Matamaya

Instagram Analytics Tools Terbaik

Instagram Analytics Tools Terbaik
02 February 2022

(source: dnaberita.com)

 

Apa Itu Instagram Insight?

Data dan Instagram Analytics dapat membantu kamu mengukur output strategi pemasaran di berbagai social media platforms untuk melihat apakah ada sesuatu yang perlu kamu lakukan secara berbeda guna memperoleh hasil yang diharapkan, seperti menargetkan audiens yang berbeda, mencoba berbagai format konten, atau memposting di waktu terbaik. Untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu membutuhkan strategi yang efektif dan itu dapat tercapai dengan memanfaatkan fitur Instagram Insights.

Lalu, apa itu Instagram insight? Instagram insight merupakan salah satu fitur dalam Instagram analytics yang dapat memberi kamu banyak informasi tentang follower dan konten yang paling mereka minati dari media sosial bisnismu, kompetitor, atau tempat lain. Tidak hanya itu, manfaat insight Instagram sangat luas. Kamu akan dapat mengenal audiensmu lebih baik sehingga kamu dapat membuat konten yang dapat memajukan sasaran bisnis.

 

Memahami Manfaat Insights Instagram yang Besar

 

Source: https://napoleoncat.com/blog/understand-instagram-analytics/

 

Kamu dapat memahami berbagai manfaat insight Instagram yang besar hanya jika akun Instagram yang kamu miliki merupakan Instagram bisnis bukan personal. Dengan kata lain, ini menjadikan bisnis tidak dapat eksis sebagai bisnis jika mereka tidak menggunakan data dan analytics, terutama bagi mereka yang menjalankan strategi pemasaran media sosial di Instagram. Instagram analytics secara khusus akan memberikan kamu data yang komprehensif tentang demografi audiens, engagement rate, impressions, dan data lain yang kamu butuhkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis. 

Instagram Analytics secara lebih khusus digunakan oleh bisnis untuk melacak kemajuan, mengidentifikasi tren, dan mengevaluasi target audiens secara lebih rinci. Dengan menggunakan Instagram Analytics, kamu dapat mengumpulkan berbagai macam data yang berharga meliputi hashtag yang paling sering digunakan, post yang paling banyak memunculkan interaksi, dan waktu yang paling populer untuk mempostingnya. Semua metrik tersebut akan memberikan kamu informasi tentang apa yang telah kamu lakukan dengan baik dan apa yang perlu kamu tingkatkan. Kamu juga dapat menggunakan insights tersebut untuk membandingkan capaianmu dengan kompetitor.

Manfaat insight Instagram untuk bisnis dapat memberikan kamu feedback yang bagus. Dengan cara ini, kamu dapat menemukan lebih banyak cara untuk mengarahkan traffic ke halaman bisnismu. Sebelum mengetahui cara melihat analisis Instagram, kami akan membagikan beberapa hal terkait manfaat yang dapat kamu peroleh dengan melakukan analisis insight Instagram melalui analytics yang disediakan langsung oleh Instagram:

  • Rentang usia audiens
  • Tujuh post terbaru teratas 
  • Perincian persentase jenis kelamin dan asal followers
  • Seluruh impressions selama sepekan
  • Story Insights
  • Waktu dalam seminggu dimana followers paling aktif menggunakan Instagram, dan
  • Impressions, reach, dan engagement rate untuk setiap posts.

 

Melakukan Analisis Insights Instagram dan Memahami Metrik

Untuk dapat mengetahui cara melihat analisis Instagram, kamu harus memastikan profil Instagram sudah beralih ke akun Instagram bisnis. Kemudian dalam prosesnya, kamu akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram tersebut ke Facebook page. Setelah fitur Instagram Insights terbuka, kamu akan melihat banyak angka, grafik, dan bagan yang berisikan berbagai macam data mentah untuk diolah sehingga memberikan kamu informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pemasaran bisnismu di Instagram.

 

Source: https://napoleoncat.com/blog/understand-instagram-analytics/

 

Dalam in-app Instagram Analytics, Insights dibagi menjadi 3 kategori berbeda, yakni:

  • Activity
    Tab ini dapat menampilkan keterlibatan akun dan audiens yang benar-benar melihat konten bisnismu. Informasi yang kamu peroleh dari fitur ini adalah seberapa banyak audiens yang telah berkunjung ke akun bisnismu, berapa banyak dari mereka yang mengklik website, email, dan melakukan panggilan ke nomor bisnismu.
  • Content
    Informasi yang disajikan dalam tab Content Analytics diurutkan berdasarkan jenis konten, metrik, dan jangka waktu. Untuk memudahkan kamu membaca banyaknya data yang disediakan di tab Content, kamu dapat menerapkan Filter untuk dapat mensortir informasi apa saja yang paling kamu butuhkan saat ini. Dengan melakukan analisis insights Instagram pada tab Content, kamu akan mengetahui jenis konten apa yang lebih menarik bagi followersmu, postingan mana yang berkinerja lebih baik, dan apa yang menarik orang baru untuk mengikuti Instagram pagemu.
  • Audience
    Semua metrik yang kamu perlukan berada di dalam tab ini. Untuk navigasi yang lebih baik, Instagram telah membagi Audience Insights menjadi 4 kategori, yakni lokasi teratas (kota dan negara), rentang usia, distribusi jenis kelamin dan followers acitivity yang meliputi pelacakan jumlah pengikut dan aktivitas pilihan mereka setiap jam hingga mingguan.

 

Rekomendasi Instagram Analytics Tools Terbaik

Menggunakan Instagram Analytics untuk analisis insights Instagram adalah cara yang paling efektif untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiensmu dan mengembangkan strategi pemasaran yang baik. Tetapi menentukan apakah bisnismu harus menggunakan analytics tool gratis atau berbayar, serta bagaimana menggunakannya agar menguntungkan, dapat menjadi tantangan besar yang akan kamu hadapi kedepannya.

Kami akan memberikan rekomendasi tools Instagram analytics terbaik yang dapat kamu gunakan untuk melakukan analisis insights Instagram.

 

Matamaya

 

 

Rekomendasi tools Instagram analytics terbaik pertama adalah Matamaya. Matamaya dinilai jauh lebih dari sekadar analytics tool. Hal ini karena kamu dapat menggunakannya untuk manajemen media sosial komprehensif. Matamaya menyediakan layanan yang mencakup social media listening, monitoring, analisis pesaing, dan pengiklanan influencers di semua platform media sosial utama, termasuk Instagram. Namun, Matamaya bukanlah platform analytics yang hanya menyediakan skema gratis, kamu juga dapat mengajukan uji coba melalui request demo sebelum memutuskan subscription.

Dibandingkan Instagram analytics tool lainnya, Matamaya menyertakan fitur analitik yang lebih mendalam termasuk puluhan metrik untuk Instagram sendiri. Metrik tersebut diantaranya adalah metrik utama, viral impressions, reach, post level dan page level reactions, metrik demografis followers serta video views dan tingkat posting. Kamu dapat melihat berbagai metrik dalam satu dashboard yang disediakan dalam cluster content (content pillar), dimana dari sana kamu dapat menentukan metrics yang dapat bekerja berdasarkan objektif dari brand. Kamu juga dapat membuat laporan yang dapat diekspor ke dalam berbagai format.

 

Brand24

 

Berdasarkan beberapa review, Brand24 dapat mengumpulkan insights tentang apa yang dikatakan pengguna Instagram tentang brandmu melalui kombinasi data kualitatif dan kuantitatif. Misalnya, kamu dapat menganalisis nada percakapan, memantau beberapa hashtag, dan memberikan daftar hashtag yang sedang tren untuk membantumu meningkatkan jangkauan (reach). Dengan memberikan hashtag, kamu tidak hanya memperoleh data terkait jumlah hashtag dan akun yang menyebutkan brandmu, melainkan informasi tentang bagaimana perasaan followesmu tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan.

 

Squarelovin

Instagram analytics tool ini gratis dan dapat memberikan beberapa insights tambahan tentang bagaimana akun bisnismu berkembang. Squarelovin menawarkan analisis bulanan kinerja akun Instagram dengan memperlihatkan riwayat lengkap postingan dan bagaimana kinerjanya yang dikelompokkan berdasarkan waktu mulai dari jam hingga tahun. Salah satu fitur favorit analitik Instagram Squarelovin adalah mengetahui tidak hanya waktu terbaik untuk memposting, melainkan waktu terburuk dalam sehari untuk memposting konten berdasarkan kinerja postingan sebelumnya. 

Selain itu, Squarelovin juga menyediakan banyak informasi untuk membantumu mempromosikan konten bisnis, dimana kamu dapat melihat sekilas semua posts yang menandai kamu dan preferensi posts yang disukai oleh audiensmu. Fitur lain dari Squarelovin yang langka di antara analytics tool gratis lainnya, yaitu mengetahui filter Instagram mana yang berkinerja terbaik.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.