Matamaya

Panduan Instagram Analytics: Manfaat, Insights, dan Tips

Panduan Instagram Analytics: Manfaat, Insights, dan Tips
24 June 2022

Instagram analytics adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran Instagram. Hal ini karena tanpa analytics, upaya pemasaran Instagram bisnismu bisa menjadi sedikit kurang efektif dan tepat sasaran. Bagaimana kamu akan mengetahui jika strategi pemasaran Instagram berjalan dengan baik serta bagaimana kamu melacak kinerja Instagram dan meningkatkan konten?

Analytics merupakan solusi dari kedua pertanyaan di atas. Dengan Instagram analytics, kamu dapat memperoleh berbagai data dan informasi berharga untuk memahami bagaimana kinerja brandmu di Instagram dan bagaimana kamu dapat meningkatkan hasil. Dalam panduan ini, kita akan membahas semua tentang Instagram analytics tutorial dan tips, mulai dari manfaat menggunakan analytics bagi bisnis, insights apa yang tersedia hingga cara mendapatkan semuanya secara gratis untuk meningkatkan pemasaran Instagram bisnismu.

 

Instagram Analytics

Instagram analytics atau insights merupakan fitur yang dapat menunjukkan kepada setiap bisnis analytics keterlibatan yang memberdayakan data yang tersedia terkait hasil kinerja strategi pemasaran untuk meningkatkan strategi Instagram for Business yang dilakukan. Kamu tidak perlu lagi menebak apa yang cocok untuk audience-mu, karena Instagram Insights akan memberitahu peningkatan yang diperlukan oleh kontenmu guna mendapatkan lebih banyak suka, pengikut, dan mengembangkan profil bisnis secara eksponensial.

Lalu mengapa setiap bisnis di Instagram perlu menggunakan Instagram Insights?

Instagram Insights memungkinkanmu mendapatkan akses ke data keterlibatan pengguna yang penting untuk profil bisnismu. Tidak cukup hanya mengetahui angka mentah, seperti jumlah suka yang kamu dapatkan untuk satu posting, fitur ini juga dapat membantumu memahami audience. Disinilah Insights diperlukan. Insights dapat memberi tahu bagaimana audience melakukan sesuatu, apa yang mereka sukai, dan apakah audience-mu saat ini sudah sesuai dengan target audience yang kamu harapkan.

Lalu mengapa setiap bisnis di Instagram perlu menggunakan Instagram Insights?

Dengan data dan analytics Instagram, kamu akan dapat mengukur dampak upaya pemasaran bisnis-mu di berbagai channel untuk melihat apakah ada sesuatu yang perlu kamu lakukan secara berbeda, seperti menargetkan audience yang berbeda, memposting pada waktu tertentu, atau bereksperimen dengan format konten baru.

Untuk menggunakan Instagram Insights, kamu harus memiliki profil bisnis terlebih dahulu. Jika kamu masih menggunakan akun pribadi, kamu dapat beralih ke profil bisnis langsung dari ponsel. Berikut cara mengonversi akun Instagram ke profil bisnis dalam beberapa langkah sederhana:

  1. Membuka profil Instagram
  2. Memilih Setting
  3. Mengklik Account
  4. Mengklik Switch to Professional Account
  5. Memilih kategori yang mendeskripsikan akunmu
  6. Mengklik Done

 

Instagram Analytics Tutorial and Tips

Setelah kamu mengumpulkan semua metrik dan mengetahui insights audience, kamu sebetulnya sudah siap untuk meningkatkan pemasaran Instagram bisnismu. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan Instagram Insights untuk mencapai hasil yang lebih baik:

  • Mengubah hari dan/atau waktu posting
    Sejak diperkenalkannya feed algoritmik, mungkin tidak ada waktu terbaik untuk memposting di Instagram. Sebaliknya, setiap brand memiliki waktu yang tepat untuk memposting. Dengan Instagram analytics, kamu dapat mengetahui hari-hari saat pengikutmu paling aktif dan waktu rata-rata mereka berada di Instagram pada hari-hari biasa. 
  • Aktivitas pengikut
    Kamu dapat memposting selama jam sibuk tersebut untuk menjangkau audience saat mereka paling aktif atau memposting selama jam tidak sibuk ketika mungkin ada lebih sedikit persaingan di feed pengikutmu. 
  • Tingkatkan konten berdasarkan kinerja atau demografi pengikut
    Dengan menggunakan Instagram Insights, kamu dapat dengan mudah mengetahui postingan dan story teratas berdasarkan tayangan, jangkauan, dan keterlibatan. Setelah kamu mengurutkan posting teratas, kamu akan dimungkinkan dapat melihat tren.
  • Posting teratas berdasarkan komentar dan keterlibatan
    Kamu juga dapat menggunakan demografi pengikut dan pemahamanmu tentang target audience untuk meningkatkan konten. Misalnya, jika sebagian besar pengikut adalah wanita berusia 35-40 tahun yang suka mendesain, kamu dapat membuat konten yang lebih menarik bagi mereka daripada pengikut yang lain.

 

Instagram Analytics Tutorial Advanced

Instagram Analytics - Matamaya

Setiap bisnis memiliki tujuan pemasaran yang bisa saja berbeda dengan yang lainnya. Namun satu hal yang perlu diingat, bahwa saat menggunakan channel pemasaran apa pun, penting untuk memiliki tujuan yang ingin dicapai. Sasaran bisnis Instagram pada umumnya meliputi:

  • Peningkatan brand awareness
  • Membangun komunitas
  • Memamerkan budaya dan nilai perusahaan
  • Menjual produk dan layanan.

Tuliskan tujuan dan pantau terus-menerus. Ini akan mendorongmu untuk lebih berhati-hati dengan konten Instagram karena kamu selalu dapat merujuk kembali dan memastikan semua yang kamu bagikan sesuai dengan tujuan tersebut. Tips selanjutnya adalah jika kamu menggunakan Instagram untuk bisnis guna mendorong lebih banyak penjualan, kami telah menyusun panduan komprehensif yang akan mengajari semua yang perlu kamu ketahui untuk menyiapkan halaman dan postingan Instagram yang optimal untuk mendorong penjualan bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk meningkatkan penjualan:

#1: Meningkatkan Keterlibatan dengan Pengikut

Meningkatkan Keterlibatan dengan Pengikut

Saat kamu ingin menghasilkan penjualan dari social media, baik itu Instagram atau platform lainnya, kamu harus tampil nyata dan autentik untuk menarik keterlibatan pengikut lebih banyak. Membeli pengikut, mengirim spam ke orang melalui pesan langsung, dan mengeluarkan banyak konten biasa, dapat meningkatkan "pengikut", tetapi tidak satu pun dari mereka akan tahu siapa kamu, apa yang kamu lakukan, atau mengapa mereka ingin membeli sesuatu dari brand-mu.

Alih-alih menerapkan taktik spam di Instagram, kamu perlu membangun pengikut yang nyata dan terlibat. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat ini bekerja:

  • Kamu perlu merencanakan semua konten sebelumnya dan menggunakan alat penjadwalan Instagram untuk membagikan konten secara otomatis pada waktu yang optimal. 
  • Otomatiskan proses di atas menggunakan growth service, sehingga kamu memiliki waktu dan energi untuk hadir di sosial media platform dan menanggapi pelanggan potensial.

#2: Menggunakan Hashtag

Menggunakan Hashtag - Matamaya

Untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan, kamu dapat menggunakan hashtag yang relevan dengan layanan atau produk-mu. Saat kamu menggunakan kombinasi hashtag yang tepat, target audience akan lebih mudah menemukan brand-mu. Metode ini juga akan meningkatkan brand awareness.

Tetapi ini tidak semudah kedengarannya untuk mengetahui hashtag yang efektif untuk kamu gunakan. Kamu perlu menginvestasikan waktu dan usaha ke dalam penelitian yang ekstensif dan memastikan menggunakan kombinasi yang seimbang antara hashtag unik dan umum di postingan Instagram bisnismu.

 

Mengoptimalkan Strategi Instagram dengan Matamaya

Mengoptimalkan Strategi Instagram dengan Matamaya - Matamaya

Sistem analytics bawaan Instagram adalah cara yang bagus untuk tetap mengetahui kinerja akun bisnismu. Namun, ketika datang ke pelaporan social media yang komprehensif dan dapat ditindaklanjuti untuk bisnis, kamu memerlukan sesuatu yang jauh lebih kuat. Dari melacak kinerja postingan, dan tren penggunaan hashtag, hingga menganalisis keterlibatan audience dan data pesaing, Matamaya adalah alat yang akan membantu bisnismu melampaui pelaporan dan membuat laporan yang dapat ditindaklanjuti yang mendorong peningkatan strategi social media.

Matamaya merupakan salah satu platform yang telah membantu banyak bisnis untuk mengoptimalkan strategi mereka dan mengembangkan brand mereka di social media. Matamaya memiliki tiga skema analytics yang dapat kamu gunakan, yakni demo, free, dan paid, di mana untuk dapat mengakses instagram analytics dengan fitur-fitur yang beragam hanya dapat dilakukan pada paid version. 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.