Matamaya

Pentingnya Content Analysis dalam Digital Marketing dan Tool yang Dapat Digunakan

Pentingnya Content Analysis dalam Digital Marketing dan Tool yang Dapat Digunakan
10 June 2022

Mengaudit konten saat ini tidak lagi menjadi pilihan, namun merupakan keharusan untuk mencapai ROI yang maksimal dari penerapan strategi konten bisnismu. Bahkan meskipun kamu telah membuat konten yang paling kreatif dan menerima engagement yang besar, kamu tidak dapat mengharapkan hiruk-pikuk digital berlanjut tanpa melakukan tindak lanjut yang tepat. Kamu harus tetap memastikan konten yang kamu buat dibaca oleh audience. Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus memahami target audience, menganalisis beberapa hal penting dengan cermat, fokus pada pembuatan konten yang menekankan pada kekuatan bisnismu, dan mengikuti aturan SEO. Salah satu metode yang dapat membantu untuk mencapai persyaratan ini adalah dengan melakukan content analysis.

Content analysis dalam digital marketing merupakan sebuah analisis yang digunakan untuk menentukan maksud, tujuan, dan makna dari semua jenis komunikasi (gambar, video, dll.). Hal ini dicapai dengan mengevaluasi rincian spesifik, elemen, dan implikasi dari konten. Secara spesifik, content analysis digunakan untuk mengevaluasi efektivitas konten pemasaran yang dihasilkan, menentukan sisi lemah dan kuatnya, dan mencari kemungkinan rekomendasi untuk perbaikan konten.

Apa keuntungan menggunakan content analysis? Keuntungan dari content analysis dapat dirasakan berbagai bidang. Hal ini karena keandalan dan implementasinya yang cukup sederhana. Kamu bahkan tidak memerlukan sampel besar agar content analysis yang kamu lakukan dalam digital marketing akurat. Berikut beberapa kelebihan menggunakan content analysis:

  • Sangat Fleksibel
    Content analysis dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, serta dengan biaya berapapun juga. Yang harus kamu lakukan hanyalah mendapatkan akses ke sumber yang kamu butuhkan.

  • Pengumpulan Data yang Mudah
    Karena sebagian besar sumber ditulis atau direkam, kamu tidak memerlukan sampel untuk melakukan studi yang akurat. Kamu dapat dengan mudah menganalisis komunikasi dan interaksi sosial tanpa mempengaruhi hasil dengan kehadiran sampel. Faktanya, sebagian besar reaksi dan tanggapan yang kamu butuhkan telah terjadi, artinya ini hanya terkait pengumpulan sumber.

Content analysis dalam digital marketing - Matamaya

 

Lalu, Mengapa Content Analysis penting untuk Content Marketing?

Riset terbaru Statista menyebutkan bahwa 4,33 miliar orang aktif menggunakan internet. Mereka menghabiskan berjam-jam untuk menyerap informasi baru yang muncul di layar mereka. Tidak mengherankan bahwa 91% bisnis B2B dan 86% bisnis B2C secara aktif menggunakan pemasaran konten untuk menjangkau audience mereka. 

Dengan melakukan content analysis yang tepat, itu dapat membantumu meningkatkan posisi situs web bisnismu di halaman pencarian, meningkatkan konten, dan mendatangkan customer baru. Kamu dapat mengetahui lebih jauh tentang tujuan atau keefektifan dari style komunikasi pada kontenmu, seperti mengidentifikasi bias dalam komunikasi, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang niat audience, menemukan pola bagaimana konsep tertentu dikomunikasikan, dan mempelajari konsekuensi dari berbagai jenis konten.

Lebih lanjut lagi, dalam praktiknya, content analysis pada digital marketing digunakan misalnya jika kamu ingin mempelajari frasa atau kata yang digunakan dan melihat mana yang paling berhasil untuk kampanye pemasaran bisnismu sendiri. Content analysis akan mengungkapkan reaksi audience terhadap berbagai iklan di situs mu yang pada akhirnya membantu kampanye pemasaran menjadi lebih menguntungkan.

 

Cara Mengintegrasikan Content Analysis ke Kampanye Digital Marketing

Terdapat tiga elemen utama yang perlu dipastikan oleh setiap marketer untuk menghasilkan konten digital marketing yang baik, yakni:

Cara Mengintegrasikan Content Analysis ke Kampanye Digital Marketing - Matamaya

Pentingnya Penggunaan Keywords

Seperti yang kamu harapkan dari sebuah artikel tentang suatu hal tertentu, keywords adalah poin pembicaraan yang penting. Ini diperkuat oleh fakta bahwa kita secara khusus berbicara tentang konten yang merupakan media utama untuk menyisipkan keywords. Jadi, bagaimana kamu dapat menganalisis dan menggunakan keywords dalam konten marketing untuk keuntungan yang lebih besar? Jawabannya cukup sederhana, kamu hanya perlu menggunakannya dalam jumlah yang tepat. Tentu kamu tidak ingin memiliki begitu banyak keywords sehingga teks iklan terlalu sedikit, dan crawler bot tidak akan dapat mengidentifikasi secara akurat tentang konten yang sebenarnya. Kamu juga harus memastikan bahwa kontenmu telah menggunakan long tail keywords yang cukup untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konten iklan yang kamu diskusikan.

Pentingnya Melakukan Analisis Reguler

Salah satu syarat yang harus dimiliki konten pemasaran yang sukses adalah harus benar secara teknis dan konsisten. Namun, kamu mungkin tidak mengetahui cara untuk mencapai hal tersebut. Inilah pentingnya analisis reguler dilakukan. Analisis reguler adalah bagian penting dari proses perencanaan strategi konten yang sukses. Dengan melakukan analisis reguler, kamu dapat melihat apa yang berhasil untuk bisnismu dan mengetahui pengalaman unik yang dimiliki oleh customer tentang konten dan brand secara keseluruhan. Namun ini tidak datang dengan sendirinya, ini adalah pengalaman yang dapat memberikan hasil besar jika dilakukan dengan benar. Analisis reguler bertujuan untuk meninjau konten marketing secara teratur dan melihat dimana kamu dapat meningkatkan untuk strategi konten mendatang.

Pentingnya Tone

Bagian selanjutnya berfokus pada kata-kata dan topik yang kamu bahas dalam konten digital marketing. Kamu harus selalu menyeimbangkan kebutuhan basis audience, bisnis, dan upaya pemasaran untuk memastikan topik iklanmu relevan dan diinginkan.

 

Content Analysis Tool

Berapa banyak orang yang telah membaca artikel tentang produk? Berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di situs web bisnismu sebelum melakukan purchasing? Berapa banyak orang, setelah melihat video produkmu di Facebook, mengklik link dan mendarat di situs web bisnismu?

Content Analysis Tool - Matamaya

Ini hanya beberapa contoh insights yang dapat diperoleh melalui content analysis. Jika strategi content pertama kali diterapkan melalui blog, tool terbaik yang dapat digunakan adalah Google Tag Manager dan Google Analytics. Keduanya cukup penting untuk memahami perilaku audience dan melacak di dalam situs web. Dalam kasus artikel tentang produk, yang misalnya berisi link ke website purchasing, penting bagimu untuk mengetahui berapa banyak audience yang membaca artikel tersebut. Setelah itu, penting untuk memahami berapa banyak dari mereka yang mengklik link dan mengunjungi e-commerce, dan berapa banyak yang pergi ke halaman lain situs web atau meninggalkan situs secara langsung. Oleh karena itu, melalui tools ini, dimungkinkan untuk membaca bagaimana audience menggunakan konten yang telah dibuat, kemudian mengidentifikasi bagaimana hal ini selanjutnya mempengaruhi pilihan mereka. 

Selain pada blog dan situs web, content analysis juga harus diadopsi untuk mengukur keberhasilan strategi konten social media. Kamu perlu mengetahui jumlah audience yang dijangkau oleh kontenmu dan sejauh mana konten tersebut mendorong mereka untuk berinteraksi. Dengan bergerak dalam strategi terpadu, menggunakan secara sinergi content analysis tools dan insights dari berbagai social media platform seperti Facebook, Twitter, Instagram dll. akan memungkinkanmu untuk memperoleh gambaran umum tentang bagaimana audience berperilaku dalam ekosistem brand. Untuk mengetahui bagaimana kinerja konten social media bisnismu, kamu dapat memanfaatkan berbagai pilihan tools yang tersedia, namun kami merekomendasikan Matamaya karena dapat melakukan banyak analisis reguler yang dibutuhkan dan memberikan berbagai insights berharga untuk kemajuan kontenmu.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.