Matamaya

Mengenal Lebih Dekat Content Analysis untuk Peningkatan Strategi Bisnis

Mengenal Lebih Dekat Content Analysis untuk Peningkatan Strategi Bisnis
04 March 2022
Mengenal Lebih Dekat Content Analysis untuk Peningkatan Strategi Bisnis - strategi konten media sosial - Matamaya

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini sosial media menjadi salah satu sarana yang dapat kamu manfaatkan untuk memasarkan produk. Jangkuan sosial media dianggap lebih luas dan cepat sehingga menjadikan promosi melalui sosial media banyak diminati bisnis. Promosi melalui sosial media harus kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness produk-mu dan juga berinteraksi dengan audiens. Untuk mencapai tujuan ini, kamu sebagai digital marketer harus mempunyai cara yang efektif dan efisien tentunya dengan memanfaatkan sumber data yang relevan untuk memasarkan produk. Salah satunya adalah dengan menggunakan content analysis tool. Artikel ini akan mencoba memberikanmu beberapa informasi mendasar terkait content analysis dan apa pentingnya bagi strategi pemasaran bisnis.

Apa itu content analysis tool? Content analysis tool merupakan suatu cara untuk memahami dan menganalisa isi dari atribut konten sosial media yang kamu gunakan. Hasil analisis tersebut akan memberikanmu informasi mengenai emosi, kesan, dan opini dari para audiens terkait konten yang kamu post. Dengan menggunakan content analysis tool, kamu dapat mengetahui konten apa saja yang disukai atau menarik perhatian audience. Dengan mengetahui konten-konten apa saja yang disukai audience, akan lebih mudah bagimu untuk mengukur efek dari setiap postinganmu. Content analysis tool juga dapat membantu untuk mengevaluasi strategi konten yang berhasil atau tidak sekaligus menganalisis strategi konten kompetitor-mu.

Secara sederhana, tujuan content analysis adalah membantu kamu untuk membuat postingan berkualitas. Namun, memposting secara konsisten juga merupakan prasyarat yang penting. Content analysis tool dapat membantumu sebagai digital marketer untuk dapat mengetahui informasi mengenai frekuensi postingan yang tepat. Jika kamu sudah mengetahui hal ini, kamu bisa lebih meningkatkan engagement dengan audiens melalui jenis-jenis konten yang paling banyak diminati oleh audience.

Ada 3 cara menganalisis sosial media yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan konten sosial mediamu. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Analisis deskriptif
    Cara ini merupakan cara paling sering yang dilakukan karena cara ini sangat mudah. Pertama-tama, kamu harus mengumpulkan data dalam bentuk visualisasi, laporan, atau clustering.
  2. Analisis prediktif
    Cara ini digunakan untuk kamu yang ingin memprediksi sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Melalui cara ini, kamu bisa mengetahui waktu yang tepat untuk memposting konten atau tren yang akan hype di masa mendatang.
  3. Analisis preskriptif.
    Cara ini merupakan kebalikan dari analisis prediktif, dimana cara ini memberikan kamu rekomendasi tindakan yang paling tepat untuk kasus yang sedang kamu hadapi. Cara ini memanfaatkan pola perilaku audience untuk mengoptimalkan pemasaran sesuai pola perilaku yang ditunjukan tersebut.

Ada 5 hal yang diukur dalam content analysis di sosial media untuk memperoleh strategi pemasaran yang efektif, antara lain:

  1. Performance metrics: metrik ini digunakan untuk melihat bagaimana kinerja pemasaranmu di sosial media, sehingga kamu bisa mengetahui apa yang harus dipertahankan atau ditingkatkan.
  2. Audience analysis: metrik ini membantu kamu untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens dan apa yang audience cari, sehingga postingan yang kamu buat dapat berpusat pada kebutuhan audience.
  3. Competitor analysis: metrik ini membandingkan performance kontenmu dengan kompetitor. Dengan mengetahui performance competitor, kamu dapat memperhitungkan efektivitas pemasaran yang dapat kamu lakukan.
  4. Influencer analysis: metrik ini memberikan pertimbangan seberapa besar pengaruh seorang influencer terhadap bisnis kamu.
  5. Sentiment analysis: metrik ini mengukur apakah postinganmu menunjukkan sentimen positif dari audience atau justru negatif.

Untuk memperoleh metrik-metrik di atas, kamu dapat menggunakan content analysis tool gratis dan/atau content analysis tool berbayar. Untuk menggunakan content analysis tool gratis, kamu dapat menggunakan social media analysis tools bawaan dari sosial media yang kamu gunakan, seperti:

  1. Facebook Insight: Facebook memiliki 3 fitur penting untuk mengakses data dan informasi yang relevan terkait strategi marketing kamu yaitu Facebook Business Suite, Creator Studio, dan Facebook Insights.
  2. Instagram Insight: kamu bisa mengakses Instagram Insights hanya jika profil Instagram-mu sudah menjadi akun bisnis. Pada menu Insight, kamu bisa menemukan data analitik mengenai profilmu, post, stories, hingga ads yang kamu gunakan. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui hari apa dan jam berapa followermu paling aktif di Instagram. 
  3. Twitter Analysis: untuk mengakses tools atau fitur ini, kamu perlu login ke Twitter terlebih dahulu. Kemudian, kamu membuka browser menuju “analysis.twitter.com”. Tools ini dapat menampilkan data analitik akun kamu selama 28 hari terakhir, termasuk kunjungan profil, pertumbuhan follower, impression pada tweet, dan mention yang kamu peroleh. Selain itu, data terkait engagement seperti retweet, mention, favorites, dan klik juga dapat kamu peroleh menggunakan tools ini.
  4. Youtube Analysis: fitur ini memberikan kamu data terkait performance Youtube channel kamu, termasuk watch time, views, penghasilan, performa ads, retensi penonton, subscriber, dan estimasi sumber traffic.

Menggunakan content analysis tools merupakan cara terbaik untuk melacak dan mengukur kinerja sosial media yang kamu miliki. Akan tetapi, mengetahui cara analisis sosial media saja tidak cukup. Kamu juga harus memilih dan melakukan pendekatan yang tepat dan berfokus pada hal-hal yang utama. Jadi, selain memahami cara analisis sosial media, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimalkan content analysis kamu, yaitu: menetapkan baseline yang sesuai, membuat tujuan promosi bisnis yang spesifik, dan menemukan waktu terbaik untuk promosi.

Sumber: https://www.vectorstock.com/royalty-free-vector/social-media-marketing-infographic-10-steps-vector-27840893

Itulah beberapa informasi mengenai analisis sosial media yang dapat kamu ketahui untuk mengoptimalkan content analysis-mu. Tapi sebenarnya, masih ada banyak lagi hal yang dapat kamu ketahui mengenai content analysis. Kamu dapat menghubungi tim Matamaya untuk mengetahui lebih rinci metode dan cara content analysis apa yang paling sesuai dengan kebutuhan promosi brand-mu dan langsung mempraktekkan cara promosi terbaik untuk bisnismu. 

Matamaya adalah platform terbaik untuk melakukan analisis konten pemasaran bisnis di sosial media, dimana Matamaya akan membantu memantau performance aktivitas campaign di sosial mediamu dengan memberikan inisghts yang berharga yang dapat mendukungmu melakukan improvisasi pada strategi konten dan pemasaran sesuai KPI. 

Hal ini karena Matamaya content analysis tool merupakan alat berbasis data yang khusus dirancang untuk melacak, mengelola, mempublikasikan, menyusun, dan memantau performance strategi konten dan pemasaran sosial media secara terstruktur di seluruh platform. Data-data yang dianalisis oleh Matamaya sangat akurat sehingga kamu dapat meningkatkan engagement dan distribusi konten, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan rasio konversi. Keunggulan yang dimiliki oleh Matamaya adalah pada fitur content analytics, kamu dapat langsung mengakses data seperti total volume pencarian, halaman atau konten dengan kata kunci, dan perkiraan jumlah kunjungan ke halaman atau konten yang memiliki kata kunci tersebut. Fitur ini tentunya dapat membantu kamu mengoptimalisasi strategi pemasaran sosial media kamu. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh Matamaya adalah seluruh informasi mengenai data yang kamu butuhkan akan disajikan dalam bentuk visual dan grafik yang mudah untuk dibaca.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.