Matamaya

Mengenal Ragam Social Media Monitoring Populer Saat Ini

Mengenal Ragam Social Media Monitoring Populer Saat Ini
08 December 2021

Dengan pemahaman tentang dasar-dasar social media monitoring, saatnya bagi kamu untuk mulai menggunakan monitoring tool yang tepat. Kamu mungkin sudah terbiasa menggunakan otomatisasi pemasaran sebagai tool untuk manajemen sosial media guna mempublikasikan postingan dan terlibat dengan follower. Tetapi, perangkat lunak otomatisasi terbaik perlu juga mencakup social media monitoring.

Dengan social media monitoring, kamu dapat menganalisis secara langsung percakapan dari jutaan audiens di seluruh dunia, termasuk semua social media platform yang popular di Indonesia, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Kamu dapat melacak kata kunci yang penting bagi brand kamu, memberi tahu di mana percakapan paling berpengaruh terjadi, dan memantau sentimen konsumen. Insights tersebut dapat kamu gunakan untuk mengambil tindakan sesegera untuk strategi pemasaran dan strategi konten sosial media.

Berikut daftar tools yang dapat membantu social media monitoring Facebook, Instagram, dan platform bisnismu yang lain:

 

1. Matamaya.id

Matamaya.id - Matamaya

Matamaya.id adalah social media monitoring yang saat ini tengah berkembang di Indonesia dan memiliki misi untuk memberikan kemudahan tampilan visual dan pengunduhan laporan. Matamaya.id menyediakan sebuah platform terpusat untuk mengelola aliran/ performances brandmu di berbagai sosial media platforms dan keterlibatannya di seluruh platform secara bersamaan. Platform monitoring ini juga memiliki fitur workflow yang kuat dan memiliki aplikasi seluler sehingga kamu dapat memantau performance strategi sosial media brandmu secara mobile. Matamaya,id dapat mengukur engagement, jangkauan, impressions, tagar, sentimen sosial, bahkan diskusi audiens untuk membantu mengidentifikasi konten yang mereka sukai.

Melalui monitoring tool ini, kamu dapat memantau kegiatan sosial media di berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, serta Youtube dan TikTok yang belum dapat diakomodasi oleh beberapa aplikasi monitoring lain, seperti Hootsuite dan Sprout Social saat ini. Selain sebagai social media monitoring, Matamaya.id juga memiliki fitur influencer analytics. Kamu dapat memanfaatkan fitur influencer analytics untuk menemukan influencer yang tepat untuk berkolaborasi dengan bisnismu dan melihat statistik mereka sebelum memutuskan bekerjasama dalam pemasaran.

 

2. Sprout social

Sprout social - Matamaya

Sprout Social merupakan marketing management tool yang dapat mengelola segala sesuatu yang terkait dengan pemasaran melalui sosial media platforms, termasuk kurasi konten, publishing, scheduling, serta pelaporan dan analitik. Sprout Social mendukung integrasi hampir di semua platforms, akan tetapi sama seperti Hootsuite, saat ini belum dapat melakukan analitik YouTube.

Fitur utama yang dimiliki Sprout Social yakni Smart Inbox dapat mengelola semua komunikasi kamu di satu tempat. Smart Inbox ini merupakan workflow tools yang dapat dimanfaatkan untuk membagi pekerjaan di antara tim kamu, otomatisasi, alat organisasi untuk semua yang masuk dan keluar, serta fitur pelaporan dan analitik yang kuat sehingga kamu tahu apa yang telah berhasil dan tidak dari strategi pemasaran dan strategi konten sosial media yang telah kamu lakukan. Keunggulan dar Sprout Social adalah dapat merampingkan tugas sosial media bisnismu, dan dapat memberikan kamu inisghts tentang apa yang harus ditingkatkan.

 

3. Google Analytics

Google Analytics - Matamaya

Google Analytics adalah salah satu monitoring tool yang memungkinkan untuk menggabungkan, memfilter, dan memvisualisasikan data guna memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web. Tool ini dapat mengakses jejak data yang ditinggalkan setiap orang di situs web yang mereka gunakan dan ini perlu kamu manfaatkan untuk memberikan bisnismu insights berharga tentang perilaku audiens, minat, dan lainnya untuk mengambil tindakan guna meningkatkan produk atau layanan bisnismu.

Mengapa menggunakannya?

Google Analytics dapat membantu bisnismu mengukur efektivitas strategi pemasaran, kualitas konten online, volume "klik", pengalaman pengguna, dan fungsionalitas situs web. Berikut metrik data yang dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan Google Analytics:

  1. Halaman mana yang audiens kunjungi di situs web bisnismu
  2. Berapa lama mereka melihat halaman tersebut?
  3. Browser apa yang mereka gunakan
  4. Jika mereka menggunakan desktop atau handphone, situs apa yang mereka buka ketika mengklik situs bisnismu
  5. Berapa banyak audiens saat ini di situs kamu.

 

4. Talkwalker

Talkwalker - Matamaya

Untuk memantau sosial media bisnismu, Talkwalker memiliki tiga fitur yang dapat diandalkan, yakni customer intelligence, market intelligence, dan social intelligence. Aplikasi Talkwalker memungkinkan kamu menemukan informasi dan data dengan mencari hampir semua topik, tidak terbatas pada brand, pesaing, tagar, atau kata kunci apa pun yang kamu inginkan.

Aplikasi monitoring ini mendorong pengambilan keputusan tingkat perusahaan yang lebih cepat dan terpercaya dengan mengintegrasikan VoC insights yang kaya dari semua tahap perjalanan customers. Data yang dianalisis oleh TalkWalker dibangun dengan menggabungkan percakapan penting customers di seluruh perusahaan menjadi satu tampilan 360 derajat yang terpadu.

Pencarian sederhana dari TalkWalker dapat langsung menunjukkan jumlah percakapan yang ada dari berbagai sosial media platforms, bahasa, dan negara. Selain memantau percakapan yang sebenarnya, kamu juga dapat memantau engagement, sentimen, demografi audiens, trending topics, dan influencers populer yang dibutuhkan bisnismu. Untuk pencarian yang lebih terfokus, kamu dapat masuk ke dalam data dengan memfilter menurut parameter tertentu, seperti jenis sosial media platforms atau lokasi.

 

5. Awario

Awario - Matamaya

Awario adalah social listening dan monitoring yang dapat memberikan brandmu akses ke beberapa data bisnismu, seperti insights tentang customers, pasar, dan pesaing bisnismu. Aplikasi monitoring ini memungkinkan brandmu memantau apa yang dikatakan customers atau audiens tentang brandmu di seluruh web, baik di situs berita, blog, forum, dan sosial media platforms secara real time.

Sesuai dengan highlight fitur monitoring Awario, yakni non-stop monitoring, fitur ini dapat memastikan kamu adalah orang pertama yang mengetahui tentang percakapan yang dapat memengaruhi bisnismu, sehingga kamu dapat segera menanggapinya sebelum orang lain melakukannya.

Beberapa hal yang dapat kamu peroleh dengan memanfaatkan aplikasi social media monitoring Awario adalah melacak pertumbuhan jumlah mention brandmu dan jangkauan (reach) kolektif, mengurutkan mention berdasarkan positif, negatif, dan netral dengan analisis sentimen, mengidentifikasi influencers berdasarkan social media platforms, membandingkan beberapa peringatan, dan menganalisis kemajuan dengan Awario analytics.

 

6. Hootsuite

Hootsuite - Matamaya

Hootsuite merupakan salah satu social media monitoring yang cukup populer di Indonesia karena memberi pengguna berbagai tools yang dapat mengukur kinerja aset online bisnis. Dengan mengukur kinerja aset brand, kamu akan memperoleh gambaran yang jelas tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan dan menyesuaikannya untuk mengembangkan bisnismu.

Hootsuite dapat mengukur dan melacak sebagian besar statistik sosial media yang penting seperti jangkauan (reach), pertumbuhan audiens, dan impressions dari Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan Pinterest. Akan tetapi, ia tidak dapat menarik data analitik dari YouTube. Dengan demikian, jika kamu perlu memeriksa analitik video YouTube, kamu harus masuk ke panel kontrol akun YouTube bisnsimu.

Berikut 7 hal yang dapat dinilai dan dimonitor oleh Hootsuite: social media following, social analytics, team response, keyword, insights, ad-spending, dan email campaign performance.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.