Matamaya

Free Social Media Listening Tools 2022 dan Manfaatnya

Free Social Media Listening Tools 2022 dan Manfaatnya
07 October 2022
Free Social Media Listening Tools 2022 dan Manfaatnya - strategi konten media sosial - Matamaya

Terdapat banyak hal penting yang harus digital marketer perhatikan saat ingin mengembangkan akun media sosial bisnis. Salah satunya adalah kemampuan dalam memahami percakapan audiens di platform media sosial. Percakapan yang ada tersebut dapat kamu ketahui melalui aktivitas social media listening.

Social media listening ini perlu dilakukan karena akan membuat bisnis dapat mengenal target pasarnya lebih baik melalui analisis pendapat atau sentimen terhadap produk maupun layanan yang telah diberikan. Melalui aktivitas tersebut akan terlihat sejumlah informasi yang dapat kamu pelajari guna meningkatkan kinerja bisnis dan mencapai target yang diinginkan.

Untuk memudahkan prosesnya, social media listening dapat kamu lakukan dengan bantuan social media listening tools. Tools tersebut dapat bersifat open source maupun berbayar yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

 

Open Source Social Media Listening Tools

Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, muncul berbagai tools yang bisa membantumu dalam mengembangkan bisnis. Tidak sedikit digital marketer memanfaatkan open source social media listening tools sebagai alat untuk memudahkan pekerjaannya.

Open source social media listening tools merupakan tool yang dapat diakses secara publik dan mampu menganalisis interaksi maupun respon audiens terhadap brand atau bisnismu. Kamu dapat mengetahui frekuensi penyebutan brand, kata kunci yang relevan, dan umpan balik yang kamu terima melalui tag dan komentar. 

Open source social media listening tools ini dapat melacak aktivitas audiens di Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, Youtube, dan platform media sosial lainnya secara terintegrasi. Ketika kamu dapat mengintegrasikan berbagai akun media sosial tersebut, kamu akan melihat semua data yang kamu perlukan dalam satu dasbor.

Bukan sekadar menghasilkan data, open source social media listening tools mampu menyajikan sentimen media sosial. Sentimen media sosial merupakan kesan positif, negatif ataupun netral yang diperoleh dari keterlibatan audiens melalui percakapan di media sosial.

Analisis sentimen media sosial adalah bagian penting dari social media listening karena dapat membantumu dalam memahami kesan audiens terhadap brand yang kamu kelola maupun dari sisi kompetitor. Alih-alih hanya menghitung berapa kali brand disebutkan, kamu juga dapat mempelajari percakapan yang terjadi untuk mendorong hasil bisnis yang nyata.

 

Free Social Media Listening Tools 2022

Setiap social media listening tools memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga bisa kamu gunakan untuk mendorong kinerja bisnis. Tidak hanya itu saja, beberapa tools juga bisa memberikan informasi yang sangat berharga seperti frekuensi penyebutan brand hingga word cloud.

Untuk mempermudah kamu dalam mengetahuinya, berikut free social media listening tools 2022 yang dapat kamu gunakan untuk mengenal target pasarmu lebih dekat:

  1. Hootsuite
    Hootsuite memungkinkan kamu untuk memantau percakapan, kata kunci, penyebutan brand, dan tagar. Apabila kamu ingin terus relevan dengan perkembangan industri, Hootsuite dapat membantumu dalam memantau tren dan persaingan dengan kompetitor. Selain itu, kamu dapat menanggapi semua pesan dan komentar dari beberapa platform media sosial dalam satu dasbor. Kamu dapat memfilternya menurut tanggal, demografi, dan lokasi untuk menemukan percakapan yang paling relevan.

  2. Keyhole
    Berbeda dengan Hootsuite, Keyhole hanya fokus pada analisis platform Twitter dan Instagram. Social media listening tools ini menyediakan pelacakan tagar, penyebutan brand, nama pengguna, dan lainnya dari kedua platform media sosial tersebut. Namun, Keyhole menyediakan heatmap yang memberimu informasi tentang perbedaan sentimen dan keterlibatan audiens dari seluruh dunia. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami cara berinteraksi dengan mereka secara tepat dan efektif.

  3. Matamaya
    Matamaya Listening Tools - Matamaya
    Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih komprehensif, Matamaya dapat kamu gunakan sebagai social media listening tools pilihanmu. Matamaya dapat menyajikan hasil percakapan audiens yang terdapat di platform Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, dan Youtube melalui sebuah word cloud.

    Melalui word cloud, kamu dapat mengetahui kata apa saja yang paling sering muncul atau diutarakan oleh audiens serta berapa jumlah kemunculannya. Percakapan tersebut tidak hanya menampilkan hal yang berkaitan brand yang kamu kelola saja, tapi juga percakapan yang berkaitan dengan kompetitor. Jadi, kamu dapat dengan mudah membandingkan sentimen yang kamu peroleh dengan sentimen kompetitor.

    Selain itu, Matamaya mampu menyajikan word cloud dari masing-masing platform media sosial yang kamu kelola. Tentunya, ini akan membantumu untuk berkomunikasi dengan lebih relevan sesuai sosial media yang audiens kamu gunakan. 

 

Social Media Tools Benefit

Social Media Tools Benefit - Matamaya

Setelah mengetahui free social media listening tools 2022, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dalam manfaat dari tools tersebut. Dengan mengetahui social media tools benefit, kamu akan lebih mengenali peranan social media listening tools yang berguna bagi bisnismu.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari social media listening tools. Berikut kami sajikan beberapa manfaatnya:

  1. Mengetahui consumer insight dan trend
    Social media listening tools memungkinkan kamu memahami hal yang membuat audiens tertarik dengan suatu produk atau layanan, alasan yang mendorong mereka loyal, dan inovasi yang mereka inginkan terhadap produk tersebut. Selain itu, kamu dapat mengetahui tren di industri yang kamu jalani. Dengan demikian, kamu bisa terus up-to-date dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan konsumen. Informasi tersebut juga dapat membantumu dalam mendatangkan konsumen baru.

  2. Mengidentifikasi influencer dan KOL
    Keberadaan influencer dan KOL (Key Opinion Leader) di era sekarang penting adanya untuk membangun brand awareness. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengidentifikasi dan memilih secara tepat influencer yang akan membantumu dalam memasarkan produk. Melalui social media listening tools, kamu bisa mengidentifikasi influencer yang berkaitan dengan bisnismu dan dekat dengan target pasarmu.

  3. Meningkatkan keberhasilan campaign
    Salah satu hal yang krusial guna meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran adalah kampanye yang tertarget. Maka dari itu, kamu harus mengetahui hal yang disukai maupun yang tidak disukai oleh konsumen dari kelompok usia, wilayah, kelompok pendapatan tertentu, profesi, dan sebagainya. Selanjutnya, kamu dapat menuangkan insight tersebut dalam sebuah kampanye baik melalui iklan sosial media, TV, radio, atau pun billboard.

  4. Memantau perkembangan kompetitor
    Aktivitas dan perkembangan yang dilakukan kompetitor juga bisa kamu pantau dari social media listening tools. Kamu dapat memperoleh informasi tentang platform yang sering kompetitor gunakan, seberapa sering kompetitor berinteraksi dengan konsumen, dan sentimen tentang kompetitor. Hal ini bisa menjadi acuan dalam pengembangan bisnis kedepannya.

Demikian beberapa social media listening tools serta manfaatnya yang bisa kamu coba. Pada dasarnya semua tools dapat memberikan informasi tentang sentimen media sosial. Dengan informasi tersebut, kamu bisa mengambil upaya yang tepat untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan.

Jika kamu ingin mencari tools yang lebih bisa memahami sentimen dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan Matamaya. Kamu bisa memperoleh sentiment analytics dan word cloud analytics yang bisa membantumu dalam memaksimalkan aktivitas social media listening.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.