Matamaya

Apa Itu Niche Konten? Pengertian, Manfaat, dan Contoh dalam Industri

Apa Itu Niche Konten? Pengertian, Manfaat, dan Contoh dalam Industri
04 May 2024
 Apa Itu Niche Konten? Pengertian, Manfaat, dan Contoh dalam Industri - strategi konten media sosial - Matamaya

Kata "niche" pastinya sudah tak asing lagi bagi para pebisnis dan marketer. Istilah ini merujuk pada segmentasi pasar yang spesifik dan terarah pada target audiens tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa konsep niche juga dapat diterapkan dalam strategi konten? 

Penerapan niche dalam strategi konten biasa disebut dengan niche konten. Penasaran dengan penjelasannya? Simak artikel ini, yuk!

 

Apa Itu Niche Konten? 

Niche konten adalah topik khusus yang dipilih oleh content creator dan brand untuk dibahas secara mendalam. Niche konten dibuat untuk menarik audiens yang lebih tertarget dan agar selalu relevan dengan keinginan serta kebutuhan audiens. 

Sebagai contoh niche konten, jika Anda memiliki bisnis penyedia jasa perjalanan, Anda bisa mencoba untuk masuk ke dalam niche perjalanan wisata. Dalam niche konten perjalanan wisata, Anda dapat membahas topik-topik menarik seperti tujuan wisata, tips perjalanan, dan perencanaan perjalanan untuk menarik pelanggan potensial.

 

Manfaat Niche Konten Bagi Bisnis

Memiliki niche konten dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, seperti:

  • Meningkatkan brand awareness
    Niche konten membantu brand Anda menjangkau audiens yang lebih tertarget dan tertarik dengan produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, niche konten juga akan berpengaruh pada peningkatan brand awareness di antara konsumen potensial.

  • Komunikasi lebih terarah
    Dengan fokus pada niche tertentu, Anda dapat mengkomunikasikan brand message dengan lebih jelas dan tepat sasaran, sehingga komunikasi brand akan lebih efektif.

  • Memperkuat identitas brand
    Niche konten membantu brand Anda memiliki identitas yang kuat dan mudah diingat karena konten memiliki ciri yang berbeda dari kompetitor. 

  • Membangun kredibilitas dan keahlian
    Niche konten memungkinkan brand untuk menunjukkan keahlian dan pengetahuannya dalam bidang tertentu. Hal ini dapat membantu membangun reputasi brand sebagai sumber informasi yang terpercaya.

  • Meningkatkan engagement
    Konten yang ditargetkan pada niche tertentu cenderung lebih menarik dan relevan bagi audiens sehingga berdampaknya pada meningkatkan engagement media sosial brand Anda, seperti jumlah like, komentar, dan share.

 

Cara Menentukan Niche Konten yang Tepat

Apa Itu Niche Konten - Matamaya

Menentukan niche konten merupakan langkah krusial dalam strategi konten. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat menentukan niche konten:

  1. Tentukan niche sesuai bidang
    Dalam menentukan niche konten media sosial, langkah pertama adalah memilih sesuai dengan minat atau bidang bisnis Anda. Pilihlah topik yang ranahnya dikuasai oleh brand Anda agar memudahkan Anda nantinya dalam pembuatan konten.

  2. Cari niche yang populer 
    Selain memilih sesuai bidang, penting juga untuk memilih niche yang populer di media sosial. Anda bisa melihat tren apa yang sedang banyak diminati oleh pengguna media sosial seperti TikTok, Instagram, atau X. Misalnya, saat ini konten seputar gaya hidup sehat sedang populer di media sosial, maka Anda bisa menekankan pentingnya gaya hidup sehat dalam komunikasi Anda.

  3. Pilih niche yang berpotensi
    Selain popularitas, perhatikan juga potensi niche tersebut untuk disukai oleh audiens. Lakukan riset audiens tentang minat mereka dan lihatlah topik yang sedang dibicarakan. Lalu, pertimbangkan tentang kebermanfaatannya apabila diterapkan dalam strategi konten Anda. 

  4. Pastikan niche relevan dengan tujuan dan audiens 
    Terakhir, pastikan niche yang Anda pilih relevan dengan tujuan bisnis Anda media sosial dan sesuai dengan audiens yang ingin Anda capai.  Contohnya, jika Anda memiliki bisnis dalam industri fashion yang ingin menjangkau audiens yang lebih muda dan tertarik pada tren mode terbaru, maka niche konten media sosial Anda sebaiknya berkaitan dengan topik fashion terkini, tips berpakaian, atau gaya hidup seputar dunia fashion. Dengan begitu, konten yang Anda bagikan akan lebih relevan dengan tujuan bisnis Anda dan menarik bagi audiens yang Anda targetkan.

 

Yuk, Monitoring Efektivitas Konten Anda dengan Matamaya!

Monitoring Konten - Matamaya

Setelah Anda menentukan niche media sosial Anda, penting untuk terus menguji dan mengevaluasi performanya secara teratur. Tinjau kembali metrik seperti engagement, pertumbuhan followers, dan metrik lainnya untuk mengetahui bahwa niche yang Anda pilih berhasil atau perlu disesuaikan. 

Nah, demi membantu Anda untuk mengetahui efektivitasnya, Anda dapat mengevaluasinya melalui social media monitoring tool yang tersedia di Matamaya. 

  • Performa content pillar
    Dapatkan perbandingan efektivitas tiap konten berdasarkan tiap objektif bisnis
  • Perbandingan performa dengan kompetitor
    Temukan kelemahan dan kekuatan strategi Anda maupun tiap kompetitor
  • Analisis caption dan komentar (Word cloud admin dan audiens)
    Pahami ketepatan komunikasi admin dengan respon audiens Anda
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.