Matamaya

Kenali Cara dan Tools dalam Facebook Analytics

Kenali Cara dan Tools dalam Facebook Analytics
21 October 2022
Kenali Cara dan Tools dalam Facebook Analytics - strategi konten media sosial - Matamaya

Bukan rahasia lagi bahwa Facebook adalah media sosial yang banyak disukai oleh pebisnis atau pun pemasar. Tidak hanya karena banyaknya pengguna, tetapi juga karena kemampuan analitiknya yang terbilang baik.

Kemampuan Facebook analytics dapat dimanfaatkan untuk penargetan dalam pemasaran konten dan promosi di Facebook yang lebih efektif. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mendalami Facebook analytics agar strategi pemasarannya lebih terarah dan mendatangkan keuntungan.

Demi mendapatkan strategi pemasaran yang lebih berdampak, patut bagi kamu untuk melakukan facebook competitor analysis. Hal ini karena dengan membandingkan dengan kompetitor, kamu akan mengetahui posisimu di mata audiens Facebook.

 

Cara Melakukan Facebook Competitor Analysis

Langkah-langkah berikut merupakan cara praktis bagi kamu dalam melakukan facebook competitor analysis. Apabila kamu melakukan secara detail maka kamu pun dapat menemukan insight menarik yang bermanfaat untuk mengembangkan media sosialmu.

  1. Analisis Kompetitor
    Terlebih dahulu, tentukan kompetitor dari bisnismu. Kamu bisa memanfaatkan Google untuk menemukan kompetitor dengan kata kunci yang berkaitan dengan bisnismu. Selain itu, kamu bisa melihat brand yang serupa dengan bisnismu yang diikuti oleh pengikutmu di media sosial.
    Kumpulkan informasi mengenai platform media sosial yang mereka gunakan, jumlah followers maupun following, frekuensi postingan, dan tingkat engagement media sosial mereka. Supaya datamu semakin detail, lakukan pula analisis konten seperti melihat jenis konten dan engagement setiap postingan.

  2. Analisis Halaman Facebook
    Facebook Competitor Analysis - Matamaya
    Setelah semua data kompetitor terkumpul, kamu perlu membandingkannya dengan performa media sosial yang kamu miliki. Hal yang perlu dianalisis pertama kali adalah analisis halaman Facebook. Pada tahap ini, metrik yang digunakan adalah page likes, page reach, dan page engagement.
    a. Page likes: mengindikasikan bahwa audiens tersebut menikmati postingan media sosial yang disajikan.
    b. Page reach: menunjukkan jumlah akun yang melihat atau terpapar oleh postingan media sosial.
    c. Page engagement: mengacu pada jumlah audiens yang berinteraksi dengan postingan seperti memberikan likes, comment, dan share.

  3. Analisis Postingan Facebook
    Tidak hanya analisis halaman Facebook, kamu perlu melihat performa postinganmu. Berikut rincian metrik yang bisa digunakan:
    a. Post reach: membagikan statistik postingan dasar seperti impression, pengguna yang terlibat, dan penayangan video.
    b. Post engagement: membagikan statistik engagement seperti likes, share, komentar positif maupun negatif.
    c. Link dan post clicks: menunjukkan bahwa audiens bersedia mengambil tindakan yaitu mengklik pada situs web.

  4. Intrepretasi data
    Sekarang setelah kamu tahu tentang menganalisis data dengan benar, tinjaulah kembali data yang kamu peroleh. Kamu bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebagai panduan dalam interpretasi Facebook competitor analysis: 
    a. Apa pembahasan yang disukai audiens?
    b. Bagaimana tipe pos yang paling banyak mendatangkan engagement?
    c. Siapa saja audiens media sosialmu?
    d. Dari mana mereka berasal?
    e. Kapan mereka aktif dalam mengakses media sosial?

  5. Susun Strategi
    Ketertarikan audiens pada setiap akun media sosial berbeda-beda sehingga yang berhasil untuk kompetitor belum tentu akan berhasil pula untuk bisnismu. Dengan menggunakan insight dan kapan waktu yang tepat dari Facebook analytics, kamu dapat menentukan jenis konten apa yang akan diterbitkan.

 

Facebook Analytics for Targeted Marketing

Facebook Analytics for Targeted Marketing - Matamaya

Supaya pemasaran kontenmu lebih maksimal, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan  Facebook analytics for targeted marketing. Kamu dapat melakukan hal ini dengan bantuan Meta Business Manager Audience. Tepatnya pada bagian menu “Insights” dan pilih “Audience”

Menu ini dapat memberikan informasi tentang audiens Facebook kamu. Kamu pun dapat mempelajari minat dan kebiasaan audiens yang bisa kamu gunakan untuk menentukan topik konten maupun penargetan Iklan Facebook di masa mendatang.

Terdapat 2 macam informasi audiens yang bisa kamu dapatkan yaitu current audience dan potential audience. Pada current audiences terdapat informasi demografi seperti segmentasi umur, gender, kota, dan negara. Detail demografi mungkin saja tidak muncul pada setiap halaman. Setidaknya halaman tersebut harus memiliki 100 likes/followers di Facebook.

Selanjutnya, kamu juga dapat melihat estimasi jumlah audiens yang dapat dijangkau oleh akunmu melalui potential audience. Agar informasi audiens lebih spesifik, kamu dapat memfilter audiens melalui berdasarkan lokasi, umur, gender, minat, dan bahasa. Tentunya, hal ini sangat membantumu dalam melakukan Facebook analytics for targeted marketing.

 

Rekomendasi Facebook Analytics Data Tools

Keberadaan Facebook analytics data tools sangat penting peranannya sebagai kunci keberhasilan pemasaran di Facebook. Jika kamu tidak memantau performa Facebook, maka pemasaranmu tidak bisa efektif.

Tidak cuma itu, Facebook analytics data tools juga dapat membantumu lebih memahami audiens. Dengan begitu, strategi konten Facebook yang kamu buat akan menghasilkan performa terbaik. Berikut rekomendasi tools yang dapat kamu manfaatkan:

  1. Meta Business Suite
    Meta Business Suite (atau Meta Business Manager) adalah alat gratis yang dapat digunakan bisnis untuk mengelola profil dan akun iklan Facebook dan Instagram. Dalam satu platform, administrator dapat mengelola beberapa halaman, menanggapi pesan, dan memonitoring data menarik mengenai audiens maupun performa halaman Facebook.
  2. Facebook Creator Studio
    Creator Studio adalah bagian dari Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk menjadwalkan postingan, mengelola profil Facebook, hingga monetisasi dalam satu tempat. Creator Studio dapat memberikanmu insight lebih lengkap daripada Meta Business Suite. Bahkan, kamu akan secara mudah mendapatkan insight menarik berdasarkan tipe postingan seperti jenis video, teks, atau gambar.
  3. Matamaya
    Facebook Analytics Data Tools -Matamaya
    Bagaimana pun jika kamu ingin lebih memahami audiens dan memaksimalkan performa Facebook, data yang disediakan oleh kedua tools bawaan Facebook di atas belumlah memadai. Pasalnya, kamu tidak bisa mengetahui secara pasti respon yang diberikan audiens secara pasti terhadap bisnismu.

    Oleh karena itu, Matamaya hadir agar digunakan oleh para digital marketer maupun bisnis untuk merekam percakapan audiens dan memantau performa akun di Facebook dengan akurat. Di samping itu, kamu juga bisa mengetahui demografi audiens dengan lebih komprehensif seperti perbandingan angka dari setiap kelompok umur maupun gender audiens.

    Tentunya, kamu membutuhkan pula data tentang jenis postingan yang paling disukai atau mendapat engagement terbaik untuk bisa kamu terapkan ke perencanaan konten. Matamaya mampu menghadirkan informasi tersebut dalam visual serta angka yang dapat dengan mudah kamu pahami. Berdasarkan keunggulan ini, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba Matamaya sebagai Facebook analytic data tools pilihanmu.
Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.