Matamaya

Matamaya Content Analytics Tool: 5 Langkah Strategi Pemasaran Konten

Matamaya Content Analytics Tool: 5 Langkah Strategi Pemasaran Konten
15 April 2022

Di antara banyak sumber informasi yang muncul dalam dekade terakhir, data social media adalah salah satu yang paling ampuh untuk riset pemasaran yang efektif. Platform social media menawarkan peluang yang sangat besar untuk mendapatkan akses langsung ke pendapat customer yang tidak terbatas. Banyak perusahaan menyadari nilai menggunakan data social media untuk mendapatkan insights pemasaran. Tapi ada begitu banyak informasi di luar sana untuk diperhatikan. Bagaimana bisnis dapat memanfaatkan sumber ini untuk mendapatkan insights yang mendalam dan dapat ditindaklanjuti?

Mencari tahu konten apa yang berhasil dan tidak untuk marketing merupakan salah satu dari serangkaian upaya yang dapat mendukung pemasaran bisnis-mu berhasil dan ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Bahkan ketika kamu berhasil membuat konten yang relevan dan efektif, men-share konten ke seluruh customer dengan cara yang efisien dirasakan hampir tidak mungkin. Tentu saja, semua itu telah berubah semenjak kehadiran konten digital. 

Pemasaran konten menjadi salah satu penghasil pendapatan terbesar untuk bisnis. Hal ini karena konten merupakan alat marketing yang digunakan untuk menarik dan mempertahankan customer melalui pengalaman berbelanja yang lancar. Saat ini, konten adalah bagian dari setiap strategi pemasaran yang sukses, baik kamu menjual layanan atau menawarkan produk dan sebagai perusahaan atau individu. Alasannya adalah bahwa ada lebih banyak platform yang menerbitkan konten marketing-mu saat ini. Agar audiens dapat memperoleh pesan yang dibawa oleh brand-mu, yang perlu mereka lakukan hanyalah membuka handphone atau laptop dan tersambung ke internet.

Untuk dapat menjadikan konten iklan-mu menarik bagi audience, kamu perlu menyadari bahwa konten yang kamu posting di platform social media memiliki kekuatan untuk mengubah brandmu menjadi terkenal dan mengubah follower menjadi customer. Dampak semacam ini hanya datang dari strategi konten sosial media yang solid. Kamu dapat menggunakan social media content analysis tool seperti Matamaya untuk dapat merencanakan konten yang efektif. Kamu tidak hanya cukup untuk muncul di setiap platform dan secara sporadis memposting konten, tetapi yang lebih penting adalah kamu perlu mengidentifikasi tujuan tertentu, membuat postingan berharga yang selaras dengan tujuan tersebut, dan mendistribusikan konten di platform yang tepat. 

Tidak hanya berhenti disitu, kamu dapat memanfaatkan Matamaya untuk mengukur dan menyempurnakan strategi pemasaran dari waktu ke waktu. Strategi marketing akan berbeda tergantung pada industri dan audience-mu, namun ada langkah-langkah spesifik yang harus kamu lakukan untuk membuat rencana yang efektif dan berkelanjutan serta membantu brand dan bisnismu tumbuh. Sebelum beralih kepada langkah-langkah spesifik yang kamu butuhkan untuk merencanakan konten yang efektif, kamu perlu mengetahui apa dan bagaimana content analysis bekerja.

 

Apa Itu Content Analysis?

Apa Itu Content Analysis? - Matamaya

Social media content analysis adalah bagian penting dari kampanye pemasaran konten karena memungkinkanmu untuk memantau keberhasilan kampanye dan menemukan celah dalam strategi pemasaran. Jika kamu akan melakukan analisis konten pada brand sendiri, penting untuk memahami metrik yang harus dilihat dan manfaatnya bagi bisnis. Secara umum, content analysis atau social media text analytics didefinisikan sebagai suatu proses analisis yang bertujuan untuk melihat bagaimana kinerja konten yang berisikan pesan marketing-mu saat ini. Kamu dapat melihat apakah tujuan kontenmu telah tercapai dan apakah perlu melakukan perbaikan.

Kamu juga dapat menganalisis kompetitor-mu dengan memahami bagaimana kinerja konten kompetitor-mu dapat membantumu membuat keputusan yang lebih tepat tentang kampanye pemasaran konten. Misalnya, melalui analisis konten, kamu dapat melihat apakah ada kata kunci yang diperingkat oleh kompetitor-mu yang belum kamu ranking. Kamu kemudian dapat membuat konten baru di sekitar kata kunci tersebut untuk meningkatkan traffic organik situs web bisnismu.

Content analisis -  Matamaya

Metode yang digunakan oleh Matamaya content analytics dapat menentukan keberadaan kata, tema, atau konsep tertentu dalam beberapa data kualitatif. Dengan menggunakan content analysis yang disediakan Matamaya, kamu dapat mengukur dan menganalisis keberadaan, makna, dan hubungan kata-kata, tema, atau konsep tertentu. Sebagai contoh, kamu dapat mengevaluasi bahasa yang digunakan dalam kontenmu untuk mencari bias atau keberpihakan. Kamu dapat membuat kesimpulan tentang pesan di dalam teks dan bahkan budaya dan waktu di sekitar teks.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk merencanakan konten pemasaran yang efektif:

 

  1. Identifikasi dan Tetapkan Tujuan

    Identifikasi dan Tetapkan Tujuan - Matamaya

    Langkah pertama menuju strategi social media jangka panjang adalah menetapkan tujuan konten. Memiliki tujuan akan membantumu merencanakan jenis konten yang akan dibuat. Proses ini melibatkan eksplorasi lebih jauh ke dalam nilai brandmu serta meneliti audience-mu. Kamu dapat memulai dengan memperjelas tujuan pemasaran-mu secara keseluruhan dan bagaimana kamu ingin strategi pemasaran kontenmu memenuhi tujuan tersebut. Semakin spesifik tujuan pemasaran, semakin baik kamu dapat menyesuaikan konten social media untuk memenuhi tujuan tersebut. Misalnya, apabila tujuan pemasaran-mu adalah untuk mengonversi lebih banyak penjualan dari social media, maka strategi-mu harus memasukkan postingan yang dapat mengarahkan audience ke halaman pembelian.

  2. Merencanakan Konten Sosial

    Merencanakan Konten Sosial - Matamaya

    Setelah tujuanmu jelas, saatnya untuk melakukan evaluasi konten social media pada konten yang telah kamu buat sejauh ini. Kamu dapat mengidentifikasi postingan mana yang berkinerja baik, mana yang tidak, dan apa yang sebaiknya kamu posting di setiap platform. Jika kamu menggunakan platform manajemen social media seperti Matamaya, kamu dapat melihat semua data dan analitik social media di satu tempat. Evaluasi konten akan membantumu membuktikan apa yang menurutmu berfungsi dengan baik dengan data kuantitatif yang menunjukkan kinerja setiap postingan. Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan bahasa dan gaya komunikasi yang kamu gunakan pada konten yang berkinerja buruk. Kamu mungkin telah menyimpang jauh dari brand voice-mu, sehingga audience mungkin menginterpretasikan postingan tersebut sebagai postingan yang tidak relevan, yang menyebabkan penurunan engagement. Postingan yang tidak relevan adalah alasan terbesar kedua customer berhenti mengikuti brand di social media.

  3. Membuat Kalender Konten

    Membuat Kalender Konten - Matamaya

    Setelah kamu mengetahui konten apa yang berkinerja terbaik dan kamu telah mengidentifikasi tujuan utama konten marketing-mu, kamu dapat membuat kalender konten social media. Kalender akan memungkinkanmu mengambil pendekatan “the bigger picture” untuk perencanaan konten social media. Hal ini akan membantumu memvisualisasikan ide-ide dan mengaturnya dengan cara yang membuat strategi lebih mudah untuk dieksekusi. Kalender konten akan menjadi hub untuk semua yang kamu posting. Saat merencanakan konten, kamu dapat menggunakan kembali konten dan menjadwalkannya di berbagai platform social media untuk memaksimalkannya. Saat memutuskan dimana akan memposting konten apa, kamu perlu mempertimbangkan juga jenis konten apa yang berkinerja baik di platform tersebut berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring-mu di Matamaya.

  4. Mempromosikan dan Men-share Konten

    Mempromosikan dan Men-share Konten - Matamaya

    Merencanakan dan men-share konten hanyalah sebagian kecil dari strategi social media yang sukses. Strategi yang baik melibatkan cara yang efektif dan efisien untuk men-share konten sehingga memungkinkan banyak audience melihatnya. Jika brand-mu juga aktif di blog, kamu dapat menyertakan tombol share pada postingan-mu sehingga audience dapat men-share konten ke follower mereka. Kamu juga dapat mendorong audience untuk terlibat dengan konten dengan mengajukan pertanyaan dan mendorong mereka untuk men-share jawaban mereka di social media atau di bagian komentar. 

  5. Mengukur Hasil

    Mengukur Hasil - Matamaya

    Langkah terakhir untuk strategi konten social media yang efektif adalah mengukur hasil dari semua upaya yang kamu lakukan. Tracking yang tepat akan sangat penting untuk menciptakan strategi yang efektif. Dengan memperoleh metrik terperinci dari Matamaya, akan membantumu menyesuaikan dan mengoptimalkan strategi konten dari waktu ke waktu. Idealnya, kamu harus menganalisis konten setiap bulan untuk mengidentifikasi 

apa yang berhasil dan tidak. Beberapa metrik social media yang paling penting untuk diukur meliputi:

  • Awareness: frekuensi audience melihat konten-mu yang direfleksikan oleh jumlah tayangan dan jangkauan.
  • Engagement: jumlah reaksi, komentar, klik, dan share.
  • ROI: konversi dan rujukan dari sumber eksternal.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.