Matamaya

Content Analysis yang Mendukung Strategi Konten Bisnis Digital

Content Analysis yang Mendukung Strategi Konten Bisnis Digital
02 February 2022

source : paceco.com

 

Apa Itu Content Analysis?

Di antara banyak sumber informasi terkait segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran di media sosial, data media sosial adalah sumber data yang paling penting untuk riset pemasaran yang efektif. Platform media sosial menawarkan peluang kuat untuk mendapatkan akses langsung ke opini konsumen yang tidak terbatas. Banyak perusahaan kini telah menyadari pentingnya menggunakan data media sosial untuk mendapatkan wawasan terkait pemasaran untuk kemajuan bisnis mereka. Tapi ada begitu banyak data mentah di luar sana yang perlu diolah sehingga bagaimana bisnismu dapat memanfaatkan sumber ini untuk mendapatkan insights yang mendalam dan dapat ditindaklanjuti, kamu perlu melakukan content analysis untuk memulainya.

 

Source: https://clootrack.com/

 

Content Analysis Design

Analisis konten media sosial atau content analysis adalah teknik penelitian kualitatif yang digunakan untuk mengukur informasi yang kamu peroleh dengan menyortir data dan membandingkan informasi-informasi yang berbeda untuk diringkas menjadi informasi yang berguna. Secara praktis, content analysis kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengidentifikasi pola dalam komunikasi yang terekam dalam konten atau postingan sosial media bisnismu melalui teknik survei. Content analysis survei melalui media sosial dalam konteks strategi konten dan pemasaran bertujuan untuk mengidentifikasi kata, pola, konsep, tema, frasa, karakter, atau kalimat tertentu yang terdapat dalam content pemasaran yang kamu buat.

Source: https://clootrack.com/

 

Content Analysis Design

Content analysis data kualitatif yang dikumpulkan untuk penelitian melalui survei media sosial akan dianalisis secara sistematis dan diubah menjadi data kuantitatif. Content analysis survei melalui media sosial ini berbeda dengan penelitian lain pada umumnya, karena analisis ini tidak mengumpulkan data dari konsumen atau audience secara langsung, melainkan data yang sudah direkam di media sosial. Untuk melakukan content analysis, kamu perlu mengumpulkan data dari setiap konten dan iklan yang kamu buat untuk mempromosikan brandmu, itu bisa dalam bentuk data apa pun, termasuk teks, gambar, audio, dan video.

Paling tidak ada empat content analysis design yang umumnya dipakai untuk menggambarkan karakteristik pesan dari strategi konten dan pemasaran, yaitu:

  • Analisis yang dipakai untuk menggambarkan pesan dari sumber yang sama tetapi dalam waktu yang berbeda.
  • Analisis yang dipakai untuk melihat pesan pada situasi yang berbeda, situasi disini dapat berupa konteks yang berbeda, misalnya bidang industri yang berbeda.
  • Analisis yang dipakai untuk melihat pesan pada khalayak yang berbeda, khalayak disini merujuk pada audience dari platform media sosial yang berbeda.
  • Analisis yang dipakai untuk melihat pesan dari komunikator yang berbeda.

Dalam content analysis design, analisis akan menggunakan coding unit. Satuan ini sangat bervariasi tergantung pada data yang digunakan, contohnya adalah jumlah kata negatif dalam ulasan/ testimony penjualan. Berikut prosedur untuk melakukan analisis konten menurut Tutor2U:

Mengapa Content Analysis Penting dalam Bisnis?

Dalam menjalankan strategi pemasaran bisnis, kadang kamu akan merasa kehilangan motivasi ketika tidak ada yang membaca konten, menekan tombol likes di postinganmu di platform media sosial, atau bahkan ketika menerima feed back negatif dari audience. Dengan memposting suatu konten dan materi iklan di media sosial, kamu tidak akan langsung memperoleh manfaat dari sana. Lalu bagaimana kamu memastikan bahwa konten pemasaran bisnis yang telah kamu buat mendapat perhatian yang layak?

Content analysis adalah upaya yang dapat membantumu memperoleh data yang beragam dan dibutuhkan untuk kemajuan bisnismu. Manfaat yang akan kamu peroleh dari content analysis data yakni kamu dapat melakukan analisis konten dari data yang kamu dapatkan untuk mengetahui apakah style komunikasi yang kamu gunakan sesuai dan mampu menarik perhatian audience atau masih membutuhkan penyesuaian. Sumber content analysis data yang dibutuhkan dapat mencakup postingan produk/ layanan, promotional appearance, likes, dislikes, tagged location dan occasion, tagged post dan mention dari audience serta kinerja konten kolaborasi dengan produk atau influencer. Secara garis besar, keseluruhan data dan informasi tersebut sangat kamu butuhkan untuk dapat membantumu memastikan apakah konten pemasaran yang kamu buat sudah layak sehingga dapat menjangkau target audience yang telah kamu tetapkan.

 

Tujuan Melakukan Content Analysis

Analisis ini memiliki berbagai kemungkinan tujuan, diantaranya adalah menemukan korelasi dan pola dalam bagaimana strategi konten bisnismu dikomunikasikan, memahami maksud konten apakah telah sesuai dengan tujuan pembuatannya, mengidentifikasi apakah ada bias dalam komunikasi, dan menganalisis tanggapan audience.

(source: yourstory.com)

Data merupakan bahan bakar yang dapat menyelamatkan bisnismu untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di tengah tantangan industri digital. Memiliki beberapa analytics tools yang bagus dapat menyederhanakan berbagai proses yang kamu perlukan dalam menjalankan strategi konten media sosial. Analytics tool yang digunakan untuk content analysis tidak terbatas pada software proofreading, pemeriksa plagiarisme, tata bahasa/ ejaan, audit konten, dan banyak lagi. Masing-masing dari tools tersebut menawarkan beberapa manfaat, tetapi semua itu dapat kamu peroleh tanpa harus menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan, uang.

Matamaya Mendukung Strategi Konten Bisnis Digital

(source : https://www.integrity-indonesia.com)

Dengan real time social intelligence, Matamaya merupakan platform berbasis data yang dirancang untuk melacak, mengelola, mempublikasikan, menyusun, dan memantau performa aktivitas digital campaign media sosial bisnismu secara terstruktur di seluruh platform. Matamaya menyertakan Activity Analytics Tool yang mudah digunakan dan dapat dikuasai tanpa pelatihan sebelumnya. Platform ini adalah pilihan terjangkau untuk melakukan content analysis untuk bisnis dari semua ukuran dan untuk melayani keempat tujuan, yakni publishing, monitoring, analytics, dan team collaboration. Analisis yang dilakukan oleh Matamaya cukup akurat untuk memandu kamu lebih baik dalam distribusi konten, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan rasio konversi. 

Fitur content analysis yang disediakan oleh Matamaya meliputi:

  • Visualisasi data secara real time
  • Pelacakan keywords, hashtag, dan kombinasi istilah pencarian
  • Laporan hasil data campaign yang cepat, akurat, dan real-time
  • Publikasi dan penjadwalkan konten di semua akun dari satu platform
  • Akses ke analisis kompetitor yang mandalam.

Salah satu keunggulan Matamaya adalah platform ini dapat menghemat banyak waktu saat melakukan optimasi elemen. Laporan hasil campaign dapat diunduh ke dalam beberapa format, dan kamu dapat mendownload berbagai macam metrik yang disediakan. Selain itu, Matamaya Activity Analytics (Content Analytics) memiliki fitur unggulan untuk menganalisis kata kunci, dimana setelah mengetikkan kata kunci tertentu, kamu dapat langsung mengakses data seperti total volume pencarian, halaman/ konten yang diberi peringkat untuk kata kunci tersebut, dan perkiraan jumlah kunjungan ke halaman/ konten. Data-data ini sangat berharga untuk melakukan analisis sebelum melakukan pengoptimalan.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.