Matamaya

Instagram Analytics Tool Terbaik untuk Analisis Lanjutan

Instagram Analytics Tool Terbaik untuk Analisis Lanjutan
17 February 2022

Sudah menjadi rahasia umum, tanpa Instagram analitik, brand-mu akan berkeliaran di web tanpa arah. Apalagi dengan adanya lebih dari 200 juta pengguna Instagram yang disinyalir mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari, hal ini sudah cukup membuktikan kemampuan Instagram untuk dapat menarik dan menjangkau audiens yang luas. Jadi, jika kamu menjalankan strategi pemasaran di platform Instagram tanpa merujuk insights, maka itu akan menjadi pemborosan sumber daya yang besar.

Instagram analytics memungkinkanmu memperoleh insights yang akan mendorong hasil signifikan strategi pemasaran di Instagram. Tidak hanya itu, analytics juga memungkinkanmu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menargetkan audiens yang tepat, membuat postingan yang lebih baik, mendapatkan lebih banyak engagement, dan views pada story-mu.

Di artikel ini, kita akan membahas mengapa penting menggunakan Instagram analytics data dan bagaimana menggunakan insights tersebut untuk memperbaiki strategi pemasaran Instagrammu. Dengan menggunakan Instagram analytics bisnis, kamu dapat memperoleh manfaat yang luar biasa sebagai berikut:

  1. Menargetkan audiens yang sesuai dengan target pasar.
  2. Memperoleh lebih banyak impressions dan reach pada postinganmu.
  3. Memperoleh lebih banyak konversi melalui iklan yang lebih baik.
  4. Pengembalian tinggi pada pengeluaran pemasaran Instagram (ROI).
  5. Memiliki engagement yang lebih tinggi.
  6. Mengetahui waktu terbaik untuk memposting di Instagram dst.

 

Instagram Analytics Data

Sebagian besar metrik yang kamu peroleh di Instagram analytics dashboard can be considered as level one or most basic metrics which include followers, impressions, comments, likes, reach, and clicks. Though this information is helpful, the figures are constantly changing and only describe the situation for a certain time. To focus on continuous improvement, growth, and optimization, you should look at tier two performance metrics. 

So what are the second level metrics? You can understand it from the following explanation.

 

Level Two Metrics

Sebelum mengetahui apa itu metrik tingkat dua, kamu perlu memahami bahwa metrik tanpa konteks tidak akan membantumu mengambil tindakan. Jika kamu membandingkan jumlah follower-mu dengan influencer atau selebritas, tentu besar kemungkinan akun bisnismu akan tampak tidak mengesankan, dan melakukan perbandingan ini tidak akan mengarahkanmu ke perubahan.

Metrik kinerja tingkat dua adalah statistik yang dapat kamu gunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui performance strategi konten bisnismu. Ada tiga jenis metrik kinerja tingkat dua yang perlu kamu perhatikan untuk dapat mengidentifikasi kinerja konten, yakni pertumbuhan (growth), rate, dan rata-rata (average).

Matriks pertumbuhan akan menunjukkan kepadamu perubahan metrik (peningkatan atau penurunan), misalnya pertumbuhan impressions, reach, engagement, replies, clicks, dan pertumbuhan follower yang mencerminkan bagaimana jumlah followersmu berubah dari waktu ke waktu. Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan, kamu dapat menghitungnya secara manual, dan perhitungan tersebut cukup mudah. Jika pada akhir bulan ini brandmu memiliki 900 followersmu, dan bulan lalu diketahui total followersmu 700, maka tingkat pertumbuhannya adalah 22,2%. Selain jumlah followers, metrik Instagram lain yang dapat kamu gunakan untuk melacak pertumbuhan adalah impression, reach, engagement, reply, dan klik.

Sementara itu, metrik rate dapat menunjukkan angka persentase yang dapat membantumu memahami metrik tertentu terhadap metrik lain. Misalnya, interaction rate memberikan kamu insight tentang persentase follower yang telah berinteraksi dengan feed post, story, dan IGTV.

Untuk post Instagram dan IGTV, metriks seperti likes, comment, saves, dan share merupakan metrik-metrik yang dapat kamu perhatikan untuk mengetahui interaction rate. Untuk story Instagram, replies dan shares dapat dianggap sebagai suatu bentuk interaction. Artinya, jika kamu memiliki 500 followers dan salah satu postinganmu menerima 200 interaksi, maka tingkat engagement postinganmu adalah 40,0%.

Metrik terakhir dari metrik tingkat dua atau metrik lanjutan adalah average. Average dapat memberi kamu tolok ukur untuk kinerja umum postingan Instagram. Misalnya, metrik rata-rata likes per postingan yang memberi insight tentang jumlah likes yang diterima setiap post Instagram yang telah kamu upload.

Untuk memperoleh metrik tingkat dua atau analisis lanjutan, kamu dapat memanfaatkan peran analytics tool yang ada di pasaran. Ada banyak analytics tool yang dapat menyediakan metrik yang beragam, namun hanya sedikit yang dapat memberikan pemahaman lebih dalam seputar follower dan analisis influencer yang berguna untuk kemajuan strategi pemasaran.

 

Matamaya

Matamaya Instagram Analytics Tool menyediakan berbagai fitur dan metrik penting yang dapat mendukung peningkatan bisnismu. Tidak hanya memberikan insights untuk feed post dan video, Matamaya juga menyediakan fitur Instagram analytics followers dan Instagram analytics influencer yang dapat memungkinkanmu memahami lebih dalam tentang follower dan influencer yang kamu butuhkan untuk pemasaran brand. Di bawah ini akan kami jelaskan sedikit tentang bagaimana fitur follower dan influencer analytics yang dimiliki oleh Matamaya dapat membantu kampanye pemasaran yang kamu lakukan, berikut penjelasan singkatnya:

Follower Analytics

Untuk menjalankan kampanye pemasaran di Instagram, melakukan analisis followers pada akun bisnis merupakan suatu pekerjaan penting. Hal ini karena tujuan akhir dari pemasaran di media sosial adalah untuk menambah lebih banyak follower guna meningkatkan penjualan produk.

Analisis follower Matamaya akan menunjukkan kepada kamu follower teratas, demografi follower, dan follower engagement untuk akun Instagram apa pun yang ingin kamu analisis, termasuk kompetitor dan influencer. Tidak hanya itu, kamu juga akan memperoleh cara agar mendapat lebih banyak followers, memahami fans dengan lebih baik, mengatur konten postingan, dan sebagainya. Namun untuk memperoleh lebih banyak follower, pertama-tama kamu harus memahami satu hal: siapa target audiens utamamu, dan Matamaya memungkinkan untuk mengidentifikasi apakah followersmu saat ini sudah sesuai dengan target audience awalmu atau tidak.

Memahami followermu dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengukur ROI. Tetapi ada baiknya untuk mengawasi kualitas follower juga. Jika kamu dapat melacak dan menjaga follower media sosialmu tetap aktif, kamu akan memiliki cara yang lebih baik untuk mendapatkan feedback pelanggan. Dengan melakukan hal ini, berarti kamu sedang berinvestasi pada aset pemasaran jangka panjang. Follower yang berkualitas dapat membantu kamu menyebarkan berita tentang produk atau layananmu. Tentunya dengan banyaknya follower yang terlibat, akan menghasilkan lebih banyak penjualan. Untuk membangun follower yang menguntungkan dalam jangka panjang, kamu harus mulai menjaga follower dari sekarang.

Fitur utama yang disediakan oleh Matamaya untuk mendukung follower analytics adalah sebagai berikut:

  1. Fitur yang menyediakan metrik geografi dan demografi follower, meliputi negara, kota, usia, jenis kelamin dan informasi lainnya.
  2. Fitur yang memberikan insights tentang brand di industri sejenis yang memiliki followers banyak, brand dengan engagement rate tinggi dan sebagainya.
  3. Statistik tingkat engagement pada periode waktu tertentu, jumlah postingan, likes per post, share per post, comment per post, dan clicks per post.
  4. Pelacakan perubahan follower, analisis follower baru setiap hari dan follower yang berhenti mengikuti.

 

Influencer Analytics

Ada begitu banyak orang yang menyebut diri mereka influencer sekarang sehingga mengidentifikasi akun palsu menjadi semakin sulit. Pada saat yang sama, pemasaran influencer dengan cepat menjadi prioritas dalam hal strategi pemasaran, dimana menurut sebuah studi, lebih dari 90% marketers mempercayai bahwa pemasaran influencer efektif.

Untuk menjawab trend tersebut, Matamaya memiliki sebuah fitur analytics yang berfokus pada kajian tentang performance influencer. Inilah 3 manfaat utama yang dapat kamu peroleh dengan melakukan analisis Instagram influencer di Matamaya:

  1. Memilih influencer terbaik untuk mempromosikan brand-mu.
  2. Menemukan influencer untuk kolaborasi (jika kamu juga merupakan seorang influencer yang melakukan bisnis).
  3. Meneliti metode pertumbuhan Instagram.

 

 

Setelah mengetahui manfaat yang dapat diberikan Matamaya Instagram analytics influencer, kamu sekarang dapat fokus untuk menilai siapa follower yang tepat untuk bisnismu. Matamaya dapat memberikanmu berbagai pilihan influencer yang kamu butuhkan dengan menempatkan beberapa kriteria penilaian berikut sebagai dasar pertimbangan:

  1. Jangkauan
    Ini mungkin bukan faktor yang paling penting tetapi jika influencer tidak memiliki akses ke TA kamu, selalu ada risiko bahwa kamu telah menghabiskan anggaran pemasaran untuk menjangkau audiens yang tidak tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Tentunya dengan analisis jangkauan, kamu akan memperoleh gambaran tentang siapa influencer yang memiliki niche yang mirip dengan brand-mu. Disini, influencer dengan banyak follower tidak selalu lebih efektif dibandingkan influencer yang memiliki jangkauan audiens yang tinggi. Matamaya dapat memberikanmu insight mengenai influencer yang memiliki jangkauan yang besar dan niche yang mirip dengan brandmu.

  2. Authenticity
    Influencers dengan konten yang didominasi non-komersial dipandang lebih otentik dan menginspirasi lebih banyak follower mereka. Orang akan selalu lebih suka membaca pengalaman pribadi yang menarik daripada iklan yang tidak bernyawa. Matamaya dapat menemukan influencer yang tepat untuk brand-mu berdasarkan kriteria tersebut.

  3. Keterlibatan follower
    Jumlah follower besar yang dimiliki influencer tidak berarti bahwa semua pengikut ini menunjukkan minat terhadap mereka. Yang perlu kamu evaluasi adalah kualitas keterlibatan, dimana ini akan mempengaruhi cara follower kamu bereaksi terhadap konten bersponsor produk-mu. Menemukan influencer dengan keterlibatan follower yang tinggi tentunya akan sangat menguntungkan strategi pemasaran-mu, dan Matamaya dapat membantumu mengidentifikasi influencer yang memiliki keterlibatan follower yang tinggi, dengan tidak mengabaikan kriteria lainnya.

  4. Relevansi
    Matamaya dapat memastikan bahwa konten yang dihasilkan influencer berkorelasi dengan brand’s tone of voice-mu. Seperti, jika brand kamu berkaitan dengan pakaian dan perlengkapan bayi, mungkin bukan ide terbaik untuk mencari influencer yang tidak memiliki anak bayi dan sebagainya.

 

 

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.