Matamaya

Mengenal Lebih Dekat Twitter Analytics

Mengenal Lebih Dekat Twitter Analytics
04 March 2022

Siapa yang tidak mengenal Twitter? Sejak pertama diperkenalkan pada Maret 2006 hingga saat ini, Twitter telah banyak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Twitter kini tidak hanya sekedar layanan jejaring sosial dan microblogging dengan fasilitas mengirim teks info pada akun pengguna dengan karakter terbatas, tetapi Twitter telah berevolusi menjadi salah satu platform marketing yang banyak digandrungi oleh pebisnis dari skala beragam. Setelah lebih dari satu dekade berlalu, Twitter tidak kehilangan pesonanya. Bahkan dilansir situs statista.com, jumlah pengguna aktif Twitter pada 2021 mencapai 206 juta. Di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan ada sekitar 19,5 juta orang pengguna aktif Twitter. Besaran angka ini menyebabkan negara kita berada di peringkat 5 dengan pengguna Twitter terbesar secara global.

Karena pengguna Twitter yang besar, sangat wajar kalau banyak pelaku bisnis yang kemudian menganggap Twitter sebagai platform media sosial yang sangat dasar untuk memasarkan produk atau bisnis mereka. Twitter dianggap representatif bagi pebisnis untuk bisa berkomunikasi dan mengenal target market mereka, sekaligus memberikan promosi yang komprehensif terkait brand mereka. 

Jika kamu adalah pebisnis yang menggunakan Twitter untuk promosi brand-mu, maka pengetahuan mengenai seberapa baik kamu berinteraksi dengan audiens atau target market dapat diperoleh dari engagement berupa comment, retweet, like, dan klik dari postingan konten atau status kamu di Twitter. Semua hal ini dapat kamu ketahui dengan memperhatikan Twitter analytics. Oleh karena itu, dalam artikel ini mari kita berkenalan lebih dekat dengan Twitter analytics, apa manfaat yang dapat diperoleh serta rekomendasi analytics tool terbaik untuk mengukur performance kampanye pemasaran brandmu di Twitter.

Apa itu Twitter analytics? Twitter analytics adalah kumpulan informasi mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan brand, produk, layanan yang kamu berikan termasuk audiens, kompetitor, dan influencer, sekaligus performance konten dan statusmu. Singkatnya, Twitter analytics merupakan sekumpulan data dan informasi yang dapat membantumu mengukur dan menganalisis lebih jauh perkembangan strategi bisnis yang kamu lakukan di Twitter, sehingga kamu bisa mengambil dan memutuskan tindakan lebih lanjut untuk mengembangkan pemasaran Twitter guna dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan engagement yang lebih banyak. 

Berangkat dari data dan informasi yang kamu dapat dari pemantauan Twitter ini, kamu dapat mengetahui demografi, total orang atau pengguna Twitter yang meng-klik profil kamu, dan sekaligus mengetahui berapa banyak pengguna Twitter yang melihat postingan konten pada laman Twittermu. Dengan mempelajari data dan informasi ini, maka kamu bisa memahami secara mendalam cara penggunaan dan pola postingan kontenmu di Twitter.

Source: Matamaya.id

Lalu, apa saja manfaat tracking dengan Twitter analytics yang dapat kamu peroleh? Secara umum, ada lima manfaat utama yang dapat kamu pelajari untuk mendukung peningkatan cara promosi brand di Twitter kamu. Kelima hal tersebut, yakni:Dengan tracking melalui Twitter

  1. analytics kamu bisa mempelajari lebih jauh tentang gambaran demografi terkait siapa audiens dan target market kamu,
  2. Mencari tahu konten apa yang sesuai dengan audiens dan target market kamu serta memahami dengan jelas jenis konten yang mendapat tanggapan lebih banyak dari audiensi kamu,
  3. Kapan waktu yang optimal untuk posting konten kamu,
  4. Memilah dan menentukan apakah iklan yang kamu pasang untuk brand atau produk kamu benar-benar bekerja, 
  5. Mengulang kesuksesan promosi yang sebelumnya telah kamu capai, bahkan memperbaiki cara kamu mempromosikan brand kamu dengan melihat trend yang didapat melalui data dan informasi Twitter analytics.

Terkadang memang data dan informasi ini tampak agak samar, karena banyaknya data yang dikumpulkan dalam satu tweet oleh Twitter analytics. Lalu, apa yang bisa diketahui dari Twitter analytics? Kamu dapat mengetahui data tentang kinerja postingan konten kamu di Twitter dengan mengukur metrik yang berbeda dan memberi kamu informasi tentang bagaimana aktivitas Twitter kamu berjalan. Hal ini akan membantu kamu memahami di bagian mana konten kamu perlu ditingkatkan. Contohnya, secara umum, tweet dengan foto mendapatkan keterlibatan 200% lebih banyak. Tapi apakah hal ini berlaku untuk audiens kamu? Hal ini dapat kamu uji dengan melacak keterlibatan melalui laporan Twitter analytics. Jika memang benar, foto macam apa yang ingin mereka lihat? Dengan memperhatikan data dan informasi dari Twitter analytics kamu, kamu dapat mempelajari dengan tepat apa yang terhubung dengan audiens kamu, sehingga kamu dapat mengembangkan kampanye pemasaranmu di Twitter sehingga seakan-akan kamu berbicara secara langsung kepada mereka. Selain itu, dengan menggunakan Twitter analytics, kamu bisa melihat tweet mana yang berkinerja paling baik, sekaligus melacak tweet berperforma paling buruk. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat mengetahui strategi apa yang berhasil dan strategi mana yang tidak berhasil.

Terakhir yang harus kamu lakukan adalah bagaimana cara memeriksa Twitter analytics kamu. Cara memeriksa Twitter analytics bisa kamu lakukan dengan membuka dashboard analytics tool yang kamu gunakan. Secara default tampilan layar akan memberikan ringkasan informasi dalam periode waktu tertentu. Periode waktu ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Fitur-fitur yang dapat disediakan Twitter analytics adalah sebagai berikut:

  1. Overview merupakan tampilan secara singkat performance akun Twitter kamu.
  2. Fans (follower) menampilkan total dan pertumbuhan follower harian dan bulanan. 
  3. Engagement meliputi metrik total dan pertumbuhan post dan engagement pada basis harian dan bulanan, engagement time, serta hasil analisis sentimen dari hasil mention brand.
  4. Content menampilkan metrik total dan pertumbuhan post, engagement, dan rata-rata engagement, serta hashtag paling populer atau paling sering digunakan di keseluruhan post. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar yang terbagi ke dalam kategori posts dan engagement.
  5. Benchmark digunakan untuk mengetahui perkembangan kompetitor bisnis dengan menampilkan insight performance akun Twitter-mu vs kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.
  6. Wordcloud yang dapat digunakan untuk melihat komunikasi yang paling sering dilakukan oleh brand pada periode tertentu.

Untuk mendapatkan data dan informasi yang komprehensif mengenai Twitter analytics, kamu membutuhkan sebuah tools yang bisa merangkum dan memberikan insight dari semua kegiatan promosi di Twitter dan tentunya berbagai social media platforms kamu yang lainnya. Salah satu tool yang dapat membantu kamu melihat analytics dari berbagai platform sosial media dalam satu dashboard saja adalah Matamaya. Jika dibandingkan dengan alat media monitoring sosial media Indonesia yang lain, Matamaya terkenal dengan fungsi manajemen sosial medianya sehingga dapat memberikan laporan dengan design yang mudah dibaca. Selain itu Matamaya memiliki fasilitas manajemen tim yang sangat baik yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis yang memiliki admin sosial media lebih dari satu orang. Kamu dapat bergabung dengan Matamaya sekarang juga. Matamaya akan membantu kamu melihat data dan informasi yang berguna untuk meningkatkan engagement Twitter yang tinggi sehingga peluang konten Twitter kamu menjadi viral dan menjadi bahan perbincangan semakin besar.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.