Content analysis merupakan salah satu bagian penting dari kampanye pemasaran konten karena memungkinkan bisnis untuk memantau keberhasilan kampanye dan menemukan celah dalam strategi pemasaran. Content analysis sangat penting untuk dilakukan guna memahami metrik yang harus dilihat dan manfaatnya bagi bisnismu.
Namun, tidak seperti riset pasar lainnya, content analysis lebih bersifat kualitatif. Hal ini berarti bahwa marketer melakukan content analysis bukan untuk mengukur pola tertentu, melainkan untuk memahami customer secara lebih menyeluruh, menyelidiki sudut pandang customer tentang konten di website dan social media platform. Content analysis jauh lebih berguna bagi bisnis karena sejumlah alasan. Hal yang utama adalah memberikan pandangan yang jauh lebih mendalam dan terperinci tentang strategi pemasaran bisnis dan membantu dalam menemukan apa yang sebenarnya berhasil dan tidak bagi marketer.
Selain hal-hal di atas, kamu juga dapat menganalisis kompetitor dengan melakukan analysis ini. Memahami bagaimana kinerja konten competitor dapat membantumu membuat keputusan yang lebih tepat tentang kampanye pemasaran konten. Misalnya, melalui content analysis kamu dapat melihat apakah ada kata kunci yang diperingkat oleh competitor yang tidak kamu rangking. Dengan informasi tersebut, kamu dapat membuat konten baru di sekitar kata kunci guna meningkatkan traffic organik di website bisnis.
Dalam artikel ini, kita akan banyak membahas panduan lengkap content analysis, seperti apa yang diukur, bagaimana melakukan content analysis dan rekomendasi social management tool yang dapat membantumu mengukur kinerja konten social media marketing.
(https://www.shutterstock.com/id/image-vector/different-designers-set-creative-people-laptop-2088630184)
Sebelum melakukan content analysis, kamu sangat disarankan untuk memahami indikator kinerja utama (KPI) guna mengetahui informasi apa yang paling bermanfaat untuk kampanye pemasaran bisnismu. Hal ini tergantung pada target marketing yang kamu ingin capai. Misalnya, jika KPI utama perusahaan adalah penjualan, dan kamu tidak melihat transaksi baru meskipun jumlah followermu terus mengalami peningkatan, hal ini dapat dimaknai bahwa konten yang kamu miliki tidak seefektif yang seharusnya.
Cara yang bagus untuk menganalisis konten adalah membuat analisis berorientasi pada tujuan. Hal ini berarti kamu harus fokus pada apa yang diinginkan untuk dicapai konten dan informasi apa yang menentukan apakah strategi tersebut berhasil. Berikut adalah beberapa metrik yang dapat kamu pertimbangkan untuk menetapkan target dan untuk menganalisis kampanye pemasaran kontenmu:
(https://www.shutterstock.com/id/image-vector/online-survey-customers-feedback-concept-assessment-2124783083)
Ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk melakukan content analysis, yakni:
Langkah 1: Menyiapkan Data yang Ada
Langkah penting pertama untuk melakukan analysis adalah persiapan. Berbagai aspek rencana akan bergantung pada rancangan dan pengembangan awalnya. Dalam content analysis, kamu dapat memulai dengan merekam apa yang telah kamu publikasikan di social media platforms-mu. Sangat disarankan untuk menggunakan spreadsheet untuk mengumpulkan informasi ini. Selanjutnya, kamu perlu memecah setiap elemen platforms-mu menjadi kolomnya sendiri, antara lain link, video, foto, infografis, audio, dll. Hal ini bertujuan untuk menentukan akar masalah yang tepat, apakah itu link yang rusak atau pemuatan gambar yang lambat. Elemen yang tampaknya kecil ini sebenarnya sangat relevan dengan kesuksesan strategi pemasaran bisnismu.
Langkah 2: Memeriksa Konten
Setelah kamu menyiapkan data dan informasi yang dibutuhkan, saatnya untuk memahami strategi konten yang sedang kamu jalankan. Kamu dapat mengumpulkan informasi ini dari sejumlah metode, namun yang sangat direkomendasikan adalah berbicara dengan customer-mu secara langsung. Sangat penting untuk memutuskan siapa yang harus diajak bicara untuk content analysis dan bagaimana kamu akan menjangkau mereka. Kamu dapat mengadakan interview melalui sambungan telepon dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pendapat mereka tentang konten.
Selain menanyakan customer secara langsung, ada metode lain yang dapat kamu lakukan, yakni dengan memeriksa kinerja konten menggunakan social media monitoring tool seperti Matamaya. Tidak seperti subjek lain, social media monitoring tool sangat memahami apa yang harus dicari dan dapat menawarkan data yang lebih konklusif untuk mendukung content analysis-mu. Matamaya khususnya, selain menyediakan metrik sosial yang kamu butuhkan untuk mengetahui keterlibatan kontenmu dengan customer, juga dapat melakukan sentiment analysis guna menganalisis pesan masuk (termasuk komentar dan feedback) apakah sentimen yang mendasarinya positif, negatif, atau netral. Insights ini dapat bermanfaat untuk membantu brand-mu meningkatkan kualitas produk, konten serta strategi pemasaran di masa mendatang.
Langkah 3: Memulai Competitive Content Marketing Analysis
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merekam informasi, baik dengan bantuan internal dan eksternal. Kamu dapat mengumpulkan informasi ke dalam dokumen atau spreadsheet untuk memudahkan pengorganisasian, namun informasi yang kamu rekam dari keduanya harus dikumpulkan secara terpisah. Setelah merekam informasi, kamu dapat melakukan evaluasi dari informasi tersebut untuk menemukan ketidakkonsistenan di antara keduanya. Dengan melakukan evaluasi, kamu dapat sekaligus memahami reaksi dan cerita customer dari pertanyaan yang kamu ajukan atau hasil sentiment analysis dengan mempelajari frasa kunci yang relevan. Kamu akan dapat menemukan pola yang konsisten atau inkonsistensi dalam jawaban serta menemukan kekuatan atau kelemahan berdasarkan feedback customer.
Penting untuk tidak hanya dapat mengetahui pendapat customer tentang konten marketing-mu, melainkan juga memiliki strategi konten pemasaran yang bersaing dengan competitor. Competitive content marketing analysis merupakan analisis yang dilakukan untuk mengidentifikasi hal-hal seputar konten pemasaran yang dibuat oleh competitor bisnismu guna peningkatan traffic. Untuk dapat melakukan analysis ini, kamu hanya perlu melakukan 5 hal, yakni: