Di antara banyak sumber informasi yang muncul dalam dekade terakhir, data social media adalah salah satu yang paling ampuh untuk riset pemasaran yang efektif. Platform social media menawarkan peluang yang sangat besar untuk mendapatkan akses langsung ke pendapat customer yang tidak terbatas. Banyak perusahaan menyadari nilai menggunakan data social media untuk mendapatkan insights pemasaran. Tapi ada begitu banyak informasi di luar sana untuk diperhatikan. Bagaimana bisnis dapat memanfaatkan sumber ini untuk mendapatkan insights yang mendalam dan dapat ditindaklanjuti?
Mencari tahu konten apa yang berhasil dan tidak untuk marketing merupakan salah satu dari serangkaian upaya yang dapat mendukung pemasaran bisnis-mu berhasil dan ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Bahkan ketika kamu berhasil membuat konten yang relevan dan efektif, men-share konten ke seluruh customer dengan cara yang efisien dirasakan hampir tidak mungkin. Tentu saja, semua itu telah berubah semenjak kehadiran konten digital.
Pemasaran konten menjadi salah satu penghasil pendapatan terbesar untuk bisnis. Hal ini karena konten merupakan alat marketing yang digunakan untuk menarik dan mempertahankan customer melalui pengalaman berbelanja yang lancar. Saat ini, konten adalah bagian dari setiap strategi pemasaran yang sukses, baik kamu menjual layanan atau menawarkan produk dan sebagai perusahaan atau individu. Alasannya adalah bahwa ada lebih banyak platform yang menerbitkan konten marketing-mu saat ini. Agar audiens dapat memperoleh pesan yang dibawa oleh brand-mu, yang perlu mereka lakukan hanyalah membuka handphone atau laptop dan tersambung ke internet.
Untuk dapat menjadikan konten iklan-mu menarik bagi audience, kamu perlu menyadari bahwa konten yang kamu posting di platform social media memiliki kekuatan untuk mengubah brandmu menjadi terkenal dan mengubah follower menjadi customer. Dampak semacam ini hanya datang dari strategi konten sosial media yang solid. Kamu dapat menggunakan social media content analysis tool seperti Matamaya untuk dapat merencanakan konten yang efektif. Kamu tidak hanya cukup untuk muncul di setiap platform dan secara sporadis memposting konten, tetapi yang lebih penting adalah kamu perlu mengidentifikasi tujuan tertentu, membuat postingan berharga yang selaras dengan tujuan tersebut, dan mendistribusikan konten di platform yang tepat.
Tidak hanya berhenti disitu, kamu dapat memanfaatkan Matamaya untuk mengukur dan menyempurnakan strategi pemasaran dari waktu ke waktu. Strategi marketing akan berbeda tergantung pada industri dan audience-mu, namun ada langkah-langkah spesifik yang harus kamu lakukan untuk membuat rencana yang efektif dan berkelanjutan serta membantu brand dan bisnismu tumbuh. Sebelum beralih kepada langkah-langkah spesifik yang kamu butuhkan untuk merencanakan konten yang efektif, kamu perlu mengetahui apa dan bagaimana content analysis bekerja.
Social media content analysis adalah bagian penting dari kampanye pemasaran konten karena memungkinkanmu untuk memantau keberhasilan kampanye dan menemukan celah dalam strategi pemasaran. Jika kamu akan melakukan analisis konten pada brand sendiri, penting untuk memahami metrik yang harus dilihat dan manfaatnya bagi bisnis. Secara umum, content analysis atau social media text analytics didefinisikan sebagai suatu proses analisis yang bertujuan untuk melihat bagaimana kinerja konten yang berisikan pesan marketing-mu saat ini. Kamu dapat melihat apakah tujuan kontenmu telah tercapai dan apakah perlu melakukan perbaikan.
Kamu juga dapat menganalisis kompetitor-mu dengan memahami bagaimana kinerja konten kompetitor-mu dapat membantumu membuat keputusan yang lebih tepat tentang kampanye pemasaran konten. Misalnya, melalui analisis konten, kamu dapat melihat apakah ada kata kunci yang diperingkat oleh kompetitor-mu yang belum kamu ranking. Kamu kemudian dapat membuat konten baru di sekitar kata kunci tersebut untuk meningkatkan traffic organik situs web bisnismu.
Metode yang digunakan oleh Matamaya content analytics dapat menentukan keberadaan kata, tema, atau konsep tertentu dalam beberapa data kualitatif. Dengan menggunakan content analysis yang disediakan Matamaya, kamu dapat mengukur dan menganalisis keberadaan, makna, dan hubungan kata-kata, tema, atau konsep tertentu. Sebagai contoh, kamu dapat mengevaluasi bahasa yang digunakan dalam kontenmu untuk mencari bias atau keberpihakan. Kamu dapat membuat kesimpulan tentang pesan di dalam teks dan bahkan budaya dan waktu di sekitar teks.
Berikut langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk merencanakan konten pemasaran yang efektif:
apa yang berhasil dan tidak. Beberapa metrik social media yang paling penting untuk diukur meliputi: