Matamaya

Social Media Listening Tools Terbaik di Indonesia dengan Fitur Terlengkap

Social Media Listening Tools Terbaik di Indonesia dengan Fitur Terlengkap
18 January 2022

Apa Itu Social Media Listening

Social media listening adalah kegiatan menganalisis percakapan dan penyebutan di social media platforms tidak hanya terkait segala hal yang terjadi di sekitar brandmu, tetapi juga bidang industri yang kamu jalankan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengawasi apa yang pelanggan dan prospekmu katakan mengenai produk/ layanan, konten, dan dukungan, baik yang ditujukan langsung pada brandmu atau mungkin lebih luas lagi dimana brandmu tidak disebutkan secara langsung. Insights tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih baik nantinya karena kamu akan mendapatkan berbagai informasi yang dapat membantu dalam memahami mengapa, dimana, dan bagaimana percakapan ini terjadi serta apa yang pelanggan dan prospekmu sedang pikirkan.

 

Social Media Listening vs Monitoring

Source: hootsuite.com/

Sepintas, social media listening tampak seperti social media monitoring, dan perbedaan keduanya sangat membingungkan. Akan tetapi, ternyata keduanya memiliki konsep yang berbeda, dimana kamu membutuhkan social media monitoring untuk dapat melakukan social media listening. Perbedaan social media listening dengan social media monitoring yang paling sederhana terletak pada bagaimana analisis sentimen yang merupakan fungsi utama dari social media listening akan membantumu memahami dengan lebih baik apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh orang tentang produk/ layanan yang kamu miliki dan dimiliki oleh pesaing, alih-alih hanya menghitung penyebutan terkait brandmu. 

Sementara itu, social media monitoring adalah tentang mengumpulkan data kuantitatif yang memungkinkanmu untuk melihat kembali apa yang telah terjadi dengan menggunakan metrik, seperti brand mention, hashtag yang relevan, penyebutan pesaing, keywords dan sebagainya. Meskipun social media monitoring lebih pasif daripada social media listening karena kurang fokus pada tindakan atas data yang telah dikumpulkan, social media monitoring sangat bermanfaat untuk memberikan kamu informasi apa saja yang dapat membantu pemasaran di social media platforms dan memantau ROI.

Berikut perbedaan signifikan social media listening vs monitoring yang dapat kami rangkum untuk memudahkanmu membedakan keduanya:

  • Social Media Listening
    Social media listening adalah tentang memahami dan menganalisa data yang bersifat kualitatif seperti siapa, dimana dan bagaimana mereka membicarakan brandmu, adakah trend yang perlu kamu khawatirkan, dan bagaimana posisi brandmu di antara brand produk/ layanan sejenis lainnya?
  • Social Media Monitoring
    Social media monitoring adalah tentang mengumpulkan data kuantitatif seperti berapa kali brandmu disebut dan apa keseluruhan brand awarenessmu?

 

Kegunaan Social Media Listening Tools

Sekarang ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi dengan kerabat, tetapi banyak bisnis hadir memanfaatkan social media platforms untuk memasarkan serta menjaring berbagai data dan informasi guna pengembangan produk/ layanan mereka. Terlebih, media sosial saat ini menjadi a powerful sales tool, karena berbagai segmen target audience yang ingin dituju nampaknya aktif di banyak social media platforms. Sebagai hasil, kamu perlu menyediakan sumberdaya tambahan untuk mengetahui apa yang mereka bicarakan. Namun akan jauh lebih efektif dan efisien jika kamu menggunakan bantuan social media listening tools.

Social media listening tools adalah alat yang dapat membantu kamu memonitor berbagai social media platforms dalam satu metrik yang terintegrasi mengenai apa yang pelanggan dan prospek kamu perbincangkan terkait brandmu. Social media listening tools memiliki banyak kegunaan, dan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis.

  • Mengelola Reputasi
    Cara kamu melihat setiap feedback yang diberikan oleh pelanggan dan menafsirkan bagaimana perasaan mereka terhadap brandmu, baik secara sadar atau tidak, itu akan sangat mempengaruhi bagaimana reputasi brandmu. Oleh karena itu, mengidentifikasi dan menganalisis sentimen pelanggan akan sangat penting dalam penilaian reputasi brand. Jika sentimen terhadap brand menurun, maka segala strategi pemasaran yang kamu lakukan akan bertentangan dengan pengalaman yang diharapkan oleh pelanggan. Ini tentu akan mempengaruhi reputasi brand dalam beberapa saat, dan terkadang secara permanen.
  • Menganalisis Pesaing
    Melacak dan menganalisis pesaing bisnis akan menjadikanmu selangkah lebih maju dan membantu dalam memastikan produk/ layanan yang kamu berikan dapat mempertahankan keunggulan kompetetitif. Ini akan membantumu memastikan produk/ layananmu berbeda dari brand pesaing dan memberikan citra yang lebih unggul di depan prospek bisnismu.
  • Terlibat dengan Pelanggan
    Kamu dapat mengidentifikasi siapa yang mendukung dan mengkritik produk/ layanan yang kamu tawarkan melalui social media listening tool. Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menciptakan percakapan yang menyatukan komunitas dan memberikan peluang kepada brandmu sendiri untuk dapat memperbaiki masalah apapun yang mungkin dihadapi oleh pelanggan di media sosial, baik terkait produk/ layanan yang kamu jual, hingga service yang diberikan. Dengan ini kamu dapat mengubah pengalaman buruk yang dimiliki oleh pelanggan menjadi pengalaman yang baik, dan memperbaiki keseluruhan brand awarenessmu. Dengan menjadi aktif dan terlibat dengan pelanggan, kamu juga berpeluang untuk menjadi kreatif dalam menyusun strategi pemasaran karena mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.

Source: theimpulsedigital.com

 

Social Media Listening Tools Indonesia Terbaik dengan Fitur Terlengkap

Sebagian besar social media tools hanya fokus pada satu tugas sederhana, misalnya mengumpulkan semua statistik social media platforms tentang bisnis mereka di satu tempat. Namun, banyak juga tool yang menggabungkan social listening, social tracking, dan social analytics ke dalam satu platform atau software yang dianggap sebagai social media management tool. Yang perlu diingat, yang kamu butuhkan hanyalah memilih social media listening tools yang tepat, bukan yang terbaik. Social media listening tools terbaik adalah yang alat yang akan selalu memenuhi kebutuhan dan sumber daya yang kamu miliki. Berikut adalah social listening tools Indonesia dengan fitur terlengkap yang dapat kamu jadikan referensi dan dapat membantumu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang social media listening tool yang tepat untuk bisnismu.

 

Matamaya

Dengan social media listening tools terbaik dari Matamaya, kamu akan mendapatkan data tentang brandmu secara akurat dengan memantau interaksi, percakapan, dan audiens dengan mudah di berbagai social media platforms. Matamaya merupakan tool yang dapat mengelola interaksi, keterlibatan sehari-hari, dan memposting konten di media sosial tanpa perlu khawatir untuk log in ke profil media sosial bisnismu. Selain itu, fitur di Matamaya dapat menargetkan audiens tertentu menggunakan database yang akan membantumu lebih memahami apa arti orang-orang ini bagi bisnismu. Fitur social media listening yang ditawarkan Matamaya memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

 

  • Menggunakan satu dashboard untuk semua kebutuhan pengelolaan media sosial (misalnya, social listening, engagement, reporting, dan audience data management).
  • Dikelola oleh multi-admin, dimana akun master dapat menambahkan member dan menentukan hak akses (viewer/editor) dari setiap member.
  • Notifikasi manajemen krisis dapat dikirimkan secara langsung ke emailmu dengan format email yang dapat didesain sesuai kebutuhan.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.