Matamaya

Kenali Pentingnya Content Analysis Bagi Bisnis

Kenali Pentingnya Content Analysis Bagi Bisnis
25 August 2023
Kenali Pentingnya Content Analysis Bagi Bisnis - strategi konten media sosial - Matamaya

Dengan terus berkembangnya dunia konten, terdapat berbagai konten yang bisa kamu nikmati tiap hari. Namun, apakah kamu tahu seperti apa konten yang efektif bagi sebuah bisnis? Hal ini hanya bisa dijawab jika kamu melakukan content analysis.

Mengapa harus melakukannya dan bagaimana cara mempelajarinya? Yuk, cari tahu di artikel berikut!

Pentingnya Content Analysis

Dalam dunia digital marketing, content analysis sangat dibutuhkan oleh para marketer untuk memahami target audiens lebih baik. Oleh karena itu, para marketer sering membahas mengenai proses ini. Setidaknya terdapat 4 pendapat mengenai pentingnya content analysis menurut para ahli di bidang content marketing:

  1. Neil Patel

    Berdasarkan Neil Patel, proses ini penting dilakukan demi mengetahui strategi komunikasi yang lebih beresonansi dengan target audiens. Dengan menganalisis konten, kamu akan memahami konten yang bekerja secara efektif.

  2. HubSpot

    Selanjutnya menurut HubSpot, dibutuhkan analisis untuk mengukur efektivitas content marketing yang sudah dilakukan. Metrik engagement, shares, dan conversions dapat digunakan untuk menentukan tipe konten yang mendapatkan hasil sesuai objektif.

  3. Moz 

    Moz menjelaskan bahwa untuk mengidentifikasi celah strategi konten diperlukan sebuah analisis mendalam. Kamu bisa membandingkan hasilmu dengan kompetitor untuk menemukan celah atau peluang tersebut.

  4. Content Marketing Institute

    Hampir seperti pendapat sebelumnya, content analysis bisa digunakan untuk mengukur dampak konten terhadap target audiens. Contohnya, apakah melalui konten target audiens sudah cukup mengenal brand kamu? Apakah mereka sering menanggapi kontenmu secara positif atau tidak?

 

Contoh Content Analysis

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang konten Red Bull. Mengapa Red Bull? Hal ini karena konten mereka bisa dikatakan berhasil mempresentasikan positioning-nya sebagai minuman segar yang membuat penikmatnya menjadi lebih energik.

Setidaknya terdapat 3 media sosial yang aktif mereka gunakan yaitu TikTok, Instagram, dan YouTube. Seperti apa strategi konten di masing-masing platform tersebut? Berikut contoh penjelasannya!

  1. TikTok

    Sebagai brand yang targetnya adalah orang-orang yang suka berpetualang dan menantang adrenalin, Red Bull pun membuat pendekatan komunikasi melalui konten-konten olahraga ekstrim di TikTok.

    Cara ini membuatnya menjadi brand yang otentik karena tidak terlihat seperti sedang memasarkan produknya. Respons dari audiensnya juga terbilang positif yang bisa dilihat dari views, komentar, dan likes.
    Content Analysis TikTok - Matamaya
  2. Instagram

    Memahami bahwa audiensnya lebih menyukai konten video, Red Bull pun memaksimalkan fitur Reels untuk dapat berinteraksi dengan audiensnya. Dilihat secara sekilas, konten-konten yang ada di Instagram sama seperti konten TikTok mereka. 

    Secara performa konten, jika dicek melalui Matamaya hasilnya sama memuaskannya seperti performa TikTok. Untuk melihatnya kamu bisa mencoba melalui halaman demo Matamaya. Data-data yang tersaji bisa kamu manfaatkan juga untuk membuat contoh penelitian content analysis suatu brand.
    Content Analysis Instagram - Matamaya
  3. YouTube

    Tidak hanya memposting dalam format video yang berdurasi lebih dari 3 menit, nampaknya Red Bull juga sudah mulai memaksimalkan Shorts. Strategi ini membuat konten-kontennya menjadi memiliki lebih bisa menjangkau banyak audiens.

Content Analysis YouTube - Matamaya

Rekomendasi Buku Tentang Content Analysis

Apakah kamu sedang tertarik mempelajari tentang content marketing maupun analysis lebih dalam? Berikut kami sajikan 3 rekomendasi buku yang bisa membantumu memahaminya. Yuk, simak!
Content Analysis Buku - Matamaya

  1. Content Marketing Strategies for Dummies

    Dalam buku ini, kamu dapat mempelajari secara komprehensif mengenai content marketing mulai dari pembuatan content strategy hingga cara menganalisis konten. Kamu pun dapat memahami konsep Five C Cycle yaitu Company Focus, Customer Experience, Content Creation, Channel Promotion, dan Closed-Loop Analysis.

    Buku ini juga merinci tools yang dapat kamu gunakan untuk memantau performa konten. Buku ini cocok untuk dipelajari bagi kamu yang masih pemula dalam pemasaran konten.

  2. Social Media Marketing for Dummies 

    Content analysis buku selanjutnya lebih fokus membahas media sosial. Mulai dari pemilihan platform, tips membuat hingga mengeksekusi campaign di media sosial dijelaskan dalam buku ini. 

    Cara memilih metrik yang tepat juga tidak luput dalam pembahasan. Menurut buku ini, salah satu caranya adalah dengan menyesuaikan metrik dengan platform yang digunakan. Pasalnya, setiap media platform bisa saja memiliki metrik yang berbeda-beda.

  3. The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success

    Hampir setiap bisnis dapat menggunakan media sosial untuk menjangkau target audiensnya. Oleh karena itu, buku ini akan menjelaskan cara melakukannya dalam bahasa yang mudah dipahami.

    Bagian pertama akan membahas fitur-fitur media sosial yang berpotensi kamu manfaatkan untuk pemasaran. Kemudian, bagian kedua menjelaskan cara mengukur dan menganalisis keberhasilan konten. Selain itu, kamu akan menemui latihan kecil yang bisa membantumu mengaudit media sosial sehingga menghasilkan sebuah insight bermanfaat. 
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.