Matamaya

Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence

Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence
08 February 2022

Kualitas reputasi sangat mempengaruhi brand untuk dapat hidup dan terus berkembang. Dengan social media analysis tools, sangat membantu untuk mengetahui apa yang audiens katakan tentang brandmu di media sosial, sehingga kamu dapat bereaksi dengan tepat dan mengambil kendali krisis.

Beberapa waktu lalu, kami telah menuliskan artikel tentang rekomendasi social media management tools terbaik yang dapat kamu gunakan, namun banyak dari alat tersebut menargetkan bisnis untuk skala tertentu. Kamu harus menemukan alat yang cocok yang dapat membantumu menemukan penyebutan produk dan brandmu di media sosial, terlepas dari apa pun ukuran atau tingkat persaingan yang bisnismu miliki. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih mendetail tentang satu alat analisis yang sangat penting untuk menilai performance strategi marketing, yakni social media listening tools, dan platform yang relevan dengan kebutuhan tersebut. 

 

Perbedaan Social Media Listening, Monitoring, dan Intelligence

Perbedaan Social Media Listening, Monitoring, dan Intelligence - Matamaya

(source: Forbes.com)

 

Banyak istilah yang digunakan dalam strategi media sosial sulit untuk dipahami karena memiliki definisi yang hampir sama. Misalnya, kebanyakan orang menggunakan istilah social media listening dan social media monitoring secara bergantian, padahal keduanya merupakan konsep yang berbeda. Begitupun social media listening dengan social media intelligence. Dalam artikel ini, kami akan membantumu memahami ketiganya agar dapat membedakan dan menerima manfaat secara optimal. Berikut penjabaran singkatnya.

Social media listening adalah aktivitas menganalisis data yang bersifat kualitatif di dalam percakapan dan penyebutan brandmu di social media platforms, seperti siapa, dimana dan bagaimana mereka membicarakan brandmu, adakah trend yang perlu kamu khawatirkan, dan bagaimana posisi brandmu di antara brand produk sejenis lainnya. Berbeda dengan social listening, social media monitoring adalah tentang mengumpulkan data yang bersifat kuantitatif, seperti berapa kali brandmu disebut dan bagaimana keseluruhan brand awarenessmu.

Mungkin di antara ketiganya, penggunaan istilah social media intelligence sedikit jarang digunakan, namun seringkali tidak dibedakan dengan social media listening. Social media intelligence pada dasarnya merupakan sebuah konsep yang dikembangkan dari social media listening, dimana secara praktis membicarakan tentang insights yang mendetail untuk mendorong keputusan yang lebih cerdas. Social media intelligence banyak dibicarakan sebagai standar analisis baru, dimana sebelumnya social media listening merupakan standar analisis yang dilakukan untuk mendeteksi sumber inspirasi untuk kampanye dan produk di masa mendatang. Saat konsep social media intelligence berkembang, social media listening dinilai tidak cukup lagi. Sebagai gantinya, pebisnis memerlukan insights mendetail yang dapat mendukung keputusan berdasarkan insights pelanggan yang berasal dari media sosial.

Social media intelligence lebih dari sekadar melacak hashtag dan mention seperti yang dilakukan social media listening. Social media intelligence dapat mengubah data online menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti. Kamu dapat menggunakan teknik ini untuk melacak ekuitasmu secara lebih rinci, mendeteksi trend, dan memahami customers lebih mendalam. Hal ini dapat membantumu membuat keputusan pemasaran yang lebih baik, dan bahkan dapat membantu memahami cara berinteraksi dengan audiens secara online.

Pada kenyataannya, tidak banyak social media management tools yang menawarkan intelligence analysis secara terpisah, namun ada sebagian tools yang telah melibatkan fungsi intelligence di dalam social media listening tools. Salah satu platform yang memiliki fungsi gabungan listening dan intelligence analysis adalah Matamaya. Berikut kami akan menjelaskan manfaat yang akan kamu peroleh dari Matamaya social media listening tool.

 

Definisi Social Media Listening Tools dan Manfaatnya

Definisi Social Media Listening Tools dan Manfaatnya - Matamaya

 

Media sosial saat ini telah menjadi a powerful sales tool, karena berbagai segmen audience nampaknya aktif di beberapa social media platforms, tidak hanya generasi Z dan millennial. Sebagai konsekuensinya, kamu perlu menyediakan sumberdaya tambahan untuk mengetahui percakapan mereka. Salah satu sumberdaya tambahan efektif dan efisien yang dimaksud adalah social media listening tools.

 

Definisi Social Media Listening Tools

Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence - Matamaya

 

Arti social media listening tools dikhususkan pada alat yang dapat mengawasi bagaimana perasaan pelanggan dan prospek tentang produk, brand, dan pesaingmu melalui pemantauan dan analisis penyebutan brand, penyebutan pesaing, hashtag, trend, diskusi, dan feedback di social media platforms. Social media listening tools menawarkan berbagai fitur, dari sekadar pemantauan hingga pengumpulan data untuk pelaporan dan penelitian hingga membantu dalam pengambilan keputusan. Alat ini dapat membantu untuk membangun komunitas sosialmu, memulai percakapan dengan pelanggan dan meningkatkan shares dan mentions.

 

Manfaat Social Media Listening Tools

Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence - Matamaya

Source: https://www.mentionlytics.com/blog/social-media-intelligence-vs-social-listening/

 

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan beberapa manfaat social media listening tools, diantaranya mengelola reputasi, menganalisis pesaing, dan terlibat dengan pelanggan. Kami akan menuliskan beberapa manfaat lainnya agar kamu dapat mengetahui manfaat yang optimal dari social media listening.

 

  1. Interaksi langsung

    Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence - Matamaya
    Social media listening tools seperti Matamaya memungkinkan marketer melacak penyebutan brand mereka di media sosial. Tools ini memiliki fungsi intelligence sehingga memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan cepat dengan pengguna, memberikan dukungan pelanggan, bereaksi tepat waktu terhadap keluhan dan feedback negatif mereka.


  2. Mengungkapkan kebutuhan customers yang belum terpenuhi

    Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence - Matamaya

    Memantau keywords tertentu dan hashtag terkait produk atau industri memungkinkanmu mengetahui berbagai masalah pelanggan yang belum terpecahkan. Dengan memantau sentimen media sosial, kamu dapat mengidentifikasi perasaan mereka tentang brandmu dan ini akan secara cepat meningkatkan sentimen. Jika sentimen sedang turun, kamu dapat mengetahui alasannya dan segera mengambil tindakan dengan bantuan social listening tools.


  3. Memprediksi krisis

    Social Media Management: Social Media Listening Tools Berbeda dengan Monitoring dan Intelligence - Matamaya

    Kamu dapat memprediksi krisis sebelum itu menimpa brandmu. Jika kamu berhasil mengetahui feedback negatif dan sentiment buruk tentang brandmu lebih awal, kamu akan dapat mencegah krisis tersebut bagi brandmu.

 

Perbandingan Social Media Listening Tools

 

Sebagian besar social media analysis tools hanya fokus pada satu tugas sederhana, misalnya mengumpulkan semua statistik yang berkaitan dengan bisnis di satu platform. Namun, banyak juga tools yang menggabungkan fungsi social media listening, monitoring, dan intelligence ke dalam satu platform. Kamu hanya membutuhkan social media listening tools yang tepat yang akan selalu memenuhi kebutuhan dan sumberdaya yang kamu miliki. Salah satu social media listening tools yang kami sangat rekomendasikan adalah Matamaya. Diantara social media listening tools lainnya, Matamaya merupakan platform buatan Indonesia yang memiliki fungsi analisis yang dapat menjangkau kebutuhan berbagai jenis perusahaan, terlepas dari skala dan tingkatan pesaingnya.

Matamaya social media listening memiliki fitur yang lebih beragam dibandingkan listening tools lainnya. Platform ini dapat melakukan berbagai analisis percakapan dan feedback pelanggan, membantumu mendeteksi bahasa yang sesuai dan mudah dipahami audiens, melacak reputasi online, mengidentifikasi dan mengelola krisis serta membantu dalam memantau strategi pemasaran influencer untuk kampanye pemasaran bisnis berdasarkan analisis konten. 

Fitur social media listening yang ditawarkan Matamaya, antara lain:

  1. Skema gratis, demo, dan berbayar.
    Matamaya social media listening tools gratis menyediakan setidaknya 7 layanan meliputi pendataan 1 akun social media platform, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 brand kompetitor, melakukan penyimpanan performa marketing campaign di 1 media sosial, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format terbatas

  2. Penggunaan satu dashboard untuk semua kebutuhan pengelolaan media sosial (misalnya, social listening, engagement, reporting, dan audience data management).

  3. Dikelola oleh multi-admin, dimana akun master dapat menambahkan member dan menentukan hak akses (viewer/ editor) dari setiap member.

  4. Notifikasi manajemen krisis dapat dikirimkan secara langsung ke email dengan format email yang dapat didesain sesuai kebutuhan.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.