan hashtag yang kamu ingin pantau ke dalam list. Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran-mu di TikTok, kamu juga dapat mengidentifikasi hashtag relevan yang sedang trend dan hashtag yang tidak berhasil sehingga kamu dapat menggantinya dengan hashtag lain yang lebih efektif.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.