Matamaya

Content Analysis: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Content Analysis: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
14 October 2022
Content Analysis: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya - strategi konten media sosial - Matamaya

Terus meningkatnya pengguna media sosial di era sekarang membuat para pebisnis berlomba-lomba untuk aktif menyajikan konten di media sosial. Namun, hal tersebut tidak selalu disertai dengan kualitas konten yang baik. Padahal, penting untuk bisnis untuk terus meningkatkan kualitas konten di media sosial sebagai sarana komunikasi dua arah.

Konten yang berkualitas adalah konten yang mengangkat topik dan tema yang relevan bagi audiens. Jenis konten media sosial bisa beragam mulai dari teks, gambar, video, hingga audio.

Konten berkualitas dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta menarik pelanggan baru. Ketika kamu berhasil membuat konten sesuai dengan target audiens, kamu bisa membangun reputasi bisnis sekaligus membangun hubungan dengan mereka.

Akan tetapi, membuat konten berkualitas bukanlah hal yang mudah. Content creator harus mampu mengidentifikasi jenis konten yang disukai targetnya serta mampu menganalisis konten yang sudah dibuat. Alasan inilah yang menjadikan content analysis perlu dilakukan.

 

Apa itu Content Analysis?

Content analysis adalah penelitian mendalam terhadap isi suatu informasi dalam media video, audio, atau tertulis. Tujuan dari content analysis adalah untuk menggambarkan karakteristik isi dari suatu pesan. 

Semua objek yang diteliti akan dipetakan dalam bentuk tulisan atau simbol tertentu agar dapat diinterpretasi lebih lanjut. Begitu pula pada konten yang berjenis audio dan visual akan dituangkan kembali dalam bentuk tulisan.

Banyak ahli di bidang ilmu sosial dan humaniora telah menjelaskan tentang content analysis. Berikut ini pengertian content analysis menurut para ahli:

  • Krippendorff
    Content analysis adalah suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi yang dapat direplikasi (ditiru) dan valid datanya dengan memperhatikan konteks pesan.
  • Holsti
    Content analysis yaitu suatu teknik penelitian dalam menarik kesimpulan dengan mengidentifikasi karakteristik khusus suatu pesan secara objektif dan sistematik.
  • Berelson
    Content analysis merupakan teknik penelitian untuk mendeskripsikan suatu isi komunikasi secara kuantitatif, obyektif, dan sistematik.
  • Stone 
    Content analysis adalah suatu teknik penelitian yang ditujukan untuk membuat pendekatan karakteristik tertentu di dalam teks secara sistematik dan objektif.
  • Rahmat Kriyantono
    Content analysis merupakan teknik sistematis untuk mengobservasi suatu pesan atau isi komunikasi yang disampaikan komunikator.

Berdasarkan pengertian content analysis menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa content analysis merupakan teknik penelitian yang dapat digunakan untuk mengetahui isi suatu pesan di media komunikasi. Selain itu, content analysis dapat digunakan untuk mengetahui jenis-jenis konten yang paling menarik perhatian audiens.

 

Content Analysis Kualitatif

Apa Itu Content Analysis? - Matamaya

Tidak seperti riset pasar lainnya, content analysis lebih menitikberatkan pada data kualitatif daripada kuantitatif. Content analysis kualitatif adalah jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada analisis konten dalam berbagai media komunikasi seperti postingan media sosial.

Contoh sederhananya adalah ketika kamu melihat video di TikTok. Tentunya, kamu akan mendengarkan atau membaca pesan dari konten yang disampaikan para content creator. Tanpa disadari, kamu akan terpapar jenis konten dan gaya penyampaian yang berbeda dari masing-masing creator. Kurang lebih dengan pengamatan seperti itulah content analysis kualitatif dilakukan. 

Content analysis biasanya digunakan dengan tujuan untuk lebih memahami faktor-faktor seperti perilaku, sikap, nilai, emosi, dan pendapat yang dikemukakan komunikator. Analisis ini nantinya dapat menghasilkan sebuah insight yang dapat digunakan bisnis untuk menyusun strategi komunikasinya.

Jika kamu sedang menjalankan sebuah kampanye pemasaran, content analysis sangat berguna untuk memantau keberhasilan kampanye dan menemukan celah dalam strategi pemasaran kamu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui sebuah konten.

 

Content Analysis Contoh

Media sosial dianggap sebagai platform komunikasi dua arah yang mana konsumen dapat merespon dengan memberikan suka, komentar, maupun berbagi ke sesama pengguna.  Jenis interaksi ini dapat mencerminkan kedekatan antara bisnis dengan konsumen. 

Oleh karena itu, konten media sosial yang telah dibuat dapat diukur efektivitasnya melalui metrik keterlibatan seperti jumlah komentar, suka, dan bagikan. Jadi, sangat penting bagi brand atau bisnis untuk melakukan content analysis untuk senantiasa meningkatkan tingkat keterlibatan di platform media sosial. 

Content Analysis Contoh - Matamaya

Contohnya dalam penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Malaya tahun 2016 yang berhasil menganalisis konten Facebook 17 perusahaan elektronik. Content analysis dilakukan dengan membandingkan frekuensi posting dan keterlibatan audiens dari tiap halaman penggemar di Facebook.

Dari data yang dikumpulkan, terlihat bahwa sebagian besar perusahaan cenderung memposting foto detail produk. Jenis postingan tersebut terbukti paling efektif dalam menghasilkan jumlah suka di halaman penggemar dibandingkan dengan postingan lain.  Di lain sisi, postingan berjenis video yang menunjukkan fitur produk efektif dalam meningkatkan jumlah komentar di Facebook. Hal ini karena jenis postingan foto dan video dapat memberikan informasi detail kepada calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk elektronik. Pada akhirnya, mereka akan berinteraksi lebih intens untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Dengan adanya temuan dari studi kasus content analysis, tentunya kamu akan lebih mengetahui jenis konten yang disukai konsumen secara mendalam. Informasi yang didapatkan dapat kamu gunakan untuk merancang strategi konten media sosial yang komprehensif. Selain itu, kamu dapat terus meningkatkan performa konten yang terbukti paling banyak disukai.

 

Matamaya Content Analysis Tools

Content Analysis Tools - Matamaya

Untuk memudahkanmu dalam melakukan content analysis, kamu dapat menggunakan fitur content analysis dari Matamaya. Matamaya adalah tools yang mampu membantumu dalam memaksimalkan analisis konten media sosial. 

Matamaya mampu menyajikan halaman atau konten dengan kata kunci, jumlah kunjungan ke halaman atau konten, serta total volume pencarian. Fitur ini tentunya akan kamu perlukan untuk meningkatkan performa akun dan membantumu dalam merancang strategi konten media sosial. 

Bersamaan dengan ini, kamu juga dapat melihat perkembangan pengikut akun media sosialmu dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu tidak lagi mengalami kerumitan untuk menganalisis konten dari berbagai media sosial yang kamu gunakan. 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.