Matamaya

Pentingnya Instagram Analytics Bagi Bisnis

Pentingnya Instagram Analytics Bagi Bisnis
28 October 2022
Pentingnya Instagram Analytics Bagi Bisnis - strategi konten media sosial - Matamaya

Jika kamu ingin memulai mengembangkan akun Instagram, memantau Instagram analytics adalah hal yang penting untuk dilakukan. Instagram analytics dapat membantu bisnis kamu dalam menargetkan audiens yang tepat, meningkatkan strategi konten, dan menjangkau audiens baru.

Namun, mempelajari Instagram analytics dan metriknya terbilang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas mulai dari mengapa Instagram analytics penting hingga cara melakukannya.

 

Mengapa Instagram Analytics Penting?

Memantau Instagram analytics mungkin terdengar memakan banyak waktu, tetapi memantau pertumbuhannya secara keseluruhan sangat penting di era digital yang kompetitif ini. Kamu perlu mengetahui pertumbuhan pengikut, jangkauan dari setiap postingan jangkauan, dan interaksi yang kamu peroleh dari waktu ke waktu. 

Dengan memantaunya secara konsisten, kamu dapat memberikan konten berkualitas tinggi kepada audiens di Instagram. Berikut merupakan alasan mengapa Instagram analytics penting untuk perkembangan akun bisnis: 

  1. Memahami Audiens
    Memahami audiens maupun pelanggan adalah kunci untuk mencapai tujuan bisnis. Kamu harus mengenal audiens dengan baik supaya bisa meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan hingga membangun kesetiaan pelanggan.
    Dalam Instagram analytics, audiens terpecah berdasarkan demografi, kelompok usia, jenis kelamin, dan lokasi spesifik mereka. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk memfokuskan kampanye pemasaran.

  2. Menghasilkan Konten Berbasis Data
    Dengan mempelajari Instagram analytics, kamu dapat menentukan dengan tepat postingan yang sekiranya efektif untuk berinteraksi dengan audiens. Kamu dapat menggunakan sejumlah metrik engagement untuk menentukan performa terbaik dari sebuah konten. Hal ini akan memungkinkanmu mengetahui apa yang berfungsi dan dapat mereplikasinya dengan posting serupa.

  3. Mempelajari Waktu Terbaik untuk Posting
    Kamu perlu tahu waktu di saat audiens menghabiskan waktu lebih banyak di Instagram untuk mendapat waktu posting yang optimal. Kamu dapat melihat postingan selama seminggu atau sebulan terakhir untuk mengetahui informasi ini.
    Mempelajari waktu posting juga akan membantumu dalam menganalisis penyebab rendahnya keterlibatan audiens. Sekalipun konten kamu bagus, tetapi tanpa informasi waktu ini bisa jadi jangkauan dari postingan kamu rendah.

 

Cara Menggunakan Instagram Audience Analytics

Memahami tentang Instagram audience analytics merupakan hal yang penting bagi bisnis agar bisa mendalami minat audiens yang menikmati konten. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan strategi konten dan waktu posting yang sesuai.

Kamu bisa mengakses Instagram audience analytics secara langsung melalui aplikasi Instagram. Caranya adalah dengan buka “Professional dashboard” pada halaman profil. Kemudian, pilih “Insight Akun” dan ketuk “Lihat Semua”. Ketuk lagi pada tab “Total pengikut” yang ada di bagian “Gambaran Umum”. Dari sini, kamu akan dapat melihat analitik pengikut Anda hingga 90 hari.

Instagram Audience Analytics - Matamaya

Berikut metrik penting yang bisa kamu perhatikan saat menganalisis audiens:

  1. Pertumbuhan pengikut
    Jika kamu tidak melacak pertumbuhan pengikut, maka kamu akan sulit untuk mengetahui strategi konten mana yang berhasil dan dapat direplikasi. Misalnya, saat kamu mengalami penambahan pengikut setelah membagikan Reels di Instagram. Hal itu menandakan bahwa konten berbentuk video dapat kamu perbanyak agar bisa mendapat penambahan pengikut secara konsisten.
  2. Lokasi populer
    Melalui informasi lokasi populer, kamu akan mengetahui lokasi audiens berada berdasarkan kota dan negara. Selain itu, kamu juga dapat melihat jam dan hari paling aktif bagi audiens. Kedua indikator ini berharga untuk mengoptimalkan strategi dengan memilih waktu terbaik untuk memposting.

 

Cara Menggunakan Instagram Feed Post Analytics

Terdapat dua cara dalam melakukan Instagram feed post analytics. Cara pertama adalah melalui “Professional dashboard” pada halaman profil. Kemudian, pilih “Insight Akun” dan ketuk “Lihat Semua”. Dari “Gambaran Umum”, gulir ke bawah ke “Konten yang Anda Bagikan”, lalu klik panah kanan di sebelah jumlah postingan. Kamu dapat memilih jangka waktu dari 7 hari hingga 2 tahun terakhir dan memfilter berdasarkan jenis postingan (foto atau video). 

Analitik setiap postingan pun bisa didapatkan dengan mengetuk “Lihat Insight” yang terdapat di bawah postinganmu. Sebuah halaman akan menunjukkan interaksi konten, kunjungan profil, dan jangkauan secara detail dari Instagram feed post analytics.

Instagram Feed Post Analytics - Matamaya

Berikut metrik penting yang bisa kamu perhatikan saat menganalisis postingan feed:

  1. Engagement rate
    Metrik ini adalah dasar untuk mengevaluasi seberapa baik kontenmu mendapatkan interaksi dari audiens. Persentase ini akan sering turun saat seiring penambahan jumlah pengikut di Instagram.

  2. Website referral traffic
    Website referral traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi situs web dari Instagram, baik tautan pada bio dan story. Memantau metrik ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar ROI Instagram yang kelola.

  3. Impressions
    Impressions merupakan jumlah total berapa kali postingan ditayangkan kepada pengguna Instagram. Impressions menunjukkan seberapa baik optimasi konten yang telah kamu lakukan seperti halnya penggunaan hashtag.

  4. Reach
    Reach adalah jumlah total akun yang melihat postinganmu. Jumlah reach tidak hanya berkaitan dengan jumlah pengikut, tapi juga seberapa menarik konten yang kamu buat.

 

Instagram Analytics Matamaya

Instagram Analytics Matamaya - Matamaya

Dari pembahasan di atas, dapat kita lihat bahwa terdapat banyak metrik Instagram yang perlu kamu lacak dan laporkan. Di luar itu pula masih terdapat Instagram live dan story yang sebaiknya kamu perhatikan untuk mengetahui keterlibatan audiens. Tentunya, untuk dapat melakukannya kamu perlu banyak waktu dan konsisten agar mendapatkan hasil terbaik.

Untuk memudahkanmu, kamu bisa menggunakan tools di luar yang disediakan Instagram. Matamaya dapat menyajikan data-data Instagram analytics yang kamu perlukan melalui laporan media sosial yang mudah kamu pahami. Metrik yang dapat kamu temukan dalam Matamaya meliputi pertumbuhan pengikut, demografi pengikut, detail performa konten, hingga monitoring performa kompetitor pun bisa kamu temukan.

Jika kamu sedang melakukan campaign melalui Instagram seperti giveaway ataupun influencer, kamu akan mudah melacak keberhasilannya melalui menu Activity. Tidak perlu repot untuk menyusunnya satu per satu dalam sebuah laporan. Kamu dapat mengunduh laporan Instagram analytics dalam file Ms. Excel dan Ms. Power Point langsung dari dashboard Instagram analytics Matamaya. 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.