Matamaya

Social Media Monitoring Tool Indonesia – Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Social Media Monitoring Tool Indonesia – Semua yang Perlu Kamu Ketahui
08 December 2021

Media sosial adalah kunci sukses pemasaran digital. Social media platform seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram memiliki kekuatan untuk menjangkau jutaan bahkan miliaran konsumen dengan pesan dari brand kamu.

Social media monitoring tools adalah alat yang menawarkan kesempatan untuk memanfaatkan media sosial sebaik-baiknya, atau paling tidak, memberi brandmu kesempatan untuk menanggapi konsumen.

Sebelum lebih jauh, berikut pengertian social media monitoring yang telah dirangkum sehingga lebih mudah dipahami secara luas.Social media monitoring adalah proses mengidentifikasi dan menganalisis penyebutan (mention) brand atau produk di berbagai platform sosial media, forum online, dan situs web dengan memanfaatkan listening tool.

Social media monitoring tools seringkali disebut dengan istilah lain atau sepaket dengan social listening, online analytics, buzz analysis, social media measurement, social media intelligence, social media management dan sebagainya.

 

Urgensi social media monitoring

Urgensi social media monitoring - Matamaya

Menciptakan bisnis yang berkembang pesat di sosial media platform tidak terjadi secara kebetulan. Dibutuhkan upaya untuk menganalisis data yang dikumpulkan, perencanaan yang matang, dan yang lebih penting adalah pemantauan secara berkala. Itu sebabnya social media monitoring itu penting. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh bisnismu dengan menggunakan monitoring tools yang tepat. Terlepas dari seberapa kecil bisnis yang kamu jalankan, kamu tidak pernah tahu apa yang dikatakan tentang brand kamu sampai kamu mendengarkan.

Saat ini, dengan hanya menanggapi @mention brand kamu secara online, itu tidak lagi cukup. Hal ini karena kemungkinan besar berbagai pesan yang me-mention dengan variasi nama brandmu akan terlewatkan jika kamu hanya memusatkan perhatian untuk menanggapi mention. Selain itu, tentu akan memakan waktu yang sangat banyak untuk beralih dari satu platform ke platform lain.

salesforce - Matamaya

Source: https://www.salesforce.com/

Jika kamu mendapati diri menghabiskan lebih banyak waktu untuk beralih di antara sosial media platforms dan menjalankan pencarian manual yang rumit untuk mentions daripada berinteraksi dengan audiens, maka kamu memerlukan strategi sosial media monitoring segera.

Strategi social media monitoring yang sukses akan membantu kamu merampingkan semua mentions terkait brandmu dan parameter pencarian ke satu tempat sehingga kamu hanya perlu memfokuskan waktu untuk menanggapi pesan penting dan mengembangkan strategi.

Manfaat paling langsung dari social media monitoring adalah membuat customermu merasa didengar dan didukung. Dari data yang kami peroleh melalui Indeks Sosial Sprout, ditemukan bahwa 59% konsumen menjangkau brand di sosial media platform karena mereka memiliki pengalaman yang luar biasa, dan 47% konsumen diantaranya menjangkau brand di sosial media platform karena mereka memiliki pertanyaan tentang produk atau layanan.

Berikut adalah alasan mengapa social media monitoring penting untuk bisnis kamu:

1. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik

Menurut observasi, lebih banyak audiens menjangkau brand untuk layanan pelanggan melalui sosial media platforms. Menggunakan sosial media platforms, customer memiliki kemampuan untuk berkomunikasi langsung dengan brand yang mereka sukai, baik dengan menandai postingan, menulis review online, atau mengirim pesan langsung melalui Facebook, Instagram, TikTok atau platform lainnya.

2. Mempelajari perasaan customers yang sebenarnya terhadap brand kamu

Sangat banyak customers memiliki pengalaman negatif dengan brand di sosial media. Penting untuk mempelajari tentang sentimen pelanggan terhadap produk atau layanan kamu. Social media monitoring dapat membantu brand kamu dengan memberi kamu telinga untuk mengidentifikasi umpan balik positif dan untuk mempelajari apa yang perlu ditingkatkan melalui umpan balik negatif.

3. Melakukan lebih baik dari yang bisa dilakukan pesaing bisnis kamu

Social media monitoring tidak terbatas pada brand kamu tetapi juga memainkan peran khusus untuk melihat apa yang dilakukan pesaing. Ketika kamu mengamati ulasan negatif customer mereka, maka kamu dapat menciptakan cara strategis untuk menyampaikan apa yang tidak dapat dilakukan pesaing bisnismu.

5. Memenangkan customers kamu

Social media monitoring juga merupakan salah satu cara untuk memenangkan kembali pelanggan yang kecewa dengan layanan atau produkmu.Kamu masih dapat memulihkan peluang untuk berbisnis dengan mereka di masa depan, karena yang paling penting bagi customers adalah pendapat mereka didengar.

Bagaimana monitoring tool bekerja?

Bagaimana monitoring tool bekerja? - Matamaya

Sebagian besar aplikasi social media monitoring bekerja dengan mengecek platform secara terus menerus dan mengindeksnya. Beberapa secara real time, seperti Twitter, akan tetapi platform lain mungkin lebih jarang.

Setelah semua platform tersebut diindeks, informasi yang diperoleh dari platform kemudian dapat dicari. Sebagian besar alat menggunakan beberapa bentuk query atau string pencarian yang ditulis user untuk menemukan penyebutan kata dan frasa tertentu di halaman tersebut. Ini kemudian akan membawa mention kembali ke tool’s interface yang kemudian dapat dibaca, dipotong, dan sebagainya.

Dengan demikian, kamu perlu memantau sosial media dan menentukan prioritas brand kamu sehingga kamu tahu kata kunci mana yang menjadi fokus. Hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan sosial media monitoring, antara lain:

  1. Mempelajari lebih jauh siapa customer kamu dan apa yang mereka cari
  2. Menemukan influencer dalam strategi pemasaran
  3. Berkontribusi pada percakapan untuk membangun kredibilitas brand kamu, dan
  4. Menanggapi pertanyaan dan dukungan pada produkmu yang diposting ke sosial media platforms.

Social media monitoring Indonesia

Aplikasi social media monitoring Indonesia berbeda dari alat pemantauan berbasis kata kunci konvensional dalam banyak hal. Untuk satu hal, aplikasi ini menawarkan gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi di Indonesia, yang dapat membantu bisnismu menjangkau audiens lokal.Tidak hanya itu, aplikasi social media monitoring Indonesia memungkinkan kamu untuk terhubung lebih baik dengan komunitas audiensmu serta terlibat dengan influencer social media lokal dan memanfaatkan tagar/ hashtag lokal.

Aplikasi social media monitoring Indonesia dirancang secara khusus sesuai dengan pemahaman kearifan lokal yang lebih baik sehingga dapat menghasilkan analisis yang lebih akurat. Penggunaan bahasa lokal dan analisis isu yang berkembang merupakan hal penting yang hanya bisa dilakukan oleh social media monitoring Indonesia, jika kamu mengembangkan bisnismu pada level lokal. Contoh social media monitoring Indonesia, antara lain:

 

1. Matamaya.id

Matamaya.id - Matamaya

Matamaya.id merupakan salah satu aplikasi social media monitoring Indonesia yang tengah berkembang baru-baru ini dengan fokus utama berupa pegukuran kinerja media sosial. Tidak hanya fitur monitoring, aplikasi ini juga menawarkan fitur lain seperti social listening dan influencer analytics. Aplikasi monitoring ini sangat reliable menghasilkan hasil analisis yang akurat untuk membantu kamu dalam mengembangkan strategi konten sosial media bisnismu.

Aplikasi social media monitoring ini mengukur engagement, jangkauan, impressions, tagar, sentimen sosial, dan percakapan audiens di setiap social media platforms termasuk YouTube dan TikTok. Seluruh informasi dan data yang dibutuhkan oleh bisnsimu akan disajikan dalam tampilan visual dan charts yang mudah dibaca dalam satu tampilan layar.

Tidak hanya mampu memantau sosial media platforms bisnismu, Matamaya.id dapat membantu memantau kinerja pesaing di seluruh sosial media platforms dan situs web lainnya berdasarkan jumlah total pengikut, jumlah posting, jangkauan total, impression, serta engagement mereka. Manfaat khusus menggunakan Matamaya.id ini adalah dapat membantu kamu mengoptimalkan kinerja konten sosial media bisnismu untuk dapat bersaing dengan marketer lain.

 

2. Indonesia Indicator

Social media monitoring tools lain yang dikembangkan oleh Indonesia adalah Indonesia Indicator yang menawarkan fitur cukup lengkap mulai dari intelligence media management, intelligence perception analysis, dan portal data. Data yang divisualisasikan cukup kompleks pada setiap fitur. Untuk menjalankan social media monitoring untuk bisnismu, kamu bisa memulai dengan memanfaatkan intelligence media management dan perception analysis.

Indonesia Indicator - Matamaya

Kedua fitur tersebut memiliki sistem yang bekerja 24 jam secara real time dan otomatis untuk memberikan kajian secara lengkap mulai dari timeline, influencers, media, sentiment, comparison, dan penelusuran terhadap detail terhadap bisnismu.

Indonesia Indicator yang mengusung tagline “Strategic Intelligence Company” memiliki fokus tidak hanya memantau sosial media platforms, melainkan analisis data dan kajian strategi yang dapat dijadikan input bagi pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran dan atau startegi konten sosial media.

Bagi kamu yang masih merintis bisnis atau sedang membesarkan nama brand atau mengkampanyekan gerakan tertentu, akan sangat terbantu dengan cara kerja Indonesia Indicator.Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi social media monitoring Indonesia ini adalah sistem pelaporan yang tidak hanya berisi data pantauan, tetapi juga perencanaan dan prediksi kondisi di masa mendatang.

Dashboard yang ditampilkan berisi content dan statistic untuk sosial media platforms, forum online, dan situs web lainnya yang akan berisi rangkuman dari seluruh informasi yang kamu butuhkan.Seluruh informasi akan ditampilkan dalam bentuk Trending Topics, bisa secara umum ataupun spesifik yang berkaitan dengan brandmu.Kamu dapat memantau setiap saat, mulai dari urutan issue yang terpenting berdasar kuantitas pembahasan issue terkait brandmu.

 

3. NoLimit

NoLimit - Matamaya

NoLimit adalah salah satu social media monitoring Indonesia yang dikembangkan berbasis web sehingga memudahkan dalam memantau maupun menganalisis data-data terutama perbincangan di sosial media platforms.

Secara keseluruhan, aplikasi monitoring NoLimit menawarkan tiga fitur utama yakni NoLimit Care, Online Loyalty, dan NoLimit Dashboard, dimana NoLimit Dashboard merupakan fitur yang fokus pada social media monitoring. Sementara itu, fitur lainnya, yakni NoLimit Care akan membantu menganalisis penggunaan sosial media platform yang dipilih untuk menjalankan strategi konten sosial media dan fitur Online Loyalty yang dapat dimanfaatkan untuk membantu peningkatan publikasi dan promosi bisnismu.

Sistem NoLimit memiliki teknologi big data yang berfokus pada analisis sosial media dan sistem ini merupakan sistem yang paling direkomendasikan bagi digital marketer yang memilih sosial media sebagai platform strategi konten sosial media bisnis mereka.

Aplikasi NoLimit juga dapat memantau campaign online yang sedang dijalankan oleh bisnismu melalui analisis engagement dan interaction. NoLimit mampu memberikan sentimen analisis. Hal ini akan sangat menguntungkan brand kamu untuk dapat menentukan strategi atau langkah efektif selanjutnya.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.