Matamaya

Mengenal Ragam Facebook Data Analytics dan Cara Memilih Bootcamp yang Tepat

Mengenal Ragam Facebook Data Analytics dan Cara Memilih Bootcamp yang Tepat
17 February 2022

Facebook analytics yang disediakan oleh platform Facebook sudah tidak tersedia sejak 30 Juni 2021. Facebook menghapus analytics tool gratis ini tanpa banyak informasi lebih lanjut. Namun, jangan khawatir, kamu dapat menggunakan Facebook analytics yang disediakan oleh third party sebagai solusinya.

Menganalisis Facebook halaman bisnis adalah aspek mendasar dari setiap strategi pemasaran media sosial. Kamu perlu melacak kinerja untuk menemukan jenis konten yang paling sesuai dengan target audience-mu agar dapat menyesuaikan strategi pemasaran Facebook dengan data langsung yang didukung oleh metrik terukur.

Facebook analytics yang disediakan Facebook sebenarnya tidak menyertakan banyak statistik terperinci tentang kinerja Facebook page-mu. Oleh karena itu, kamu tetap membutuhkan analytics tool lainnya untuk mendukung analisis kinerja halaman Facebook-mu. Kamu dapat menjadikan Matamaya sebagai Facebook analytics business partner untuk memperoleh insights beragam yang sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis lanjutan seputar strategi konten, pemasaran yang efektif, audience, kompetitor, influencer dan lain sebagainya guna menunjang kemajuan bisnis.

Matamaya menyediakan lebih dari sekedar Facebook analytics basics yang dapat kamu gunakan untuk melacak performance konten dan keseluruhan strategi pemasaran yang telah kamu lakukan. Platform ini memungkinkan untuk memahami audience-mu dengan lebih baik, memperoleh ide konten, mendapatkan inspirasi dari akun dengan engagement yang tinggi, menganalisis Facebook page kompetitor-mu dan akhirnya menyempurnakan strategi pemasaran Facebook bisnismu. Fitur Matamaya analytics menawarkan analisis mendalam tidak hanya untuk Facebook, melainkan Instagram, Twitter, TikTok, dan YouTube. Tapi itu hanya setengah dari cerita yang dapat diberikan Matamaya. Matamaya juga menyediakan fitur analytics lain seperti listening analytics, influencer analytics, dan activity analytics.

Facebook Analytics - Matamya

 

Dalam artikel ini, kami akan fokus pada sebagian data Facebook yang dapat kamu lacak menggunakan Matamaya dan mengungkap upaya yang dapat dilakukan oleh bisnismu untuk menginterpretasi data yang diperoleh. Berikut beberapa metrik yang dapat kamu peroleh dari Matamaya Facebook analytics dashboard yang terbagi ke dalam 8 tabs:

  1. Tab overview menampilkan metrik-metrik utama yang meliputi total dan pertumbuhan fans, total dan pertumbuhan post, total dan pertumbuhan engagement, rata-rata dan pertumbuhan rata-rata engagement dalam periode waktu tertentu. 
  2. Tab fans tidak hanya menampilkan total dan pertumbuhan fans, melainkan juga total dan pertumbuhan fans baru dan fans yang berhenti menyukai halaman Facebookmu.
  3. Tab reach meliputi rata-rata total dan pertumbuhan rata-rata reach, organic reach, paid reach, total dan pertumbuhan impressions, organic impressions, dan paid impressions pada periode waktu tertentu.
  4. Tab engagement meliputi metrik total dan pertumbuhan engagement, engagement rate per post, share rate, video views, engagement time dan analisis sentimen pada komentar yang diberikan audience di halaman Facebookmu.
  5. Tab content menampilkan metrik total dan pertumbuhan post pada periode waktu tertentu, total dan pertumbuhan engagement, serta pertumbuhan rata-rata engagement. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar, baik yang organik maupun berbayar.
  6. Tab benchmark digunakan untuk mengetahui perkembangan kompetitor bisnis dengan menampilkan insight performance halaman Facebookmu vs kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan fans, posts, engagement dan engagement per post.
  7. Tab word cloud yang dapat digunakan untuk disable kata-kata tertentu dari seluruh percakapan yang terjadi di halaman Facebookmu.
  8. Tab demografi meliputi metrik yang menjelaskan demografi fans meliputi usia yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, perbandingan jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis fans berasal.

Untuk dapat menganalisis berbagai data atau matrik yang kamu peroleh dari analytics tools bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu akan merasa seringkali kehilangan arah dalam tracking, kesulitan dalam melakukan interpretasi data analytics, dan kemudian mempertanyakan diri sendiri “apakah kamu bahkan sudah mendapatkan hasil dari analisis?”

Data analyst adalah salah satu peran yang paling dicari di bidang teknologi saat ini. Adanya trend perusahaan di seluruh industri dan lokasi merekrut untuk berbagai posisi analis data menunjukkan bahwa data analytics dalam strategi manajemen media sosial dan fungsi yang lebih luas merupakan sebuah keterampilan yang tidak dapat diabaikan atau digantikan dengan fungsi peran lain. Namun, tidak ada cukup analis data yang memenuhi syarat untuk mengisi semuanya. Akibatnya, para profesional yang ingin membangun karir di bidang data analytics mencari model alternatif untuk mendapatkan keterampilan ini. Salah satu model alternatif pembelajaran data analytics yang paling sukses adalah bootcamp.

Facebook Analytics - Matamya

Source: https://bootcamp.pe.gatech.edu/blog/how-to-become-a-data-analyst/

Dalam artikel ini, selain kami menjelaskan metrik penting yang disediakan oleh Matamaya, kami akan mencoba mencantumkan fitur-fitur Facebook analytics bootcamp terbaik yang tersedia saat ini. Kami juga akan membahas apa yang harus diingat saat memilih bootcamp.

Bootcamp data analytics adalah program pelatihan singkat dan intensif yang berlangsung antara 2-12 bulan untuk memberi keterampilan khusus di bidang analitik. Bootcamp yang baik berorientasi pada karier, mengajari kamu keterampilan yang dibutuhkan, dan menawarkan kesempatan untuk belajar melalui latihan. Pada umumnya, Facebook analytics bootcamp akan meng-cover keterampilan di bawah ini:

  1. Memprogram, menyebarkan, dan memantau kampanye Facebookmu.
  2. Facebook pixels dan manajer bisnis
  3. Jenis kampanye berbayar atau promosi, dan jenis apa yang sesuai dengan target kamu.
  4. Praktik terbaik untuk membuat iklan dan copywriting.
  5. Analisis Facebook termasuk menginterpretasi dan meningkatkan hasil.

Lalu, bagaimana cara memilih data analytics bootcamp terbaik?
Ada lusinan bootcamp data analytics, dan setiap program memiliki kurikulum dan cara penyampaiannya yang unik, komitmen yang diharapkan, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan pengalamanmu, kamu harus memilih bootcamp analisis data terbaik dan berikut berbagai pertimbangannya:

 

Facebook Analytics - Matamya

Source: https://id.pinterest.com/pin/347692033713741883/

 

Kurikulum

Bagian terpenting dalam memilih bootcamp data analytics adalah kurikulum. Mendapatkan keterampilan teknis yang baik untuk industri dan mengembangkan keterampilan dengan alat merupakan requirement yang sangat penting untuk menjadi data analyst yang sukses. Namun, sebagian besar pencari kerja dengan keterampilan teknis saja dapat gagal mengesankan analyst dengan kemampuan pemikiran terstruktur dan pemecahan masalah yang baik. Ini berarti bahwa program data analytics yang kamu pilih seharusnya mengajarkan yang lebih dari sekadar keterampilan teknis. Kamu harus memeriksa dan membandingkan silabus, serta memilih bootcamp yang menyediakan keterampilan analitis.

Instruktur

Data analyst harus diajarkan oleh para praktisi. Jadi, kamu harus memastikan bahwa program bootcamp yang kamu pilih dilakukan oleh instruktur yang berpengalaman dan ahli. Kamu juga harus memeriksa apakah kamu memiliki kesempatan untuk dibimbing secara pribadi oleh para profesional di industri ini. Dengan bimbingan 1:1, kamu akan merasa terhubung dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Kamu juga dapat menggunakan waktu ini untuk mengajukan pertanyaan, dan mempersiapkan karier yang sukses.

Reputasi

Mengetahui rekam jejak bootcamp data analytics sangat penting untuk mendukung keputusanmu. Kamu dapat melihat situs web peringkat bootcamp untuk membandingkan program berdasarkan peringkatnya. Selain itu, kamu juga perlu menyempatkan diri untuk membaca beberapa ulasan untuk membandingkan layanan yang mereka berikan dengan output yang kamu harapkan. 

Harga

Tidak semua Facebook analytics academy sama. Mereka menyediakan kursus berakselerasi 8 minggu hingga 12 bulan, dan menyediakan banyak pilihan, tidak hanya fokus pada analytics untuk platform tertentu saja. Beberapa kursus mengharapkan pembayaran di muka, sementara yang lain ditawarkan dengan skema bulanan. Saat memilih bootcamp terbaik, kamu harus mempertimbangkan keterjangkauan dan manfaat yang diperoleh dari investasi ini (pelatihan).

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.